Sukses

Supaya Sehat, Waspada Efek Positif - Negatif Makanan Ini pada Tubuh Anda

Ini daftar sejumlah makanan yang telah diteliti dan ditemukan memiliki efek negatif dan positif pada tubuh.

Liputan6.com, Jakarta - Memakan makanan sehat kini adalah sebuah tren. Belakangan orang cenderung memilih gaya tersebut dengan dalih demi kesehatan tubuh.

Ketika kita melihat rak-rak di toko bahan makanan dan mempelajari bahan dari setiap hal yang kita makan, mudah untuk melihat makanan mana yang lebih berguna bagi tubuh dan mana yang lebih berbahaya. Tetapi studi ilmiah membuktikan bahwa sulit mengetahui mana yang bermanfaat bagi kesehatan dan sebaliknya, karena banyak makanan sebenarnya mengandung bahan kimia berbeda yang bahkan kita tidak tahu ada.

Berikut ini daftar sejumlah makanan yang telah diteliti dan ditemukan memiliki efek negatif dan positif pada jiwa, seperti dikutip dari Bright Side, Sabtu (25/5/2019):

1. Beras yang Dikupas

Yang satu ini mengandung karbohidrat cepat yang membuat molekul glukosa masuk ke dalam darah dengan cepat. Tingkat gula Anda dapat berubah secara dramatis sehingga memiliki efek negatif pada kesehatan otak dan sistem saraf.

2. Popcorn

Makanan ini mengandung protein, fosfor, zat besi, silikon, dan magnesium yang memungkinkan sistem saraf berfungsi dengan baik. Dan vitamin B yang terkandung dipercaya melawan depresi dan stres.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tuna hingga Cokelat Hitam

3.Tuna

Ikan ini mengandung banyak merkuri.

Banyak merkuri dalam tubuh dapat menyebabkan masalah memori alias ingatan. Hewan ini juga mengandung bifenil poliklorinasi yang merupakan bahan kimia sintetis, berdampak mempengaruhi hormon dan mengganggu fungsi sistem saraf.

4. Lemak Babi

Hak ini mengandung asam arakidonat langka. Ditemukan di jaringan tubuh dan tidak tergantikan dan membantu fungsi otak normal. Ini juga membantu melawan penyakit Alzheimer.

5. Tanaman

Tanaman mengandung gluten yang penting bagi mereka untuk tumbuh. Antibodi (senyawa protein yang mencegah reproduksi mikroorganisme dan menghancurkan produk beracun yang mereka buat) dalam gluten juga dapat menyerang bahan kimia yang sangat penting bagi kita.

Jadi, jika kita kekurangan bahan kimia ini, kita bisa menderita serangan panik dan depresi.

6. Coklat Hitam

Makanan ini mengandung flavonoid yang bertanggung jawab untuk aktivasi sel-sel otak. Efeknya bisa membuat pembuluh darah lebih besar, menstimulasi fungsi otak dan memasok cukup oksigen sehingga kerja otak berjalan sebagaimana mestinya.

3 dari 3 halaman

Kentang Panggang hingga Kayu Manis

7. Keju Padat

Jenis ini mengandung tyramine yang diproduksi ketika protein rusak. Tyramine dapat secara signifikan meningkatkan tekanan darah dan memicu migrain. Oleh sebab itu barhati-hatilah jika memakannya dalam jumlah banyak.

8. Kentang Panggang

Makanan ini kaya akan kalium yang mengirim oksigen ke otak. Juga mengandung glukosa, vitamin B, dan asam amino yang semuanya meningkatkan suplai darah ke otak, untuk memastikan menerima semua energi yang diperlukan untuk berfungsi.

9. Kacang

Yang satu ini mengandung asam tanat. Jika tubuh Anda memiliki kandungan ini terlalu banyak, akan terjadi kesulitan memecah mineral, seperti zat besi. Hal ini dapat menyebabkan masalah dengan suplai darah ke otak dan perkembangan anemia.

10. Kurkumin

Bahan utama dalam kari adalah kurkumin. Bahan yang mengandung banyak antioksidan dan melawan penuaan otak. Mereka mendukung fungsi kognitif yang biasanya menjadi lebih buruk dengan bertambahnya usia.

11. Safron

Yang satu ini mengandung banyak mineral, vitamin B, dan vitamin C. Itu membuat fungsi otak lebih baik dan bahkan mengobati beberapa gangguan.

12. Kayu Manis

Kayu manis membuat otak lebih aktif karena mengandung bahan-bahan yang sangat penting seperti  alkohol kayu manis dan cinnamaldehyde. Aroma kayu manis membantu kita menyelesaikan tugas-tugas yang membutuhkan banyak perhatian, memori visual, dan reaksi cepat.

Apakah Anda menemukan makanan favorit Anda dalam daftar? Apakah itu berbahaya atau bermanfaat?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.