Selain Singapura, Ini 3 Negara yang Pernah Diserang Virus Cacar Monyet

Oleh Teddy Tri Setio Berty pada 15 Mei 2019, 18:35 WIB
Beda Cacar Monyet dan Cacar Biasa

Liputan6.com, Singapura - Kasus infeksi monkeypox atau yang biasa disebut sebagai cacar monyet telah menjangkit Singapura. Pasien pertama di negara itu adalah warga negara Nigeria, berusia 38 tahun, yang tiba di Negeri Singa pada 28 April 2019 lalu.

Ia dilaporkan positif terjangkit virus penyakit tersebut pada Rabu 8 Mei 2019, menurut Kementerian Kesehatan (MOH).

Dalam sebuah siaran pers MOH tertanggal Kamis 9 Mei 2019, pasien saat ini dalam kondisi stabil dan tengah dikarantina di National Centre for Infectious Diseases (NCID) Singapura.

Kementerian Kesehatan Negeri Singa menggarisbawahi bahwa kasus cacar monyet ini adalah pertama kali di negaranya.

Selain Singapura? negara mana saja yang sebelumnya pernah terserang cacar monyet? berikut selengkapnya seperti dikutip dari berbagai sumber, Rabu (15/5/2019):

 

2 of 4

1. Kongo

Jenazah
Ilustrasi Foto Jenazah (iStockphoto)

Meski namanya adalah cacar monyet, penyakit ini sebetulnya bukan berasal dari monyet, melainkan dari hewan pengerat seperti tikus dan tupai.

Pada tahun 1958, virus ini pertama kali diidentifikasi. Hingga kasus pertama dialami oleh manusia tahun 1985 di Kongo.

3 of 4

2. Inggris

Ilustrasi jenazah
Ilustrasi jenazah. (iStockPhoto)

Kasus cacar monyet juga pernah terjadi di Inggris. Pada tahun 2018 lalu, Public Health England mengonfirmasi kebenaran tersebut.

Kasus terakhir pernah menyerang seorang petugas kesehatan yang merawat pasien di Rumah Sakit Blackpool Victoria di utara Inggris sebelum mereka didiagnosis terkena cacar monyet.

Pada saat itu, tercatat ada tiga orang yang positif terkena cacar monyet di Inggris.

4 of 4

3. Amerika Serikat

Jenazah
Ilustrasi Foto Jenazah (iStockphoto)

Jauh sebelum Inggris, Amerika Serikat telah terlebih dahulu mengalami serangan cacar monyet.

Pada tahun 2003, AS mengalami wabah monkeypox. Ini adalah kasus pertama kalinya monkeypox dilaporkan menyerang manusia di luar Afrika.

Awalnya, para ilmuwan di Klinik Marshfield di Marshfield, Wisconsin, menemukan virus menyerupai poxvirus dari salah satu pasien pertama. Namun, itu adalah cacar monyet.

Sejumlah negara bagian di AS yang terkena wabah ini di antaranya adalah Illinois, Indiana, Kansas, Missouri, Ohio, dan Wisconsin.

Lanjutkan Membaca ↓