Ayo Ikut Misi NASA, Dapatkan Boarding Pass ke Mars dengan Cara Ini

Oleh Afra Augesti pada 22 Mei 2019, 21:00 WIB
Boarding Pass ke Mars

Liputan6.com, California - NASA dikabarkan segera mengirimkan robot penjelajah barunya ke permukaan Mars pada awal Juli 2020. Misi ini dilakukan sebelum astronaut badan antariksa tersebut menginjakkan kakinya untuk pertama kali di Planet Merah.

Sejalan dengan itu, NASA mengajak seluruh penduduk dunia untuk ikut berpartisipasi dalam meramaikan jalannya misi ini. NASA meminta orang-orang yang tertarik dengan angkasa luar, mengirimkan nama mereka melalui sebuah tautan yang telah dibagikan di media sosial.

Nantinya, nama mereka akan diukir pada microchip silikon dengan berkas elektron, yang disematkan pada wahana baru NASA tadi. Dengan menggunakan teknik yang dinilai unik ini, NASA dapat memuat lebih dari satu juta nama pada sebuah keping seukuran koin, yang akan melanglang buana di Mars bersama robot tersebut.

Setelah Anda mendaftar, maka Anda akan mendapatkan boarding pass seperti e-tiket yang bisa Anda cetak dan disimpan sebagai kenang-kenangan.

Thomas Zurbuchen, associate administrator untuk Direktorat Misi Sains NASA, mengatakan: "Ketika kami siap untuk meluncurkan misi Mars yang bersejarah ini, kami ingin semua orang berbagi dalam perjalanan eksplorasi ini," katanya seperti dikutip dari Express, Rabu (22/5/2019).

"Ini adalah saat yang menyenangkan bagi NASA, ketika kami memulai perjalanan mendalam tersebut ke planet tetangga kita, dan bahkan asal usul kehidupan itu sendiri," imbuhnya.

Untuk ikut serta, Anda dapat mendaftarkan nama Anda ke NASA terhitung sejak berita ini ditayangkan hingga 30 September 2019, dan langsung menerima boarding pass Anda.

Selain nama lengkap, cantumkan pula negara, kode pos, dan alamat email Anda. Tetapi ada baiknya Anda bergegas mencoba, karena boarding pass ke Mars tersebut bisa memberi Anda poin "frequent flyer", yang nantinya bisa Anda tukarkan dengan suvenir.

2 of 3

Mendarat pada 2021

Ilustrasi tanah di Mars
Ilustrasi tanah di Mars (iStock).

NASA sebelumnya meluncurkan kampanye serupa pada tahun lalu, ketika penggemar NASA ditawari kesempatan untuk mengirim nama mereka guna mengikuti misi peluncuran robot ke matahari, NASA Parker Solar Probe, yang diluncurkan pada Agustus 2018.

Lebih dari dua juta nama dikirim ke Mars di atas misi NASA "InSight" pada Mei 2018.

NASA mengatakan dalam sebuah pernyataan: "Ini adalah bagian dari kampanye penelitian yang melibatkan publik untuk menyoroti misi-misi NASA, dari Bulan ke Mars.

Rover itu beratnya sekitar satu ton (2.300 lbs) dan akan mencari tanda-tanda kehidupan seperti alien, iklim dan geologi dari masa lalu Mars.

Robot berukuran mobil tersebut juga akan mengumpulkan sampel batuan untuk nantinya diteliti di Bumi. NASA berharap wahana penjelajah itu akan mendarat di Mars pada Februari 2021.

3 of 3

Simak video pillihan berikut:

Lanjutkan Membaca ↓