Sukses

Dubes RI: Tak Ada Korban WNI di Kebakaran Pabrik Kimia Singapura

Duta Besar RI untuk Singapura mengatakan tidak ada korban WNI dalam insiden terbakarnya pabrik kimia di Singapura.

Liputan6.com, Singapura - Sebuah pabrik kimia di Pulau Jurong, Singapura terbakar baru-baru ini. Sebanyak empat orang pekerja luka-luka dalam insiden nahas tersebut.

Menanggapi kejadian tersebut, Duta Besar Indonesia untuk Singapura Ngurah Swajaya mengatakan tidak ada yang berstatus WNI dari keempat korban luka.

"Tidak ada korban WNI menurut otoritas setempat. Semuanya warga negara Singapura," kata dubes kepada Liputan6.com pada Rabu (29/5/2019).

Adapun keempat korban saat ini telah dirawat di Rumah Sakit Umum Singapura, menderita luka bakar.

Insiden nahas itu terjadi di salah satu pabrik Mitsui Elastomer yang memproduksi bahan plastik, sekitar pukul 02.00 dini hari pada Selasa 28 Mei 2019, sebagaimana dikatakan oleh juru bicara Mitsui Chemicals dikutip dari Channel News Asia.

"Sebanyak 50 petugas pemadam kebakaran dari Pasukan Pertahanan Sipil Singapura (SCDF) diterjunkan dengan 15 kendaraan menuju pabrik di Jalan 701 Ayer Merbau," tutur juru bicara perusahaan. Api berhasil dipadamkan pada pukul 04.00 pagi.

Menurut SCDF, kebakaran tersebut melibatkan kebocoran petro-kimia dari unit penukar panas (heat exchanger) di dalam pabrik, tetapi penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan baik oleh pihak berwenang maupun perusahaan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kebakaran di Little India

Sebelumnya, kebakaran terjadi di Singapura pada 16 Mei lalu. Saat itu api berkobar di sebuah ruko yang terletak di Dickson Road, Little India, Singapura.

Pasukan Pertahanan Sipil Singapura (SCDF) mengonfirmasi kejadian itu. Pihaknya telah menerjunkan operasi pemadaman api di 14 Dickson Road sekitar pukul 14.50.

Ruko dua lantai terlahap kebakaran si jago merah, menurut informasi dari SCDF.

"Enam handheld jet (sejenis semprotan air) digunakan untuk menghentikan api, yang sekarang telah terkendali," kata SCDF dalam sebuah posting di Facebook.

3 dari 3 halaman

Juga Tidak Ada Korban WNI

Dubes RI untuk Singapura kemudian menanggapi peristiwa kebakaran di Little India tersebut. Ia mengatakan bahwa sejauh ini tak ada WNI yang menjadi korban atau terdampak kebakaran di kawasan Little India.

"Tak ada laporan korban sampai sekarang," ucap Ngurah Swajaya dalam pesan singkatnya kepada Liputan6.com, Kamis 16 Mei 2019.

Dari video yang beredar di media sosial, tampak asap tebal abu-abu membumbung ke udara. Asap itu berasal dari deretan ruko.

Atap sebuah ruko terlihat hangus ketika beberapa personel SCDF memerangi api.

Salah satu pengguna Twitter mengatakan api itu terlihat hingga Kota Suntec, Singapura.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.