Sukses

Busana Tradisional Indonesia Memikat Duta Besar dan Diplomat di Swedia

Terdapat 3 busana tradisional yang ditampilkan di Swedia, yaitu Bali, Sumatra Barat, dan Lampung.

Liputan6.com, Stockholm - "Wow, it was beautiful", salah satu tamu undangan terkesima dengan penampilan model yang tengah memperagakan baju tradisional Bali di atas catwalk.

Senin, 3 Juni 2019, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Stockholm, Swedia, bekerja sama dengan KBRI dan komunitas WNI di Stockholm turut serta dalam pagelaran "International Fashion Show and Food Festival" yang diselenggarakan oleh Diplomatic Spouses Club Stockholm (DSCS).

Terdapat 3 busana tradisional yang ditampilkan, yaitu Bali, Sumatra Barat, dan Lampung. Yang menarik adalah busana tradisional Bali yang ditampilkan secara berpasangan oleh Ibu Dian Varamita Sari Dempo dan suaminya yang adalah orang Swedia, Fredrik Ove Steveling.

Fredrik yang sudah terbiasa dengan kultur Bali tidak canggung berlenggak-lenggok lengkap dengan Udeng di kepalanya.

Ibu Sumaningsih Retno Savitri Hapsoro, istri dari Dubes RI, Bagas Hapsoro, menuturkan bahwa dirinya bangga busana tradisional Indonesia dapat ditampilkan di hadapan para Duta Besar dan pejabat-pejabat Diplomatik dari berbagai negara dan juga pejabat-pejabat pemerintahan Swedia.

Simak Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mencicipi Kuliner Indonesia

Setelah pagelaran busana selesai, seluruh tamu undangan dipersilahkan untuk mencicipi finger food (kue-kue) tradisional dari masing-masing negara. Indonesia menyajikan onde-onde, yang ternyata sangat digemari oleh orang-orang Swedia.

"Padahal kami bawakan 100 porsi, tapi animonya tinggi, cepat habisnya," tutur Nova, staf KBRI yang ditugasi menjaga stand Indonesia.

"International Fashion Show and Food Festival" adalah pagelaran pertama dari DSCS yang mengkombinasikan antara pagelaran busana tradisional dan festival makanan tradisional.

Total 35 negara mengikuti pagelaran busana tersebut, dan 27 negara yang turut andil dalam menyajikan kue-kue tradisional masing-masing negaranya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.