Sukses

Flamboyan hingga Bertato, Ini 6 Hal Soal Raja Maha Vajiralongkorn

Raja Thailand Maha Vajiralongkorn sering menjadi perhatian publik baik lokal maupun internasional

Liputan6.com, Bangkok - Maha Vajiralongkorn telah dinobatkan sebagai raja baru Thailand pada Sabtu 4 Mei 2019. Adapun rangkaian acara penobatan akan berlangsung selama tiga hari hingga Senin.

Raja Thailand Maha Vajiralongkorn juga akan menjadi perhatian publik baik lokal maupun internasional. Mengingat, ia adalah figur yang akan memimpin Negeri Gajah selama bertahun-tahun mendatang.

Ia juga kerap dibanding-bandingkan dengan sang ayah yang terdahulu bisa menarik perhatian rakyatnya.

Seperti dikutip dari laman people.com, Senin (6/5/2019), berikut 6 hal seputar Raja Maha Vajiralongkorn:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Menikah 4 Kali

Selain dikenal sebagai figur multi-talenta yang sempat menjadi perwira karier militer hingga menjadi pilot untuk pesawat Boeing-nya, sang raja baru Thailand juga sering kali disorot terkait hubungan pribadinya.

Sebagaimana diketahui, ia telah menikah empat kali. Tiga istri pertamanya telah diceraikan karena alasan tertentu.

Kisah cinta sang raja baru Thailand bermula pada awal 1970an. Saat itu ia menikahi istri pertamanya yang juga masih sepupunya sendiri.

Wanita berdarah biru yang dimaksud bernama Soamsawali Kitiyakara, keponakan Ratu Sirikit. Hingga kini ia sudah menikah untuk keempat kalinya dengan seorang wanita biasa bernama Suthida, yang dahulunya berkerja sebagai pramugari.

3 dari 7 halaman

2. Memiliki 7 Orang Anak dan Anjing bernama Foo Foo

Dari tiga pernikahannya, sang raja sudah memiliki tujuh orang anak. Selain memiliki anak kandung, ia juga menganggap seekor anjing bernama Foo Foo sebagai makhluk terdekatnya.

Yang mengejutkan lagi, Foo Foo kini telah mempunyai gelar sebagai Marsekal Angkatan Udara. Dan gelar militer itu diberikan oleh sang raja.

4 dari 7 halaman

3. Kebal Hukum

Fakta lain soal raja Thailand adalah keberadaannya yang kebal hukum. Meski melakukan pelanggaran, ia tak bisa dipolisikan.

Bahkan sebaliknya, siapa saja yang menghina raja akan dikenakan sanksi bahkan berujung pada kurungan penjara.

5 dari 7 halaman

4. Lebih Sering di Luar Negeri

Raja Thailand Maha Vajiralongkorn lebih sering menghabiskan waktunya di luar negeri. Ia memiliki rumah sangat mewah di Munich.

Pria berusia 66 tahun itu juga pernah menimba ilmu di Inggris dan Australia.

Sang raja baru juga terkenal menjalani kehidupan yang sangat pribadi dan jarang tampil di muka publik.

6 dari 7 halaman

5. Jadi Tentara hingga Pilot

Maha Vajiralongkorn memiliki banyak talenta.

Seusai belajar di Inggris dan Australia, ia bertugas sebagai perwira karier di militer Thailand. Di lembaga itu ia sering melakukan pelatihan dengan pasukan Barat.

Tak hanya berkutat dengan tugas militer, ia juga memiliki hasrat untuk menerbangkan pesawat. Ia sempat menjadi pilot, mengemudikan kapal terbang jenis Boeing 737-nya di Bavaria, Jerman.

Pria dengan banyak keahlian ini berakhir menjadi raja Thailand secara resmi sejak Sabtu, 4 Mei 2019.

7 dari 7 halaman

6. Bertato

Dia disebut sebagai satu-satunya anggota kerajaan (raja) yang memiliki tato, meski itu tidak permanen. Pada tahun 2016, ia difoto di Bandara Munich Jerman untuk menyambut hormat dari kru penerbangan.

Pada momen itu terlihat jelas ia mempunyai tato yang menutupi lengan dan tubuhnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.