Sukses

Letusan Senjata Terdengar saat Salat Ramadan di Masjid London, Teror?

Saat letusan terjadi, para jemaah tengah menggelar salat malam Ramadan di masjid, di luar High Road, timur London.

Liputan6.com, London - Sebuah senjata ditembakkan di luar sebuah masjid di London timur selama salat Ramadan. Polisi kemudian ditelepon atas laporan ada seorang pria bersenjata api memasuki Masjid Seven Kings di Ilford pada Kamis 9 Mei 2019 malam.

Para jemaah kemudian mengantar pria bersenjata itu keluar dari bangunan ibadah di salah satu penjuru timur London tersebut. Lalu suara tembakan - diduga berasal dari "pistol kosong" - kemudian terdengar.

"Tidak ada korban cedera atau kerusakan akibat insiden tersebut," jelas Scotland Yard (Kepolisian Londoon).

Sejauh ini insiden itu belum dipastikan terkait terorisme.

Saat insiden tersebut terjadi, para jemaah tengah menggelar salat malam di masjid, di luar High Road.

Polisi Metropolitan London mengatakan, "Petugas, termasuk unit yang menangani senjata api, hadir. Tidak ada yang dilaporkan cedera atau mengalami kerusakan bangunan."

"Pada tahap awal ini, bukti balistik dari tempat kejadian menunjukkan bahwa senjata itu adalah pistol kosong. Petugas tetap berjaga di tempat kejadian sepanjang malam," kata pihak kepolisian London menambahkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Memicu Kekhawatiran

Dalam sebuah pernyataan yang dibagikan oleh juru bicara Dewan Muslim di Twitter, imam masjid Mufti Suhail mengatakan motif tersangka pelaku penembakan belum ditetapkan.

Kendati demikian, imam masjid Mufti Suhail meminta orang-orang untuk menghindari berspekulasi dan menyebarkan informasi yang tidak dikonfirmasi.

Belakangan ini pengamanan meningkat di tempat-tempat ibadah di seluruh dunia setelah serangan pada sejumlah rumah ibadah baru-baru ini.

3 dari 3 halaman

Penembakan Tempat Ibadah Sebelumnya

Sebelumnya, penembakan massal melanda sebuah masjid di Christchurch, Selandia Baru. Insiden pada bulan Maret itu menewaskan 50 orang.

Lalu pada bulan April, gereja-gereja di Sri Lanka menjadi sasaran saat Minggu Paskah dalam serangan teror yang menewaskan sedikitnya 253 orang.

Seminggu kemudian, seorang wanita terbunuh ketika seorang pria bersenjata melepaskan tembakan ke sebuah sinagog di California.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini