Makan 3 Kurma Sehari Selama Sepekan, Rasakan Khasiat Ini

Oleh Teddy Tri Setio Berty pada 13 Mei 2019, 18:35 WIB
Diperbarui 13 Mei 2019, 18:35 WIB
Ilustrasi Kurma
Perbesar
Ilustrasi Kurma (iStockphoto)​

Liputan6.com, Jakarta - Selama bulan puasa Ramadan, buah kurma akan selalu jadi panganan manis yang disantap sebelum mengonsumsi makanan inti.

Meski ukurannya yang relatif kecil, kurma sudah lama dikenal akan khasiatnya. Apalagi untuk metabolisme tubuh.

Namun tahukah Anda bahwa akan ada manfaat lain yang akan Anda rasakan apabila mengonsumsi tiga buah kurma setiap hari selama satu pekan.

Seperti dikutip dari laman Brightside.me, Senin (13/5/2019), berikut 5 manfaat kurma jika dimakan tiga buah dalam sehari selama satu pekan:

 

2 dari 6 halaman

1. Kesehatan Tulang Membaik

Jadwal Imsak Hari Ini
Perbesar
Kurma / Sumber: iStockphoto

Menurut Julie Garden-Robinson, Ph.D., L.R.D., seorang profesor Universitas Negeri North Dakota, kurma mengandung boron yang baik bagi kesehatan tulang.

Studi lain menunjukkan bahwa mineral seperti fosfor, kalium, kalsium, dan magnesium, yang ditemukan dalam buah-buahan kering, memperkuat tulang kita dan memerangi penyakit seperti osteoporosis.

3 dari 6 halaman

2. Kesehatan Pencernaan Anda akan Meningkat

Penjual Kurma di Yaman
Perbesar
Seorang pedagang Yaman memperlihatkan kurma kering di sebuah pasar di kota tua Sanaa, Sabtu (11/5/2019). Buah kurma sangat identik saat bulan suci Ramadan, malah menjadi makanan wajib saat berbuka puasa. (Photo by Mohammed HUWAIS / AFP)

Seperti yang disebutkan sebelumnya, kurma mengandung serat yang tinggi dan sistem pencernaan kita membutuhkan serat untuk beroperasi dengan baik.

Asupan serat mencegah sembelit dan mendorong buang air besar secara teratur. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Nutrition, menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi kurma secara teratur memiliki sistem pencernaan yang jauh lebih baik daripada mereka yang tidak.

4 dari 6 halaman

3. Membantu Anda melawan Stres dan Depresi

Ilustrasi Kurma
Perbesar
Ilustrasi Kurma (iStockphoto)​

Kurma mengandung Vitamin B6, yang telah terbukti membantu tubuh menghasilkan serotonin dan norepinefrin, yang meningkatkan kesehatan otak Anda.

Serotonin mengatur suasana hati Anda, sementara norepinefrin berjuang melawan stres. Selain itu, penelitian ini menunjukkan bahwa kadar B6 yang rendah terkait dengan depresi.

Semakin banyak Vitamin B6 yang kita konsumsi, semakin baik perasaan kita tidak hanya secara fisik, tetapi juga mental.

5 dari 6 halaman

4. Memberi Anda Dorongan Energi yang Signifikan

Ilustrasi manfaat kurma (sumber: istockphoto)
Perbesar
Ilustrasi manfaat kurma (sumber: istockphoto)

Kurma kaya akan serat, kalium, magnesium, vitamin, dan antioksidan yang menjadikannya camilan sempurna. Mereka memberikan ledakan energi abadi berkat gula seperti fruktosa dan glukosa.

Selain itu, menurut penelitian kurma tidak hanya meningkatkan energi Anda, tetapi buah ini juga membantu Anda mendapatkan kembali dengan cepat energi setelah melakukan sesuatu yang melelahkan seperti berolahraga.

6 dari 6 halaman

5. Mencegah Penyakit Jantung

Penjual Kurma di Yaman
Perbesar
Sejumlah pedagang kurma menunggu pembeli di sebuah pasar di kota tua Sanaa, Yaman, Sabtu (11/5/2019). Kurma menjadi salah satu pilihan umat muslim sebagai menu buka puasa di bulan suci Ramadan. (Photo by Mohammed HUWAIS / AFP)

Sebuah penelitian menyimpulkan bahwa kurma mengurangi kadar trigliserida dan mengurangi stres oksidatif, keduanya merupakan faktor risiko penyakit jantung dan aterogenesis.

Selain itu, mereka adalah sumber yang kaya akan potasium, yang menurut penelitian, menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko strok, serta penyakit terkait jantung.

Lanjutkan Membaca ↓