Sukses

Jerman Tahan 3 Wartawan China Karena Ketahuan Mengintip Pangkalan NATO

Pemerintah Jerman menahan tiga orang wartawan asal China, yang diduga sengaja mengintip pangkalan NATO tanpa izin.

Liputan6.com, Berlin - Tiga orang wartawan asal China dikabarkan tengah ditahan oleh otoritas Jerman karena kedapatan mengintip pangkalan NATO secara diam-diam, ketika Kanselir Angela Merkel berkunjung ke sana, beberapa waktu lalu.

Hal tersebut meningkatkan ketidakpercayaan dunia internasional terhadap kantor berita Xinhua, yang dikelola pemerintah China.

Dikutip dari Time.com pada Minggu (26/5/2019), ketiga orang wartawan Xinhua memicu kecurigaan setelah memfilmkan peralatan militer dan mewawancarai tentara NATO tentang rutinitas sehari-hari mereka.

Tindakan tanpa izin resmi itu ketahuan beberapa saat sebelum Merkel datang berkunjung ke area pelatihan Satuan Tugas Bersama Kesiapan Tertinggi milik NATO di Munster, Jerman, pada 20 Mei lalu.

Seorang pejabat intelijen Jerman mengatakan Xinhua telah dipantau selama beberapa waktu, karena kaitannya dengan partai komunis China yang berkuasa.

Intelijen Jerman memandang wartawan Xinhua sebagai perpanjangan tangan propaganda China, untuk bantu mengumpulkan data dan informasi di luar negeri, yang kemudian digunakan secara resmi oleh Beijing.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Diklaim Sebagai Kesalahpahaman

Salah seorang perwakilan untuk biro urusan luar negeri Xinhua mengatakan para wartawannya sudah tidak lagi dalam penyelidikan intelijen Jerman. 

Dia mengklaim bahwa ketiga wartawan terkait terlibat salah paham dengan otoritas Jerman, yang mengiranya melakukan kegiatan pemanatuan tanpa izin.

Perwakilan yang tidak ingin disebutkan namanya itu mengklaim bahwa kesalahpahaman dengan otoritas Jerman telah diselesaikan.

Baik pihak berwenang China dan Jerman tidak mengkonfirmasi lebih lanjut masalah ini.

3 dari 3 halaman

China Diduga Akan Menambah Jumlah Pangkalan Militer

Sementara itu, Kementerian Pertahanan Amerika Serikat (AS) memperkirakan China akan menambah jumlah pangkalan militernya di seluruh dunia, guna melindungi inisiatif Jalur Sutera Baru, demikian menurut laporan resmi yang dirilis Pentagon pada Kamis 2 Mei 2019 waktu setempat.

Saat ini, China hanya memiliki satu pangkalan militer di luar negeri, yakni di Djibouti. Tetapi, Pentagon meyakini bahwa Beijing tengah merencanakan pembangunan serupa di tempat lain, demikian sebagaimana dikutip dari The Guardian.

"Kemajuan proyek-proyek China seperti Jalur Sutera Baru mungkin akan mendorong bertambahnya pangkalan militer di luar negeri, guna menyediakan keamanan bagi proyek-proyek besar yang dinaunginya," kata Pentagon dalam laporan tahunannya kepada Kongres AS, mengenai militer China dan perkembangan keamanan.

Laporan itu menambahkan bahwa lokasi target pembangunan pangkalan militer bisa mencakup Timur Tengah, Asia Tenggara, dan Pasifik Barat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.
    Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.

    China

  • Jerman merupakan salah satu negara federasi yang terdapat di Eropa
    Jerman merupakan salah satu negara federasi yang terdapat di Eropa

    Jerman