Sukses

3 Selebritas Dunia Ini Dituntut karena Mengunggah Fotonya Sendiri

Ada beberapa selebritas yang dituntut oleh sejumlah perusahaan lantaran mengunggah foto mereka sendiri. Bagaimana bisa?

Liputan6.com, New York - Jadi selebritas itu tidak mudah. Ada saja masalah yang menghampiri. Bukan hanya harus selalu menjaga perkataan di media sosial, tetapi juga terkait unggahan yang mereka pamerkan di dunia maya. 

Ada beberapa selebritas yang dituntut oleh sejumlah perusahaan lantaran mengunggah foto mereka sendiri di akun-akun media sosial mereka. Bagaimana bisa?

Meski yang diunggah adalah foto mereka sendiri, para juru bidik gambar menganggap itu adalah pelanggaran. Sebab artis-artis itu mengunggah karya beberapa fotografer tanpa mencantumkan kredit atau sumber dari gambar tersebut.

Seperti dikutip dari Fox Business, Senin (20/5/2019), berikut 3 selebritas yang dituntut karena mengunggah fotonya sendiri:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Ariana Grande

Belum lama ini penyanyi terkenal Ariana Grande digugat oleh seorang paparazi setelah ia membagikan foto dirinya yang diambil oleh juru foto tersebut.

Fotografer bernama Robert Barbera mengajukan gugatan terhadap penyanyi "Thank You, Next" ini karena dia tidak mencantumkan kredit di dua foto yang dia posting di Instagram pada Agustus 2018.

Foto-foto tersebut menunjukkan Grande mengenakan gaun putih dan sepatu bot di atas lutut, sambil memegang tas bening bertuliskan "Sweetener," judul album keempatnya.

Robert Barbera menuntut Grande hingga US$ 25 ribu lantaran ia sudah rugi karena banyak orang yang tidak jadi membeli karyanya setelah Ariana mengunggahnya di media sosial.

 

3 dari 4 halaman

2. Khloe Kardashian

Khloe Kardashian adalah salah satu selebritas yang juga pernah digugat setelah mem-posting gambar dirinya sendiri pada tahun 2017.

Perusahaan bernama Xposure Photo menggugat bintang terkenal itu setelah mengunggah karyanya di Instagram pada tahun 2016.

Xposure meminta ganti rugi US$ 150.000 untuk pelanggaran hak cipta dan US$ 25.000 untuk keluarga Kardashian yang diduga menghapus informasi hak cipta.

Kedua belah pihak kemudian sepakat untuk membatalkan gugatan tersebut setelah rangkaian proses yang cukup lama.

 

4 dari 4 halaman

3. Gigi Hadid

Model terkenal Gigi Hadid juga pernah menghadapi gugatan terkait pelanggaran hak cipta karena mengunggah lebih dari 50 foto yang tidak dicantumkan kreditnya.

Ia digugat pada bulan Januari untuk posting-an di Instagram pada Oktober 2018, yang kini telah ia hapus.

Tak terima dengan hal itu, Gigi lantas menyebut bahwa tuntutan yang dilayangkan perusahaan bernama Xclusive-Lee, Inc "tidak masuk akal".

Tim Hadid sejak itu meminta pengadilan untuk membatalkan gugatan, dengan klaim bahwa foto itu digunakan secara adil untuk dirinya sendiri dan bukan untuk digunakan untuk keperluan bisnis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini