Mengeluh Sakit Perut Bertahun-tahun, Gadis di Rusia Ternyata Sindrom Rapunzel

Oleh Teddy Tri Setio Berty pada 30 Mei 2019, 20:40 WIB
Ilustrasi ruang operasi (iStock)

Liputan6.com, Jakarta - Seorang gadis berusia 16 tahun di Rusia harus dilarikan ke rumah sakit setelah ia tak bisa menahan rasa perih di dalam perut.

Bukan sehari dua hari, rasa sakit itu ia alami selama bertahun-tahun, demikian dikutip dari laman Mirror.co.uk, Kamis (30/5/2019).

Setelah diperiksa oleh dokter, ternyata remaja itu mengalami sebuah kondisi yang disebut sebagai Sindrom Rapunzel.

Dalam perut gadis itu ditemukan gumpalan rambut yang membuatnya merasa sakit perut. Gadis yang tinggal di Tomsk, Rusia itu diketahui suka menguyah rambutnya sendiri.

Oleh dokter, pasien langsung disarankan untuk menjalankan operasi. Ternyata benar, memang ada gumpalan rambut di perut remaja itu.

Jika ditimbang beratnya bisa mencapai setengah kilogram dan sudah mengeras di dalam perut gadis itu.

Dokter yang mengoperasi mengatakan rambut itu sudah memenuhi sekitar 80 persen perut gadis yang tak disebutkan identitasnya, dan bisa mengancam kesehatannya.

Dokter Kepala di RS Rusia Andrey Karavaev menjelaskan, saluran pencernaan remaja itu berada dalam bahaya karena sudah tertutupi oleh gumpalan rambut tersebut.

 

2 of 2

Bukan Kasus Pertama

Ilustrasi ruang operasi (iStock)
Ilustrasi ruang operasi (iStock)

Oleh karenanya, dokter pun memutuskan segera melakukan operasi karena sifatnya yang sangat mendesak, demikian pemberitaan dari media lokal Rusia.

Dilaporkan remaja itu sudah mulih setelah operasi dan mengaku dirinya sudah jauh "lebih baik". Diketahui dia sudah menelan rambut selama 10 tahun terakhir.

Sebelumnya, gumpalan rambut berukuran besar dengan berat empat kilogram berhasil dikeluarkan dokter bedah dari perut seorang gadis di Kirgistan pada tahun 2014. Penduduk setempat langsung heboh.

Ayperi Alekseeva, yang kala itu remaja berusia 18 tahun awalnya mengalami sakit perut yang sangat parah. Dia sulit minum. Setiap menenggak air, perutnya langsung nyeri berat.

Perempuan muda itu pun dibawa orangtuanya berobat ke Rumah Sakit Kota Batken. Dokter kebingungan penyakit apa yang diderita si gadis. Wanita itu dirujuk ke Rumah Sakit Bishkek.

Operasi berhasil dilakukan. Gumpalan rambut seberat 4 kg berhasil diambil dari perut Ayperi. Kini Ayperi sudah sehat seperti sedia kala.

Gumpalan rambut itu berasal dari rambut atau bulu karpet yang kerap dimakan Ayperi. Gadis itu terbiasa memakannya. Kini ia berjanji tak akan melakukannya lagi.

Lanjutkan Membaca ↓