Gempa Magnitudo 7,7 di Papua Nugini, Ini Wilayah yang Terancam Tsunami

Oleh Tanti Yulianingsih pada 14 Mei 2019, 20:48 WIB
Gempa Bumi

Liputan6.com, Port Moresby - Gempa bumi bermagitudo 7,7 mengguncang 28 km (media lain menyebut 29 km) dari Kokopo, Papua Nugini pada Selasa pukul 12:58:26 GMT. Demikian menurut Survei Geologi AS (USGS).

Xinhua News yang dikutip Selasa (14/4/2019) melaporkan, episentrum gempa bumi kali ini berada di kedalaman 10,0 km, dengan estimasi pada 4.211 derajat lintang selatan dan 152.481 derajat bujur timur.

Sementara The Sun melaporkan, gempa itu melanda hanya 25 km (media lain menyebut 28 km dan 29 km) dari Kokopo, ibu kota Pulau East New Britain, di sebelah timur negara Pasifik.

Seismolog mengatakan gempa bumi dahsyat dengan kekuatan awal magnitudo 7,5 melanda Pulau New Ireland atau Irlandia Baru di Papua Nugini. Peringatan tsunami telah dikeluarkan untuk Papua Nugini dan Kepulauan Solomon.

Gempa bumi, yang terjadi Selasa malam waktu setempat, berpusat tak jauh dari Pulau Irlandia Baru,.

 

2 of 3

Potensi Tsunami

Gempa Bumi
Ilustrasi Gempa Bumi (iStockphoto)

Badan Survei Geologi AS mengukur gempa pada magnitudo 7,5, kekuatan tersebut turun dari perkiraan awal 7,7 yang dikeluarkan oleh Pusat Peringatan Tsunami Pasifik.

Gempa bumi tersebut dilaporkan terjadi sekitar 10 kilometer (6 mil) di bawah dasar laut, dengan kata lain sangat dangkal.

“Berdasarkan parameter gempa pendahuluan, gelombang tsunami yang berbahaya dimungkinkan untuk pantai yang berjarak 1.000 km dari pusat gempa,” kata Pusat Peringatan Tsunami Pasifik.

BNO News melaporkan bahwa peringatan tsunami telah dikeluarkan untuk Papua Nugini dan Kepulauan Solomon. Kendati demikian masih terlalu dini untuk menentukan apakah ada ancaman terhadap Hawaii, kata Pusat Peringatan Tsunami Pasifik.

Sementara untuk semua garis pantai AS. lainnya, tidak ada ancaman tsunami.

3 of 3

Belum Ada Korban, tapi...

20151111-Ilustrasi Gempa Bumi
Ilustrasi Gempa Bumi (iStockphoto)

Gempa bumi di negara pegunungan, yang berada di jalur Pacific Ring of Fire jarang menimbulkan kerusakan atau korban, karena banyak bangunan di wilayah ini ringan dan fleksibel. Hal ini memungkinkan mereka untuk bergerak, alih-alih menegang dan runtuh, ketika terjadi gempa bumi besar.

Namun, gempa bumi kadang-kadang menyebabkan tanah longsor besar dan bagian-bagian si Papua Nugini tengah dalam pemulihan dari serangkaian gempa kuat di bulan Februari dan Maret 2018 yang menewaskan lebih dari 200 orang dan melukai ribuan lainnya.

Selasa lalu, gempa magnitudo 7,2 melanda dekat Lae di daratan Papua Nugini. Tidak ada laporan kerusakan besar atau korban jiwa.

Lanjutkan Membaca ↓