Dai Kondang AA Gym Pimpin Salat Idul Fitri di Swiss

Oleh Liputan6.com pada 06 Jun 2019, 12:42 WIB
Diperbarui 06 Jun 2019, 13:16 WIB
Abdullah Gimnastiar atau Aa Gym

Liputan6.com, Bern - Dai kondang yang dikenal dengan nama Aa Gym memimpin Salat Idul Fitri 1 Syawal 1440 Hijriah di Bern, Swiss. Sekitar 500 masyarakat Indonesia memadati halaman belakang Wisma Duta RI Gümligen, Bern, yang digelar pada Selasa 4 Juni 2019 waktu setempat.

"Aa Gym mengajak masyarakat muslim Indonesia yang tinggal di negeri Swiss yang Indah untuk senantiasa menjaga akhlak yang indah, menjaga hati yang bersih, menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya," ujar Pensosbud KBRI Bern mengutip AA Gym dalam keterangan tertulis seperti dikutip dari Antara, Kamis (6/6/2019).

"Bahwasanya, semua perintah Allah SWT membawa kebaikan dan kebahagiaan. Hati yang galau dan gelisah adalah cermin dari perbuatan diri yang salah," imbuhnya mengutip ceramah AA Gym.

Dikatakannya, setelah salat Idul Fitri, Duta Besar RI Bern, Muliaman D Hadad dan istri, Sarah Bey Hadad, mengundang keluarga besar masyarakat Indonesia di Swiss dan Liechtenstein untuk hadir pada kegiatan "open house" di Wisma Duta RI, Bern.

"Kerukunan umat beragama di Swiss dan Liechtenstein terjaga dengan baik, termasuk melalui perayaan Idul Fitri ini." ujarnya.

Usai ceramah, masyarakat yang hadir saling berjabat tangan dan maaf memaafkan. Tinggal berjauhan dari sanak keluarga di Tanah Air tidak mengurangi kehangatan perayaan Idul Fitri di Wisma Duta. Warga yang hadir pun tampak bersuka cita mencicipi berbagai kuliner khas lebaran layaknya di Indonesia, seperti lontong sayur, ayam opor, rendang, sambal goreng ati dan asinan Betawi.

2 of 2

KBRI Paris Serukan Pesan Persatuan

Hari Raya Idul Fitri (iStock)
Ilustrasi Hari Raya Idul Fitri (iStockphoto)

Kedutaan Besar Indonesia di Paris menyampaikan pesan persatuan pasca-pemilu, yang disampaikan setelah khotbah di Hari Raya Idul Fitri kepada masyarakat Indonesia yang hadir di Balai Budaya Kedutaan Besar Indonesia, Paris, usai melaksanakan salat Id.

Wakil Duta Besar Indonesia untuk Prancis, Agung Kurniadi, menyampaikan pesan persatuan pasca-pemilu, dan sekaligus ucapan "Selamat Hari Raya Idul Fitri" dengan turut mengundang WNI di Prancis agar hadir pada acara halalbihalal di Wisma Duta.

"Masyarakat sangat antusias menghadiri undangan tersebut," ujarnya seperti dikutip dari Antara, Rabu (5/6/2019).

Atase Pendidikan dan Kebudayaan Kedutaan Besar Indonesia di Paris, Prof Warsito, menyebutkan masyarakat muslim Prancis melaksanakan salat Idul Fitri 1 Syawal jatuh pada 4 Juni, setelah Masjid Jami' Paris (Grande Mosquee de Paris) secara resmi mengumumkan hasil sidang isbat.  

Lanjutkan Membaca ↓