Sukses

Konon, 4 Hewan Ini Tak Pernah Tua

Para peneliti di sejumlah universitas top dunia pun tak luput dalam penelitian sejumlah hewan tersebut lantaran kemampuan spesialnya.

Liputan6.com, Jakarta - Ada hewan dengan usia terpendek namun ada pula hewan dengan umur terpanjang. Bahkan, mereka disebut-sebut tak pernah menua.

Dilandasi oleh sistem saraf dan sel berbeda, membuat sejumlah hewan ini memiliki kemampuan yang tak biasa.

Ada yang berusia 500, 1.000 dan bahkan 11.000 tahun. Para peneliti di sejumlah universitas top dunia pun tak luput dalam penelitian sejumlah hewan tersebut.

Seperti dikutip dari laman Listverse.com, Kamis (30/5/2019), berikut 4 hewan dengan usia terpanjang dan tak pernah tua:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Spons Laut

Spons Laut adalah hewan spesial yang tidak akan menua. Usia mereka akan selalu tetap sama. Hal itu didasari oleh sejumlah faktor.

Mereka tidak memiliki organ dalam, saluran pencernaan, atau sistem saraf dan otot seperti hewan laut pada umumnya.

Spesimen spons laut telah ditemukan berusia setidaknya 11.000 tahun, dengan beberapa studi menunjukkan rentang hidup potensial makhluk-makhluk ini berada di ratusan ribu tahun.

Kunci untuk umur panjang mereka mungkin terletak pada kesederhanaan mereka.

3 dari 5 halaman

2. Planaria (Cacing Pipih)

Salah satu kelebihan dari hewan ini adalah bisa hidup kembali jika dibelah menjadi dua bagian. Kemampuan sederhana ini adalah keunggulan dari planaria.

Aziz Aboobaker dari The University of Nottingham berkomentar: Biasanya ketika sel-sel induk membelah untuk menyembuhkan luka atau selama reproduksi atau untuk pertumbuhan. Namun itu untuk hidup kembali.

Belum diketahui bagaimana cacing planaria menghindari proses penuaan dan menjaga pembelahan sel mereka. Karena sel ini, cacing pipih menentang penuaan, sehingga sulit untuk secara akurat mengukur rentang hidup cacing pipih.

4 dari 5 halaman

3. Hydra

Makhluk ini tingginya hanya sekitar 2,5 cm. Hydra tidak mengalami peningkatan angka kematian seperti makhluk hidup lainnya.

Mereka bisa melakukan hal ini lantaran ada tiga jenis sel punca berbeda yang dimilikinya.

Sel-sel induk ini secara aktif memperbarui tubuh Hydra dan dengan demikian melawan segala proses penuaan yang dapat menurunkan tingkat kematian mereka.

Dalam penelitian di laboratorium, diperkirakan lima persen Hydra dapat hidup hingga 1.400 tahun menggunakan proses ini.

 

5 dari 5 halaman

4. Ocean Quahog Clam

Moluska bivalvia laut ini istimewa karena sangat mudah untuk menentukan usia makhluk itu. Seperti pohon, rentang hidupnya dicatat dalam cincin pertumbuhan cangkangnya.

Ocean Quahog Clam tertua pernah ditemukan. Usianya adalah 507 tahun. Rahasia umur panjang ini terkait dengan produksi spesies oksigen reaktif yang sangat tipis dan tidak stabil dari quahog.

Quahog berusia 507 tahun, bernama Ming akhirnya mati setelah penangkapannya dan mengalami proses pembekuan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini