Sukses

Ramai Soal Kapten Vincent Raditya, Ini 4 Cara Agar Lisensi Terbang Bisa Kembali

Vincent Raditya yang berprofesi sebagai pilot maskapai Batik Air itu ramai menjadi perbincangan akibat aksi nekatnya hingga berujung izin terbangnya dicabut.

Liputan6.com, Jakarta - Lewat kanal YouTube, Vincent Raditya membenarkan jika izin terbangnya dicabut oleh Kementerian Perhubungan. Sebelumnya, banyak orang yang menanyakan tentang kebenaran kabar tersebut.

Vincent Raditya yang berprofesi sebagai pilot maskapai Batik Air itu ramai menjadi perbincangan akibat aksi nekatnya, berujung pencabutan izin terbang oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Sejumlah selebritas bahkan ia ajak untuk menikmati pemandangan Jakarta dan sekitarnya. Namun, di tengah-tengah penerbangan ia melakukan Zero Gravity yang membuat banyak orang heboh.

Sebut saja Master Limbad. Kala merasakan Zero Gravity, ia sempat teriak karena ketakutan. Video Vincent Raditya dan Limbad hingga saat ini telah ditonton hingga 10 juta kali.

Lalu, bagaimana caranya agar Pilot Vincent bisa mendapatkan kembali lisensi terbangnya. Seperti dikutip dari laman work.chron.com, Rabu (29/5/2019), berikut 4 ketentuan dari Federal Aviation Administration (FAA) agar lisensi penerbangan bisa didapatkan kembali:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Ikut Kembali Tes Pengetahuan Tertulis

Berdasarkan ketentuan dari FAA, untuk mendapatkan kembali lisensi terbang untuk pilot, maka seseorang tersebut harus menjalani beberapa prosedur.

Salah satunya adalah mengikuti tes pengetahuan tertulis yang sebelumnya pernah mereka ikuti.

Tes semacam ini adalah basic yang harus dilakukan oleh seorang pilot untuk mendapatkan lisensi. Jika mereka kehilangan izin dan ingin mendapatkannya kembali maka lakukan kembali tes ini.

3 dari 5 halaman

2. Tes Instrumen Pesawat

Selain tes tertulis berupa pengetahuan, Anda juga mesti kembali melewati tahapan lain. Tahapan itu adalah tes instrumen peswat.

Tes instrumen pesawat dan transportasi Pesawat ini terpisah dari tes lainnya dan khusus untuk pilot yang mengangkut orang.

 

4 dari 5 halaman

3. Verifikasi Jam Terbang

Selain tes tertulis dan pemahaman ada syarat lain yang harus Anda bawa. Yaitu, buku catatan jam terbang Anda sebelum dicabut lisensinya.

Bawa buku catatan jam terbang Anda saat bertemu dengan penguji penerbangan untuk memverifikasi waktu terbang Anda sebelumnya.

Meskipun Anda memulai dari satu sisi, Anda tidak ingin memulai lagi dari awal.

 

5 dari 5 halaman

4. Catatan Medis

Jika Anda dicabut lesensinya lantaran punya masalah dengan alkohol atau narkoba, maka Anda harus membuat surat kesehatan yang menyatakan terbebas dari dua hal itu.

FAA memberi Anda informasi tentang cara mendapatkan sertifikasi medis, sering kali melalui HIMS, Human Motivation Intervention Study atau program perawatan penyalahgunaan zat yang hanya untuk pilot.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.