Sukses

Prancis dan Jerman Berselisih Soal Penentuan Presiden Komisi Eropa

Penentuan pemimpin baru Komisi Eropa diwarnai oleh perselisihan antara Jerman dan Prancis.

Liputan6.com, Brussels - Prancis dan Jerman bersitegang dalam menentukan pengganti Jean-Claude Jucler sebagai presiden Komisi Eropa.

Hasil jajak pendapat terkini tidak berpihak pada Anggota Parlemen Eropa (MEP) asal Jerman yang difavoritkan, Manfred Weber, padahal telah mendapat dukungan besar dari Kanselir Angela Merkel.

Dukungan kanselir Jerman untuk Weber, yang memimpin partai Rakyat Eropa, menghadapi perlawanan keras dari presiden Prancis Emmanuel Macron dalam pertarungan pasca-pemilihan terkait, demikian sebagaimana dikutip dari The Guardian pada Selasa (28/5/2019). 

Kepala negara dan pemerintah Uni Eropa, termasuk Theresa May, dijadwalkan bertemu pada Selasa malam untuk memulai diskusi mereka mengenai kepemimpinan lembaga-lembaga blok itu, setelah serangkaian hasil pemilihan yang melemahkan cengkeraman partai-partai sentris tradisional pada tuas kekuasaan di Brussel.

Partai Rakyat Eropa (EPP) tetap menjadi yang terbesar di parlemen, tetapi pada malam yang mengecewakan, kursi yang diraihnya merosot dari 221 pada 2014 menjadi 180, mendorong Weber untuk mengakui bahwa "pusat menyusut".

Raihan 191 kursi oleh kelompok Sosialis dan Demokrat lima tahun lalu, turun menjadi 145 meskipun hasilnya mengejutkan di Spanyol dan Belanda, di mana mereka menduduki puncak jajak pendapat.

Ini adalah pertama kalinya dalam 40 tahun, bahwa kedua kelompok tidak dapat membentuk mayoritas yang stabil untuk memungkinkan mereka menetapkan agenda legislatif. Pilihan negara anggota untuk presiden komisi juga membutuhkan dukungan mayoritas di parlemen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Beda Pendapat Merkel dan Macron

Pemenang besar pada pemilu hari Minggu adalah Partai Hijau, yang naik dari 50 menjadi 69 kursi, serta kelompok Aliansi Liberal dan Demokrat dengan 109 kursi, naik dari 67 pada lima tahun lalu, karena masuknya La République En Marche (La REM) dari Prancis dan MEP dari Liberal Demokrat Inggris.

Pada Minggu malam, ketua bersama Partai Hijau, MEP asal Belgia Philippe Lamberts, mengatakan: "Untuk membuat mayoritas yang stabil di parlemen ini, Partai Hijau sekarang sangat diperlukan."

EPP, bagaimanapun, mempertahankan posisinya sebagai kelompok terbesar, mendorong Annegret Kramp-Karrenbauer --pemimpin partai CDU yang menaungi Angela Merkel-- untuk bersikeras bahwa Weber adalah "kandidat utama".

Di bawah apa yang disebut sistem spitzenkandidat, yang digunakan untuk menunjuk Juncker pada tahun 2014, kandidat partai terbesar diharapkan untuk mengambil posisi komisi teratas.

Tetapi Macron, yang telah lama bersikeras bahwa dia tidak akan terikat pada proses itu, malah berusaha untuk mencuri pawai di gaeis tengah-kanan pada hari Senin, dengan membuka pembicaraan bersama perdana menteri Spanyol, Pedro Sánchez, dalam upaya untuk membentuk "aliansi progresif".

Sosialis Sanchez yang berkuasa datang pertama kali dalam pemungutan suara hari Minggu, hasil yang kemungkinan besar akan ia gunakan untuk menggunakan pengaruh lebih besar di blok tersebut.

Partai Sosialis juga mendapat nilai besar dalam pemilihan lokal dan regional, menempatkan Sanchez di posisi yang lebih kuat ketika ia berusaha membentuk pemerintahan baru setelah pemilu Spanyol pada 28 April.

3 dari 3 halaman

Perlu Ada Kesabaran

Sekretaris Jenderal Komisi Eropa, Martin Selmayr, pada hari Senin bersikeras bahwa tidak ada alasan bagi kelompok-kelompok politik utama untuk melakukan apa pun, kecuali mengikuti proses "kandidat pemimpin" spitzenkandidat.

Dia mengakui bahwa perlu ada "kesabaran" untuk memungkinkan kelompok-kelompok politik dalam menemukan pemahaman, menambahkan bahwa dia yakin pengganti Juncker akan ditemukan sebelum pemerintah Belgia yang baru dibentuk.

Hasil pemilihan Minggu malam juga diperbincangkan karena beberapa kemenangan yang mengejutkan bagi sayap kanan populis, termasuk Partai Marine Le Pen atas La REM yang berkuasa di Prancis, dan 35 persen suara di Italia yang diamankan oleh Partai Liga pimpinan menteri dalam negeri setempat, Matteo Salvini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.