Indonesia Masuk 6 Destinasi Wisata Dunia Paling Populer Versi Instagram

Oleh Siti Khotimah pada 10 Mei 2019, 20:40 WIB
Monas

Liputan6.com, Jakarta - Banyak orang ingin mengunjungi destinasi wisata dalam rangka mengisi akun media sosialnya. Bahkan, sebagian dari mereka rela bepergian ke luar negeri dan merogoh kocek dalam-dalam demi foto yang menarik di Instagram.

Di era sekarang, sulit disangkal bahwa perjalanan wisata sangat dipengaruhi dengan media sosial. Terbukti, tempat baru yang menarik dan menjadi tempat foto para influencer akan ramai-ramai dikunjungi oleh warganet.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh perusahaan bus bandara bernama Hoppa menunjukkan kota-kota destinasi wisata terbaik di dunia bagi pengguna Instagram. Penelitian itu didasarkan pada jumlah posting dengan tagar yang disematkan untuk berbagai tempat tujuan wisata terpopuler.

Hoppa menganalisis jutaan tagar dan merilis nama sejumlah kota. Berikut 6 kota yang dimaksud, sebagaimana dikutip dari laman The Star pada Jumat (10/5/2019).

2 of 7

1. London, Inggris

Big Ben London
Big Ben London (Creative Commons)

London muncul sebagai destinasi paling populer di Instagram pada 2019 dengan 118 tagar. Tak heran, kota di Negeri Ratu Elizabeth itu memang memiliki pesonanya tersendiri.

Banyak bangunan-bangunan kuno yang antik di London, Inggris. Begitu pula dengan menara jam yang sangat populer di kota itu bernama Big Ben. Banyak orang berlomba-lomba untuk mengambil gambar di tempat itu, dan mengunggahnya di media sosial.

Sejumlah destinasi wisata lain yang sangat populer diantaranya adalah Hyde Park, Westminster, Camden, London Eve, dan Soho.

3 of 7

2. Paris, Prancis

Keren, Menara Eiffel Berhias Cahaya Warna-warni
Pemandangan saat Menara Eiffel berhias instalasi cahaya warna kuning di Paris, Perancis, Kamis (13/9). Pertunjukan ini untuk merayakan 160 tahun hubungan diplomatik antara Perancis dengan Jepang. (AP Photo/Christophe Ena)

Di bawah London, terdapat Paris sebagai kota tujuan terbanyak di Instagram. Sebanyak 101 juta tagar disematkan dalam postingan untuk kota itu.

Tak kalah dengan London, kota itu memiliki ikon berupa Menara Eiffel. Banyak orang dari berbagai belahan dunia rela datang ke kota itu untuk berfoto dengan tugu cantik itu.

Tahukah Anda sebenarnya banyak tempat selain situs Menara Eiffel untuk dikunjungi di Paris. Di antaranya adalah Dineyland Paris dan jembatan Pont Alexandre III. Kubah bernama Sacre-Coeur berwarna putih bersih juga bisa Anda kunjungi jika datang ke Paris.

4 of 7

3. New York, AS

Wanita Panjat Patung Liberty
Seorang wanita nekat memanjat Patung Liberty di New York, Rabu (4/7). Setidaknya dua petugas Departemen Kepolisian New York (NYPD) dengan helikopter mendekati Okoumou dan mengevakuasi paksa. (AP Photo)

New York berada di posisi ketiga dengan 82 juta. Peringkat ini menurun menurut survei yang sama. Mengingat pada tahun 2016 lalu, kota sibuk di Amerika Serikat ini menempati posisi pertama sebagai destinasi yang paling dikunjungi menurut Instagram.

New York mampu menarik banyak wisatawan karena tergolong sebagai kota metropolis yang sangat aman di Amerika Serikat. Bahkan, angka kriminal di kota ini lebih rendah dibandingkan dengan rata-rata nasional Negeri Paman Sam.

Tidak hanya London dan Paris yang memiliki ikon yang digandrungi pelancong. New York punya Patung Liberty yang telah dibangun sejak 1886.

Patung Liberty memiliki nilai sejarah tersendiri. Patung itu adalah pemberian Prancis untuk Amerika dan menjadi patung terbesar di dunia. Tinggi Patung Liberty adalah 152 kaki, dengan berat sekitar 450.000 pon atau 204.116 kilogram.

 

Simak video misteri patung Liberty berikut:

5 of 7

4. Dubai, UEA

Downtown Burj Khalifa
Lokasi shooting Star Trek Beyond (Liputan6/pool/Dubai)

Dubai sangat populer di Instagram, dengan sekitar 80 juta tagar. Kota ini sering menjadi tujuan para selebgram atau influencer untuk destinasi wisata maupun pemotretan.

Ibu kota Uni Emirat Arab itu memiliki cuaca yang baik, khususnya di daerah pantai. Panorama pesisir ala gurun yang cantik sering menarik minat para pelancong dunia.

Tak hanya pantai, Dubai juga memiliki bangunan terkenal bernama Burj Khalifa. Mungkin Anda dapat mengunjungi tempat saat Ramadan, karena terdapat tiga waktu berbuka puasa yang berbeda di Burj Khalifa. Jika ingin berpuasa lebih lama, Anda dapat memilih berada di lantai atas.

Pariwisata di Dubai bahkan menyumbang cukup banyak uang bagi perekonomian nasional. Pendapatan kotor rata-rata dari sektor itu sekitar 90 miliar dolar. Tak hanya itu, sektor wisata juga mendukung berkembangnya berbagai jenis industri retail dan perhotelan di Uni Emirat Arab.

6 of 7

5. Istanbul, Turki

Mengabadikan Eksotisme Hagia Sophia dengan Kamera Samsung Galaxy 10 Plus. Liputan6.com/Nila Chrisna Yulika
Mengabadikan Eksotisme Hagia Sophia dengan Kamera Samsung Galaxy 10 Plus. Liputan6.com/Nila Chrisna Yulika

Istanbul menjadi kota kelima sebagai destinasi paling populer di Instagram. Sekitar 75 juta tagar yang mengarahkan kepada mantan ibu kota Turki itu.

Destinasi paling populer di Istanbul adalah Hagia Sophia yang merupakan museum bersejarah. Selain itu ada pula The Blue Mosque yang memiliki enam menara yang menyimbolkan rukun iman. Masjid itu sangat cocok bagi Anda yang ingin mengunjungi Turki saat Ramadan.

Untuk diketahui, industri pariwisata Turki telah pulih kembali setelah serangan Bandara Ataturk pada 2016 lalu yang menewaskan 45 orang. Keamanan yang diperkuat menjadi salah satu faktor pendukungnya.

Jumlah wisatawan ke Istanbul mungkin akan terus bertambah, dengan berpindahnya Turkish Airlines ke bandara baru Istanbul. Lapangan udara itu bernilai US$ 11 miliar atau Rp 158,16 triliun.

7 of 7

6. Jakarta, Indonesia

FOTO: Sambut Tahun Baru, Kawasan Monas Dihiasi Kembang Api
Kembang api menghiasi malam pergantian tahun baru 2018 di kawasan silang Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Senin (1/1/2018). Monas menjadi salah satu lokasi pilihan Warga Jakarta untuk merayakan malam pergantian tahun. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Siapa sangka, Jakarta menjadi kota destinasi wisata terpopuler di Instagram. Lebih dari 55 juta tagar mengarah kepada kota metropolitan di Indonesia ini. Jumlah itu lebih banyak dari pada sejumlah kota terkenal di dunia.

Menurut Hoppa, Indonesia berada satu tingkat di atas Los Angeles, Amerika Serikat. Sementara Barcelona menempati ranking ke-delapan, disusul dengan Moscow, Tokyo, dan Berlin.

Indonesia adalah kota dengan peringkat tertinggi di Asia, menurut survei Hoppe dengan data dari tagar Instagram. Hal itu bisa jadi disebabkan oleh banyaknya pengguna media sosial yang dimaksud di Indonesia.

Meski demikian, Jakarta memang dinobatkan sebagai salah satu kota dengan pertumbuhan tercepat di dunia oleh World Travel and Tourism Council (WTTC). Kota ini juga memiliki menara yakni Monumen Nasional (Monas) yang sering dikunjungi oleh para pelancong, baik lokal maupun internasional.

Lanjutkan Membaca ↓