Tornado Hantam Oklahoma, 2 Orang Tewas dan 29 Lainnya Terluka

Oleh Happy Ferdian Syah Utomo pada 27 Mei 2019, 08:58 WIB
Ilustrasi kerusakan akibat hantaman tornado (AP/Bryan Terry)

Liputan6.com, Oklahoma City - Hantaman tornado meratakan sebuah motel dan merusak area parkir besar di sekitar Oklahoma City, Amerika Serikat (AS). Badai tersebut menyebabkan dua orang tewas dan melukai sedikitnya 29 lainnya.

Pusaran angin tornado dilaporkan mendarat di El Reno, sekitar setara 40,2 kilometer sebelah barat Oklahoma City, pada Sabtu malam.

Dikutip dari The Guardian pada Senin (27/5/2019), terjangan angin ribut itu melintasi sebuah jalan lintas negara bagian, dan menghantam American Budget Value Inn --sebuah motel-- sebelum melewati area parkir Skyview Estates, membalik dan merusak rumah-rumah mobil (trailer), kata walikota El Reno, Matt White, dalam sebuah konferensi pers.

"Itu adalah peristiwa yang sangat tragis di luar sana. Orang-orang kehilangan banyak hal, termasuk nyawa," kata White.

Bersama dengan dewan kota setempat, White membuka penggalangan dana di situs GoFundMe yang bertajuk "Bantaun Tornado El Reno", untuk mengumpulkan uang guna membantu keluarga yang terkena dampak.

Sementara itu, meski tidak ada korban jiwa pada motel yang hancur tersapu tornado, namun belasan orang mengalami luka serius, sehingga harus dirawat intensif.

Adapun dua korban tewas, semuanya ditemukan di area parkir trailer, di mana hingga kini, petugas penyelamat masih melakukan evakuasi.

"Banyak orang yang tinggal di sana adalah keturunan Hispanik dan tidak bisa berbahasa Inggris, sehingga mempersulit upaya penyelamatan," kata White, tanpa memberi rincian data dua korban yang tewas.

Sementara korban tewas di area parkir tersebut juga telah dilarikan ke rumah sakit dan mendapat perawatan intensif di sana.

"El Reno adalah lebih dari sekadar komunitas, kami adalah keluarga. Kami akan mengatasi ini, meski sangat menyedihkan melihat kerugian di luar sana," ujar White.

2 of 3

Masuk Kategori EF-2 Awal

Ilustrasi Badai Tornado (Wikimedia Commons)
Ilustrasi Badai Tornado (Wikimedia Commons)

Menurut Layanan Cuaca Nasional AS (NWS), tornado tersebut masuk dalam kategori EF-2 awal, yang berarti memiliki kecepatan angin 111 mil per jam (178 km/jam) hingga 135 mil per jam (275 km/jam).

Sisa ekor tornado dilaporkan menghantam beberapa titik di negara bagian Oklahoma pada Minggu pagi, menumbangkan pohon-pohon dan kabel listrik, serta merusak beberapa banguna komersial di pinggiran Tulsa, kota terbesar kedua setempat.

Di hari yang sama, tornado juga terlihat menyapu sebagian kecil wilayah kota Sapulpa, namun tidak ada laporan korban tewas atau luka.

Pusaran tornado itu datang sepekan setelah angin ribut, hujan lebat, dan banjir melanda wilayah selatan dan barat daya Amerika Serikat.

Cuaca buruk dan banjir telah disalahkan atas sedikitnya sembilan laporan kematian sebelum tornado menghantam El Reno.

3 of 3

Risiko Banjir Akibat Cuaca Buruk

Banjir
Ilustrasi Foto Banjir (iStockphoto)​

Sementara itu, pihak berwenang di kota Tuslam mengimbau penduduk di beberapa kawasan hunian, untuk memmpertimbangkan pergi mencari perlindungan di area lebih tinggi.

Hal tersebut dikarenakan dampak cuaca buruk membuat aliran sungai Arkansas semakin deras, sehingga berisiko memicu luapan banjir.

Distrik Downriver, sekitar 100 mil (setara 160 kilometer) sebelah tenggara Tulsa, di kota terbesar kedua di Arkansas, Fort Smith, pihak berwenang mengatakan 100 hingga 200 orang telah mengungsi karena banjir, yang diperkirakan akan bertambah buruk dalam beberapa hari mendatang.

Lanjutkan Membaca ↓