Sukses

Demo Panci hingga Kemarahan Dunia Atas Pemilu Wali Kota Ulang Turki

Keputusan untuk mengadakan pemilu wali kota baru pada 23 Juni mendatang memicu protes di seluruh Istanbul, Turki.

Liputan6.com, Istanbul - Uni Eropa (UE) dan negara-negara anggota intinya mengecam keras keputusan di Turki untuk mengulang pemilihan wali kota Istanbul. Langkah yang diputuskan setelah kemenangan oposisi yang mengejutkan.

Seperti dilaporkan BBC, Rabu (8/5/2019), seorang juru bicara UE meminta badan pemilihan Turki untuk menjelaskan keputusan kontroversial "tanpa penundaan".

Menteri Luar Negeri Jerman Heiko Mass menyebut re-run (pemilihan ulang) "tidak bisa dipahami".

Langkah itu juga dikritik oleh pemerintah Prancis dan oleh pimpinan MEP Guy Verhofstadt, yang mengatakan Turki "melaju menuju kediktatoran".

Adalet ve Kalkinma Partisi (AKP), partai berkuasa yang dinaungi Presiden Recep Tayyip Erdogan bulan lalu kehilangan suara kepemimpinan kota terbesar Turki dengan selisih yang tipis, tetapi Erdogan menolak menerima kekalahan.

AKP mengklaim bahwa ada penyimpangan yang membatalkan hasil pemilihan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Picu Protes

Keputusan untuk mengadakan jajak pendapat baru pada 23 Juni mendatang memicu protes di seluruh Istanbul pada hari Senin. Ratusan orang berkumpul di beberapa distrik, membenturkan panci dan wajan lalu meneriakkan slogan-slogan anti-pemerintah.

"Memastikan proses pemilihan yang bebas, adil dan transparan adalah penting bagi demokrasi apa pun dan merupakan jantung dari hubungan Uni Eropa dengan Turki," kata kepala diplomatik Uni Eropa, Federica Mogherini, dalam sebuah pernyataan.

Pemerintah Prancis meminta pihak berwenang Turki untuk menunjukkan "penghormatan terhadap prinsip-prinsip demokrasi, pluralisme, keadilan (dan) transparansi".

Verhofstadt, pemimpin Belgia dari kelompok liberal di parlemen Eropa, mengatakan di Twitter bahwa pemilu ulang Istanbul mengancam akan membuat pembicaraan tambahan UE dengan Turki "mustahil".

Kandidat oposisi Ekrem Imamoglu, yang memenangkan pemilihan wali kota tetapi sekarang telah dilucuti dari tugasnya, menggambarkan langkah itu sebagai "berbahaya". Partai CHP yang menaunginya menuduh otoritas pemilu tunduk pada tekanan dari Erdogan.

3 dari 3 halaman

Langkah Terbaik?

Berbicara pada pertemuan parlemen AKP, Erdogan mengatakan bahwa mengulang pemungutan suara adalah "langkah terbaik" bagi negara.

"Kami melihat keputusan ini sebagai langkah terbaik yang akan memperkuat keinginan kami untuk menyelesaikan masalah dalam kerangka demokrasi dan hukum," katanya.

Dia mengklaim bahwa ada "ilegalitas" dalam pemungutan suara dan mengatakan pemilihan ulang akan mewakili "langkah penting untuk memperkuat demokrasi kita".

Namun keputusan yang dijalankan kembali mengatakan telah memecah AKP. Abdullah Gul, pendahulu Erdogan dan salah satu anggota partai pendiri, dilaporkan bersiap untuk membentuk partai baru.

Pemilihan kota berlangsung di Turki pada 31 Maret dan dipandang sebagai referendum tentang kepemimpinan Erdogan di tengah penurunan ekonomi yang tajam.

Meskipun aliansi yang dipimpin Partai AKP memenangkan 51% suara secara nasional, CHP sekuler mengklaim kemenangan di ibu kota Ankara, Izmir, dan di Istanbul - tempat Erdogan pernah menjadi wali kota.

Di Istanbul, lebih dari 8 juta suara diberikan dan Imamoglu yang akhirnya dinyatakan sebagai pemenang dengan selisih kurang dari 14.000.

Partai yang berkuasa sejak itu menentang hasil di Ankara dan Istanbul.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.