Sukses

Makan 3 Kurma Sehari Selama Sepekan, Rasakan Khasiat Ini

Meski memiliki ukuran yang relatif kecil, kurma sudah lama dikenal akan khasiatnya. Apalagi untuk metabolisme tubuh.

Liputan6.com, Jakarta - Selama bulan puasa Ramadan, buah kurma akan selalu jadi panganan manis yang disantap sebelum mengonsumsi makanan inti.

Meski ukurannya yang relatif kecil, kurma sudah lama dikenal akan khasiatnya. Apalagi untuk metabolisme tubuh.

Namun tahukah Anda bahwa akan ada manfaat lain yang akan Anda rasakan apabila mengonsumsi tiga buah kurma setiap hari selama satu pekan.

Seperti dikutip dari laman Brightside.me, Senin (13/5/2019), berikut 5 manfaat kurma jika dimakan tiga buah dalam sehari selama satu pekan:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Kesehatan Tulang Membaik

Menurut Julie Garden-Robinson, Ph.D., L.R.D., seorang profesor Universitas Negeri North Dakota, kurma mengandung boron yang baik bagi kesehatan tulang.

Studi lain menunjukkan bahwa mineral seperti fosfor, kalium, kalsium, dan magnesium, yang ditemukan dalam buah-buahan kering, memperkuat tulang kita dan memerangi penyakit seperti osteoporosis.

3 dari 6 halaman

2. Kesehatan Pencernaan Anda akan Meningkat

Seperti yang disebutkan sebelumnya, kurma mengandung serat yang tinggi dan sistem pencernaan kita membutuhkan serat untuk beroperasi dengan baik.

Asupan serat mencegah sembelit dan mendorong buang air besar secara teratur. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Nutrition, menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi kurma secara teratur memiliki sistem pencernaan yang jauh lebih baik daripada mereka yang tidak.

4 dari 6 halaman

3. Membantu Anda melawan Stres dan Depresi

Kurma mengandung Vitamin B6, yang telah terbukti membantu tubuh menghasilkan serotonin dan norepinefrin, yang meningkatkan kesehatan otak Anda.

Serotonin mengatur suasana hati Anda, sementara norepinefrin berjuang melawan stres. Selain itu, penelitian ini menunjukkan bahwa kadar B6 yang rendah terkait dengan depresi.

Semakin banyak Vitamin B6 yang kita konsumsi, semakin baik perasaan kita tidak hanya secara fisik, tetapi juga mental.

5 dari 6 halaman

4. Memberi Anda Dorongan Energi yang Signifikan

Kurma kaya akan serat, kalium, magnesium, vitamin, dan antioksidan yang menjadikannya camilan sempurna. Mereka memberikan ledakan energi abadi berkat gula seperti fruktosa dan glukosa.

Selain itu, menurut penelitian kurma tidak hanya meningkatkan energi Anda, tetapi buah ini juga membantu Anda mendapatkan kembali dengan cepat energi setelah melakukan sesuatu yang melelahkan seperti berolahraga.

6 dari 6 halaman

5. Mencegah Penyakit Jantung

Sebuah penelitian menyimpulkan bahwa kurma mengurangi kadar trigliserida dan mengurangi stres oksidatif, keduanya merupakan faktor risiko penyakit jantung dan aterogenesis.

Selain itu, mereka adalah sumber yang kaya akan potasium, yang menurut penelitian, menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko strok, serta penyakit terkait jantung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.