Sukses

Iran Sambut Peningkatan Hubungan Baik dengan Qatar di Tengah Konflik Teluk

Iran dan Qatar disebut tengah meningkatkan hubungan baik di tengah memanasnya situasi di kawasan Teluk.

Liputan6.com, Teheran - Presiden Iran Hassan Rouhani telah menekankan kesediaan negaranya untuk memperkuat hubungan dengan Qatar, dan menyebut ketegangan regional terhadap negaranya "merugikan".

Dalam sebuah panggilan telepon pada Rabu 5 Juni, antara Rouhani dan Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani, kedua pemimpin bertukar salam Idul Fitri.

"Sudut pandang Teheran dan Doha sangat dekat dalam banyak masalah regional. Selain itu, hubungan yang sering terjadi antara kedua negara juga sangat produktif," tulis situs web kepresidenan Iran mengutip pernyataan Sheikh Tamin.

Dikutip dari Al Jazeera pada Kamis (6/6/2019), Sheikh Tamin juga menekankan bahwa Qatar ingin mengembangkan hubungan dengan Iran di semua bidang. Menurutnya, negosiasi adalah satu-satunya cara untuk meredakan ketegangan di wilayah Teluk saat ini.

Bulan lalu, serangan terhadap aset minyak, termasuk pada dua kapal tanker milik Arab Saudi di lepas pantai Uni Emirat Arab, mendorong Riyadh untuk menyerukan tiga KTT darurat di Mekah.

Sementara tidak ada yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan itu, Raja Salman mengecam Iran atas apa yang disebutnya "agresi terbuka" pada "stabilitas dan keamanan internasional" kawasan terkait.

Iran membalas, mengatakan tuduhan itu tidak berdasar, dan bahwa Arab Saudi telah bergabung dengan Amerika Serikat (AS) dan Israel dalam upaya "sia-sia" untuk memobilisasi pendapat regional yang menentangnya.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Qatar Kritik Keputusan KTT Teluk

Pernyataan akhir KTT, yang dihadiri Qatar, mengecam Iran karena meningkatnya ketegangan di kawasan Teluk.

Namun Menteri Luar Negeri Qatar Sheikh Mohammed bin Abdulraman Al Thani mengkritik pernyataan itu, yang dibuat tanpa masukan dari negaranya, dan menyebutnya tidak mencerminkan kebijakan luar negeri Doha.

"Pernyataan itu mengecam Iran tetapi tidak merujuk pada kebijakan moderat untuk berbicara dengan Teheran," kata Abdulrahman.

Presiden Rouhani menyambut sikap Qatar, mengatakan mereka didasarkan "pada kebijakan bertetangga yang baik dan bertujuan mengurangi ketegangan".

"Tanpa ragu, setiap KTT yang tidak membawa negara-negara regional lebih dekat bersama tidak akan efektif, kontraproduktif dan bahkan berbahaya," katanya.

3 dari 3 halaman

Iran Ingin Perkuat Keaman Regional

Rouhani menyatakan bahwa Iran ingin memperkuat keamanan regional, "dan tidak memiliki niat untuk memiliki konflik dengan negara lain, atau bahkan kekuatan utama dunia".

Tetapi, Iran menyatakan siap memberikan "respons tegas" jika mereka mulai melakukan langkah-langkah yang tidak bijaksana.

"Masalah regional tidak memiliki solusi militer dan kami percaya bahwa ancaman, tekanan, pengepungan, dan sanksi ekonomi adalah langkah yang salah dalam hubungan antar pemerintah," kata Rouhani.

"Sikap Iran terhadap pendudukan Kuwait oleh Saddam Husein, Arab Saudi dan invasi UEA terhadap Yaman, dan pengepungan Qatar membuktikan bahwa Iran menentang perang, tekanan dan sanksi di wilayah ini," tambahnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Iran adalah negara di Timur Tengah yang memiliki sumber daya gas terbesar.
    Iran adalah negara di Timur Tengah yang memiliki sumber daya gas terbesar.

    Iran

  • Qatar ialah sebuah emirat di Timur Tengah yang terletak di semenanjung kecil Jazirah Arab
    Qatar ialah sebuah emirat di Timur Tengah yang terletak di semenanjung kecil Jazirah Arab

    Qatar

Video Terkini