Pelayat Profesional hingga Pemindah Gunung Es, Ini 4 Pekerjaan Aneh di Dunia

Oleh Afra Augesti pada 31 Mei 2019, 21:00 WIB
Ziarah Kubur

Liputan6.com, Jakarta - Bekerja adalah sesuatu yang harus dilakukan oleh kebanyakan orang untuk bisa bertahan hidup. Dengan pekerjaan yang mereka emban, mereka akan mampu membayar uang sewa dan membeli makanan, memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Tapi tahukah Anda bahwa ada pekerjaan aneh yang mungkin belum pernah Anda dengar sebelumnya? Sebagian besar orang pasti ingin punya penghasilan tetap yang sesuai dengan minat dan hasrat karena harus berkompromi dengan resiko. Namun, beberapa orang harus menjalani profesi yang mungkin tak sejalan dengan passion mereka.

Berikut 4 contoh pekerjaan aneh yang ada di dunia, seperti dikutip dari List Verse, Jumat (31/5/2019).

2 of 5

1. Pelayat Profesional

Makam Pemakaman dan Kuburan
Ilustrasi Foto Pemakaman (iStockphoto)

Kematian orang yang kita cintai bisa jadi fakta yang sulit untuk kita hadapi, dan semua orang berupaya menambahkan diri mereka dengan cara mereka sendiri.

Beberapa orang berkabung selama berhari-hari, berminggu-minggu, bahkan berbulan-bulan sebelum mendapatkan kehidupan normal mereka kembali.

Namun ada pula trik unik lain yang dipakai oleh sejumlah orang, yakni menyewa pelayat profesional untuk menangis dan berduka. Meskipun kedengarannya aneh bagi sebagian besar orang, namun peziarah ini adalah para profesional yang berdedikasi di beberapa bagian dunia.

Menyewa jasa mereka sudah berkali-kali diterapkan selama ribuan tahun di banyak wilayah, termasuk Afrika, China, dan Mesir. Namun, di Tiongkok, sebagian besar usaha tersebut justru dijadikan bisnis besar, tak lagi tradisi.

3 of 5

2. Pakar Parabola

NASA
Astronaut NASA Peggy Whiteson. (NASA)

Ketika Anda berlatih untuk menjadi astronaut, salah satu hal pertama yang harus Anda pelajari adalah cara bermanuver di lingkungan yang bebas gravitasi.

Meskipun mungkin tidak terdengar gampang, namun Anda tak boleh mennyepelekan hal itu sebab fakta tak selamanya sesuai dengan prediksi.

Pada dasarnya, tubuh kita sudah dilatih agar hanya bisa menyesuaikan dengan gravitasi Bumi. Dibutuhkan waktu yang lama hanya agar mampu membiasakan diri dalam lingkungan bebas gravitasi, apalagi melakukan kegiatan sehari-hari selayaknya berada di lingkup yang bergravitasi.

Orang-orang yang memberikan pelatihan seperti ini dikenal sebagai ahli parabola, salah satu pekerjaan yang paling didambakan dalam industri angkasa luar.

Faktanya, hanya sembilan orang di dunia yang memenuhi syarat untuk melakukannya, menurut NASA.

4 of 5

3. Tukang Tidur

Ilustrasi tidur
Ilustrasi tidur. Sumber foto: unsplash.com/Zohre Nemati.

Tukang tidur profesional adalah pekerjaan yang serius dalam industri modern. Meskipun ini bukan pekerjaan penuh waktu yang diminati oleh banyak orang, namun penghasilan yang didapatkan cukup besar.

Sebuah hotel di Finlandia mempekerjakan sejumlah orang sebagai tenaga ahli dalam urusan tidur dan beristirahat di hotel. Hal ini mereka lakukan guna menguji kenyamanan tempat tidur serta suasana hotel yang mereka miliki.

Sejumlah orang ini akan tidur setiap malam dan menulis soal kesan dan hal yang mereka rasakan selama menginap.

5 of 5

4. Pemindah Gunung Es

Gunung Es Mencair
Ilustrasi Gunung Es Mencari (sumber: unsplash)

Sumber air yang layak diminum sudah berada di ambang kekeringan di seluruh dunia. Kita mungkin jarang sekali mendengar banyak tentang hal itu, karena krisis air bersih belum begitu mengerikan di sejumlah negara.

Banyak negara yang kini mencari cadangan es alami Bumi untuk bantuan. Mereka menyusun rencana untuk mengangkut seluruh gunung es dari Kutub Selatan ke pantai mereka agar bisa memanen air.

Pekerjaan tersebut diberikan kepada perusahaan pemindahan gunung es. Memindahkan gunung es mungkin terdengar mustahil, namun banyak negara di kawasan Timur Tengah sudah bergulat dengan masalah kelangkaan air yang serius, sehingga mereka bersedia mencobanya.

Beberapa perusahaan penarik gunung es sudah mulai beroperasi. Pemerintah negara-negara Timur Tengah juga berharap bahwa gunung es yang mengambang di lepas pantai wilayah mereka, juga dapat berfungsi sebagai tempat wisata.

Lanjutkan Membaca ↓