Sukses

Harapan untuk Menemukan 8 Pendaki yang Hilang di Himalaya Mulai Sirna

Harapan untuk menemukan 8 pendaki yang hilang di Himalaya sisi India sejak beberapa hari lalu mulai mencapai titik yang sirna, kata tim penyelamat.

Liputan6.com, Himalaya - Harapan untuk menemukan 8 pendaki yang hilang di Himalaya sisi India sejak beberapa hari lalu mulai mencapai titik yang sirna, kata tim penyelamat.

Dua helikopter angkatan udara India mencari di pegunungan, tetapi para pejabat mengatakan operasi itu harus ditunda karena kondisi cuaca yang tidak menguntungkan.

Kelompok yang hilang, termasuk empat warga Inggris (Martin Moran, John McLaren, Rupert Whewell dan Richard Payne), dua orang AS (Anthony Sudekum dan Ronald Beimel), seorang Australia (Ruth McCance) dan seorang pemanduu India (Chetan Pandey), mulai mendaki Nanda Devi di Himalaya pada 13 Mei 2019 hingga kemudian hilang kontak pada 26 Mei 2019.

Upaya penyelamatan dimulai pada Sabtu 1 Juni 2019 ketika para pendaki tidak kembali ke markas mereka sesuai jadwal.

"Pencarian udara pertama telah berakhir," kata Mrpejabat pemerintah India Vijay Kumar Jogdanda pada Minggu 2 Juni 2019, membenarkan bahwa longsoran dikhawatirkan telah menimpa kelompok itu di daerah sekitar puncak tertinggi kedua India.

Dia menambahkan: "Hanya ada tenda terlihat, tetapi tidak ada kehadiran manusia. Helikopter kedua telah berangkat untuk pencarian lebih lanjut. Namun, peluang bertahan hidup suram," demikian seperti dikutip dari BBC, Senin (3/6/2019).

Sebuah tim yang terdiri dari 10 hingga 15 penyelamat, yang terdiri dari polisi, personel tanggap bencana, dan administrator, juga telah menyebar di Nanda Devi Himalaya untuk menemukan orang yang selamat, kata Tripti Bhatt, seorang pejabat Pasukan Penanggulangan Bencana Negara (SDRF) Uttarakhand.

Pihak berwenang memperingatkan akan membutuhkan waktu berhari-hari untuk melakukan perjalanan ke daerah di mana pendaki yang hilang diketahui terakhir kali berada.

Seorang juru bicara Kantor Luar Negeri dan Persemakmuran Inggris (FCO) mengatakan: "Kami menghubungi pihak berwenang India menyusul laporan bahwa sejumlah warga negara Inggris hilang di Himalaya India. Kami akan melakukan semua yang kami bisa untuk membantu setiap orang Inggris yang membutuhkan bantuan kami."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kelompok Pendaki Lain yang Dilaporkan Hilang Telah Ditemukan

Sebelumnya, para pejabat mengatkan telah menemukan empat pendaki Inggris lainnya --yang bukan bagian dari delapan orang yang hilang. Keempat orang itu dinamai oleh India TV sebagai Mark Thomas, Ian Wade, Kate Armstrong dan Zachary Quain.

Mereka diterbangkan ke tempat yang aman setelah terlihat pada Minggu pagi di sebuah markas dekat Nanda Devi.

Keempat pendaki gunung yang diselamatkan memulai pendakian mereka dengan kelompok delapan orang pada 13 Mei 2019, tetapi kembali ke base camp Munsiyari karena kondisi cuaca yang buruk.

Kelompok delapan orang menuju ke puncak tanpa nama, kata pejabat pemerintah Vijay Kumar Jogdanda.

Kedua kelompok tetap berhubungan sampai 26 Mei 2019 - sehari sebelum longsoran salju mencapai gunung setinggi 7.816 meter, menurut pihak berwenang.

Kelompok yang hilang itu dipimpin oleh pemandu gunung berpengalaman Inggris Martin Moran. Perusahaannya yang berbasis di Skotlandia Moran Mountain telah menjalankan banyak ekspedisi di Himalaya India.

Dalam sebuah pernyataan, keluarganya mengatakan mereka mendesak agar wilayah pencarian diperluas, dan ingin itu terus berlanjut sampai mereka memiliki bukti kuat tentang "status semua orang dalam kelompok pendakian".

Alpinis Alan Hinkes mengatakan kepada BBC bahwa Moran, yang merupakan temannya, adalah "pendaki gunung yang berpengalaman besar", menambahkan: "Masih ada harapan."

Tetapi dia memperingatkan musim hujan sekarang bergerak ke daerah itu, membawa hujan lebat dan salju dalam jumlah besar ke pegunungan.

"Kami khawatir ada longsoran yang terlibat dan tidak peduli seberapa berpengalaman Anda," tambahnya.

Nanda Devi adalah gunung tertinggi ke-23 di dunia dan pertama kali ditingkatkan pada tahun 1936.

Dianggap sebagai salah satu puncak Himalaya terberat, Nanda Devi menarik lebih sedikit pendaki daripada gunung lain di wilayah ini.

 

3 dari 3 halaman

Jejak Medsos Terakhir Kali

Foto yang diposting ke halaman Facebook Moran sehari sebelum dimulainya pendakian menunjukkan kelompok itu "memulai perjalanan mereka ke bukit-bukit di kuil Neem Kharoli Baba, Bhowali".

Sebuah posting selanjutnya pada 22 Mei, diposting dari base camp kedua mereka di 4.870 meter, menyarankan bahwa kelompok itu akan berusaha untuk mencapai puncak yang belum pernah naik sebelumnya di gunung.

Ada laporan yang saling bertentangan tentang kapan tepatnya kelompok itu dijadwalkan kembali. Namun, menurut media lokal, mereka akan mencapai base camp Nanda Devi pada hari Jumat 31 Mei, dan desa terdekat Munsiyari pada 1 Juni.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini