Sukses

Bakar Perempuan hingga Tewas, 16 Orang di Bangladesh Terancam Hukuman Mati

16 orang di Bangladesh terancam hukuman mati akibat membakar perempuan berusia 19 tahun hingga tewas.

Liputan6.com, Dhaka - Kepolisian Bangladesh akan menuntut 16 tersangka dalam kasus pembunuhan seorang perempuan berusia 19 tahun, termasuk kepala sekolah sebuah lembaga pendidikan Islam.

Sang korban, Nusrat Jahan Rafi dibakar hingga tewas pada bulan lalu yang memicu protes di seluruh negara itu. Menanggapi hal tersebut, perdana menteri berjanji akan menuntut semua orang yang terlibat.

Pada saat kejadian, Rafi (perempuan) diajak menuju ke atap sekolah agamanya, yang terletak masih di kampungnya sendiri, demikian sebagaimana laporan The Guardian dikutip pada Kamis (30/5/2019).

Saat itu para penyerang memintanya untuk menarik laporan pelecehan seksual yang dilakukan oleh kepala sekolah. Aduan tersebut telah diajukan kepada kepolisian Bangladesh beberapa waktu sebelumnya.

Rafi menolak menuruti tuntutan. Beberapa waktu setelahnya ia disiram dengan minyak tanah dan dibakar. Perempuan itu meninggal lima hari kemudian. Kematian Rafi menjadi bukti keadaan yang mengkhawatirkan dalam kasus pelecehan seksual di Bangladesh.

Biro Investigasi Kepolisian mengatakan akan mengajukan gugatan di pengadilan pada Rabu, 29 Mwi 2019 waktu setempat. Ia akan menuntut 16 orang, termasuk dua perempuan yang juga teman kelas Rafi.

"Mereka didakwa di bawah undang-undang penindasan perempuan dan anak-anak, dan kami akan merekomendasikan hukuman mati untuk semua 16 terdakwa," kata ketua penyidik, Mohammad Iqbal.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kepala Sekolah Dicurigai Jadi Dalang

Iqbal mengatakan bahwa Siraj Ud Doula, kepala sekolah yang bernama Senior Sonagazi Islamia Fazil Madrasa, telah memerintahkan pembunuhan Rafi dari penjara.

Untuk diketahui, Rafi pergi ke polisi pada akhir Maret untuk melaporkan dugaan pelecehan seksual terhadap seorang guru dan sebuah video yang bocor menunjukkan kepala kantor polisi setempat mendaftarkan pengaduannya tetapi menolaknya sebagai "bukan masalah besar".

Iqbal mengatakan setidaknya lima orang telah mengikatnya dengan syal sebelum membakarnya. Rencananya adalah untuk melewatkan insiden itu sebagai bunuh diri.

Rafi menderita luka bakar hingga 80% dari tubuhnya dan meninggal di rumah sakit pada 10 April. Dia merekam video sebelum kematiannya, mengulangi tuduhannya terhadap kepala sekolah pendidikan Islam.

3 dari 3 halaman

Tanggapan Keluarga Korban

Saudara laki-laki Rafi, Mahmudul Hasan Noman, mengatakan mereka menginginkan hukuman yang tegas dan cepat bagi para pelaku.

"Kami ingin semua pelakunya digantung sampai mati," katanya.

Kepala Mahila Parishad, sebuah kelompok hak-hak perempuan, memberikan sambutan yang dijaga untuk penyelidikan cepat tetapi mengatakan lebih banyak yang harus dilakukan untuk mengakhiri "budaya impunitas" atas pelecehan seksual dan kasus pemerkosaan.

"Sangat sedikit kasus pemerkosaan berakhir dengan hukuman," katanya.

Menurut kelompok itu, sekitar 950 wanita diperkosa di Bangladesh tahun lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.