Flamboyan hingga Bertato, Ini 6 Hal Soal Raja Maha Vajiralongkorn

Oleh Teddy Tri Setio Berty pada 06 Mei 2019, 20:40 WIB
Raja Baru Thailand Maha Vajiralongkorn (AFP Photo)

Liputan6.com, Bangkok - Maha Vajiralongkorn telah dinobatkan sebagai raja baru Thailand pada Sabtu 4 Mei 2019. Adapun rangkaian acara penobatan akan berlangsung selama tiga hari hingga Senin.

Raja Thailand Maha Vajiralongkorn juga akan menjadi perhatian publik baik lokal maupun internasional. Mengingat, ia adalah figur yang akan memimpin Negeri Gajah selama bertahun-tahun mendatang.

Ia juga kerap dibanding-bandingkan dengan sang ayah yang terdahulu bisa menarik perhatian rakyatnya.

Seperti dikutip dari laman people.com, Senin (6/5/2019), berikut 6 hal seputar Raja Maha Vajiralongkorn:

2 of 7

1. Menikah 4 Kali

Raja Thailand
Raja Thailand, Maha Vajiralongkorn, dan Ratu Suthida menjalani prosesi pernikahan di Bangkok, Thailand. (THAI ROYAL HOUSEHOLD BUREAU / AFP)

Selain dikenal sebagai figur multi-talenta yang sempat menjadi perwira karier militer hingga menjadi pilot untuk pesawat Boeing-nya, sang raja baru Thailand juga sering kali disorot terkait hubungan pribadinya.

Sebagaimana diketahui, ia telah menikah empat kali. Tiga istri pertamanya telah diceraikan karena alasan tertentu.

Kisah cinta sang raja baru Thailand bermula pada awal 1970an. Saat itu ia menikahi istri pertamanya yang juga masih sepupunya sendiri.

Wanita berdarah biru yang dimaksud bernama Soamsawali Kitiyakara, keponakan Ratu Sirikit. Hingga kini ia sudah menikah untuk keempat kalinya dengan seorang wanita biasa bernama Suthida, yang dahulunya berkerja sebagai pramugari.

3 of 7

2. Memiliki 7 Orang Anak dan Anjing bernama Foo Foo

Resmi Dilantik, Raja Baru Thailand Diarak Keliling Kota Bangkok
Raja Thailand Maha Vajiralongkorn diarak menggunakan tandu keliling Kota Bangkok, Thailand, Minggu (5/5/2019). Maha Vajiralongkorn resmi menjabat Raja Thailand menggantikan Raja Bhumibol Adulyadej yang meninggal dunia. (AP Photo/Wason Wanichorn)

Dari tiga pernikahannya, sang raja sudah memiliki tujuh orang anak. Selain memiliki anak kandung, ia juga menganggap seekor anjing bernama Foo Foo sebagai makhluk terdekatnya.

Yang mengejutkan lagi, Foo Foo kini telah mempunyai gelar sebagai Marsekal Angkatan Udara. Dan gelar militer itu diberikan oleh sang raja.

4 of 7

3. Kebal Hukum

Resmi Dilantik, Raja Baru Thailand Diarak Keliling Kota Bangkok
Raja Thailand Maha Vajiralongkorn diarak menggunakan tandu keliling Kota Bangkok, Thailand, Minggu (5/5/2019). Penobatan Maha Vajiralongkorn sebagai Raja Thailand berlangsung dua tahun pasca-selesainya masa berkabung mendiang Raja Bhumibol Adulyadej. (AP Photo/Wason Wanichorn)

Fakta lain soal raja Thailand adalah keberadaannya yang kebal hukum. Meski melakukan pelanggaran, ia tak bisa dipolisikan.

Bahkan sebaliknya, siapa saja yang menghina raja akan dikenakan sanksi bahkan berujung pada kurungan penjara.

5 of 7

4. Lebih Sering di Luar Negeri

Resmi Dilantik, Raja Baru Thailand Diarak Keliling Kota Bangkok
Raja Thailand Maha Vajiralongkorn diarak menggunakan tandu keliling Kota Bangkok, Thailand, Minggu (5/5/2019). Raja Vajiralongkorn yang bergelar Rama X dari Dinasti Chakri mengenakan jubah berhiaskan berlian. (AP Photo/Wason Wanichorn)

Raja Thailand Maha Vajiralongkorn lebih sering menghabiskan waktunya di luar negeri. Ia memiliki rumah sangat mewah di Munich.

Pria berusia 66 tahun itu juga pernah menimba ilmu di Inggris dan Australia.

Sang raja baru juga terkenal menjalani kehidupan yang sangat pribadi dan jarang tampil di muka publik.

6 of 7

5. Jadi Tentara hingga Pilot

Raja Vajiralongkorn dari Thailand (AFP)
Raja Vajiralongkorn dari Thailand (AFP)

Maha Vajiralongkorn memiliki banyak talenta.

Seusai belajar di Inggris dan Australia, ia bertugas sebagai perwira karier di militer Thailand. Di lembaga itu ia sering melakukan pelatihan dengan pasukan Barat.

Tak hanya berkutat dengan tugas militer, ia juga memiliki hasrat untuk menerbangkan pesawat. Ia sempat menjadi pilot, mengemudikan kapal terbang jenis Boeing 737-nya di Bavaria, Jerman.

Pria dengan banyak keahlian ini berakhir menjadi raja Thailand secara resmi sejak Sabtu, 4 Mei 2019.

7 of 7

6. Bertato

Maha Vajiralongkorn Sah Jadi Raja Thailand
Maha Vajiralongkorn mengenakan mahkota ketika dinobatkan sebagai Raja Thailand dengan gelar Rama X dari Dinasti Chakri di Istana Negara, Bangkok, Sabtu (4/5/2019). Upacara penobatan ini akan berlangsung hingga Senin, 6 Mei 2019. (Photo by Thai TV Pool /Thai Tv Pool/AFP)

Dia disebut sebagai satu-satunya anggota kerajaan (raja) yang memiliki tato, meski itu tidak permanen. Pada tahun 2016, ia difoto di Bandara Munich Jerman untuk menyambut hormat dari kru penerbangan.

Pada momen itu terlihat jelas ia mempunyai tato yang menutupi lengan dan tubuhnya.

Lanjutkan Membaca ↓