Nekat, Pria Ini Memanjat Menara Eiffel Selama Berjam-jam

Oleh Siti Khotimah pada 21 Mei 2019, 13:59 WIB
Diperbarui 21 Mei 2019, 15:17 WIB
Pria Panjat Menara Eiffel

Liputan6.com, Paris - Otoritas Prancis telah menangkap seorang pria yang memanjat Menara Eiffel pada Senin, 20 Mei 2019 siang waktu setempat.

"Dia sekarang berada di bawah kendali polisi," kata juru bicara kepolisian paris, sebagaimana dikutip dari CNN pada Selasa (21/5/2019).

Pria dengan identitas yang belum dirilis itu diketahui memasuki Menara Eiffel dengan normal. Ia memanjat struktur bangunan begitu berada di lantai dua.

Turis Irlandia Claire Murphy, yang sedang berlibur di Paris, mengatakan kepada CNN bahwa langkah nekat itu dimulai pada pukul 14:15 (8:15 ET).

Pada pukul 21.30, otoritas menyatakan telah berhasil berunding dengan pria itu, yang telah bersembunyi berjam-jam di dekat tingkat ketiga dari struktur Menara Eiffel.

 

2 dari 3 halaman

Alasan Memanjat Menara

Pria Panjat Menara Eiffel
Petugas pemadam kebakaran berusaha mendekati seorang pria (baju hitam di bawah) yang memanjat Menara Eiffel tanpa peralatan keselamatan di Paris, Senin (20/5/2019). Akibat ulahnya, Menara Eiffel ditutup dan pihak pengelola melakukan evakuasi dan pengamanan. (AP/Michel Euler)

Faktor yang mendorong aksi nekat pria itu masih belum jelas hingga saat ini.

Adapun Menara Eiffel telah ditutup untuk pengunjung dan mulai dilakukan evakuasi terhadap para wisatawan setelah tindakan pria itu pertama kali diketahui. Hingga saat ini sekitar 2.500 orang telah berhasil diungsikan, mengutip The New York Times.

Beberapa pengunjung juga sempat merekam dan memotret pria nekat itu saat melancarkan aksinya memanjat menara setinggi 324 meter. Foto dan video kejadian saat ini telah beredar luas di dunia maya.

Hampir 7 juta orang mengunjungi Menara Eiffel setiap tahunnya. Menara itu selesai dibangun pada 1889 oleh Gustave Eiffel sebagai bagian dari "Pameran Universal" yang menandai seratus tahun Revolusi Prancis. Pada pekan lalu, Eiffel merayakan ulang tahun ke 130.

3 dari 3 halaman

Insiden Serupa Pernah Terjadi

Keren, Menara Eiffel Berhias Cahaya Warna-warni
Pemandangan saat Menara Eiffel berhias instalasi cahaya warna kuning di Paris, Perancis, Kamis (13/9). Pertunjukan ini untuk merayakan 160 tahun hubungan diplomatik antara Perancis dengan Jepang. (AP Photo/Christophe Ena)

Sejumlah orang telah mencoba memanjat struktur bersejarah di masa lalu. Pada 2015, James Kingston, seorang pendaki dan pemberani Inggris yang telah melakukan banyak aksi menantang, dilaporkan memanjat menara.

Sementara itu, Menara Eiffel juga pernah dikabarkan hendak diserang teroris. Pada tahun 2018, kaca anti peluru dipasang di ujung utara dan selatan struktur menara untuk membantu melindungi bangunan itu dari serangan militan.

Menurut NPR, panel kaca tingginya hampir 10 kaki dan lebih dari dua inci tebal. Di ujung timur dan barat, pagar logam didirikan untuk mencegah kendaraan masuk.

Lanjutkan Membaca ↓