Sukses

4 Fakta Unik Soal Tidur yang Perlu Anda Ketahui

Bicara soal tidur, faktanya ada sejumlah hal menarik. Mulai dari rekor tidur terlama hingga mimpi yang kebanyakan dialami manusia.

Liputan6.com, Jakarta - Makhluk hidup membutuhkan tidur, termasuk manusia. Periode tidur yang cukup akan sangat membantu seseorang agar kondisi tubuh selalu baik.

Bisa dibilang, tidur itu adalah kebutuhan yang sangat penting. Jika tidak tidur, maka manusia tidak bisa menjalankan aktivitas di kemudian hari.

Bicara soal tidur, faktanya ada sejumlah hal menarik. Mulai dari rekor tidur terlama hingga mimpi yang kebanyakan dialami manusia.

Seperti dikutip dari laman Oddee.com, Rabu (22/5/2019), berikut 4 fakta soal tidur yang wajib Anda tahu:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Rekor Tidur Terlama Yaitu 11 Hari

Ketika tiba waktunya untuk tidur, kebanyakan orang tidur sekitar 8 jam. Itu adalah waktu normal bagi manusia untuk beristirahat.

Namun, akan sangat wajar jika seseorang mengalami satu hingga dua jam kelebihan waktu tidur. Sebab banyak faktor, salah satunya terlalu lelah.

Tetapi tahukah Anda bahwa ada rekor tidur terlama di dunia. Seseorang yang memecahkan rekor itu tidur selama 11 hari.

 

3 dari 5 halaman

2. Hitam dan Putih

Hal lain yang menarik untuk dibahas terkait tidur adalah mimpi. Mimpi adalah suatu proses alami yang dialami saat kita terlelap.

Dari catatan penelitian, ada 11 persen orang yang mengaku jika mimpi mereka kebanyakan adalah hitam dan putih.

Dalam mimpi, mereka hanya merasakan dan melihat warna hitam dan putih di memori mereka.

 

4 dari 5 halaman

3. Mimpi Lupa Setelah 5 Menit Bangun

Masih bicara soal mimpi. Saat terbangun seseorang umumnya akan sangat ingat pada jalan cerita dari sebuah mimpi yang telah mereka alami.

Manusia lazimnya akan mencoba mengingat dan yakin akan bisa mengingatnya. Setelah itu akan ia ceritakan pada orang lain.

Namun, dari penelitian banyak orang yang akan lupa 50 persen dari jalan cerita mimpi setelah lima menit bangun tidur.

 

5 dari 5 halaman

4. Tidur Cukup Bisa Panjang Umur

Tidur yang cukup meningkatkan sirkulasi darah, membantu Anda mengendalikan suasana hati, dan Anda tahu itu bisa membantu memantau nafsu makan Anda.

Tidak mengherankan bahwa sebuah penelitian menunjukkan bahwa Anda dapat meningkatkan harapan hidup lebih panjang jika cukup tidur.

Ingatlah bahwa tidur nyenyak berarti tidur delapan jam penuh, dan selalu tidur pada waktu yang sama setiap malam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini