Otak Kera... Ini 4 Makanan Mengerikan yang Dikonsumsi Masyarakat Asia Timur

Oleh Teddy Tri Setio Berty pada 24 Mei 2019, 19:40 WIB
Diperbarui 25 Sep 2019, 16:45 WIB
Ilustrasi Monyet (iStock)

Liputan6.com, Jakarta Setiap negara di dunia memiliki makanan khas masing-masing yang sudah menjadi bagian dari budaya mereka.

Tentunya hidangan setiap daerah berbeda-beda mulai dari yang unik, aneh atau bahkan menjijikkan.

Namun, ada pula sejumlah makanan yang bisa dibilang mengerikan. Dan kadang membuat akal sehat kita bertanya-tanya apa tujuan seseorang di sebuah negara mengonsumsi itu.

Sejumlah negara di Asia Timur lah yang banyak mengonsumsi hal-hal aneh dan terkesan sadis untuk dimakan.

Seperti dikutip dari laman toptenz.net, Jumat (24/5/2019), berikut 4 hidangan serta makanan 'sadis' yang dikonsumsi masyarakat Asia Timur:

2 of 5

1. Udang Mabuk

Ilustrasi Udang
Ilustrasi udang (dok. Pixabay.com/AmandaE/Putu Elmira)

Ada beberapa variasi pada hidangan ini, tetapi mereka semua melibatkan udang yang mabuk dan memasaknya hidup-hidup.

Beberapa koki merendamnya dalam alkohol dan membakarnya, sementara yang lain membiarkan mereka berenang di alkohol dan "tenggelam" dalam anggur Shaoxing sebelum mengukusnya hidup-hidup dengan sayuran.

Walaupun terdengar sangat kejam, itu tetap dilakukan oleh banyak orang. Terutama di China.

3 of 5

2. Sup Kura-Kura Panas

Ilustrasi kura-kura (iStock)
Ilustrasi kura-kura (iStock)

Sup kura-kura panas adalah hidangan tradisional di berbagai negara Asia Timur, tetapi kontroversial karena sejumlah alasan.

Pertama, banyak spesies kura-kura yang terancam punah. Ini adalah sebagian alasan mengapa sup kura-kura sekarang sangat langka di AS hingga menjadi aneh (atau ilegal), tetapi itu pernah menjadi hidangan umum di sana.

Kedua, konsumsi kura-kura membawa risiko chelonitoxism, sejenis keracunan makanan yang terkait dengan koma dan masalah organ.

Lagi pula, kura-kura dapat menyerap banyak sekali kontaminan dari perairan yang tercemar selama rentang hidup mereka yang berpotensi puluhan tahun. Dan sementara peternakan kura-kura mungkin merupakan bisnis besar dan berkembang pesat di Tiongkok, demikian juga perburuan mereka dari alam.

4 of 5

3. Hati Ular

Ular Piton
Ilustrasi Foto Ular Piton (iStockphoto)

Hati ular adalah makanan kontroversial yang dikonsumsi masyarakat di Asia Timur. Meski begitu, ada juga negara Asia lain yang turut mengonsumsi ini, seperti Vietnam.

Meskipun disebut-sebut makan hati ular sebagai bentuk pengobatan tradisional, itu tidak pernah dibuktikan secara ilmiah.

5 of 5

4. Otak Kera

Monyet
Ilustrasi Monyet (Foto: www.gradydoctor.com)

Ini adalah salah satu makanan ekstrem, di mana bukan otak sapi yang dimakan melainkan otak kera yang dijadikan sebuah bahan makanan.

Ini adalah makanan yang berasal dari Tiongkok. Otak ini akan dimasak, namun bagi orang Tiongkok mereka bisa langsung melahap otak kera ini.

Lanjutkan Membaca ↓