Sukses

Raja Thailand Maha Vajiralongkorn Pemimpin Terkaya Dunia?

Raja Vajiralongkorn yang baru saja dinobatkan sebagai pemimpin Negeri Gajah Putih disebut-sebut sebagai raja terkaya dunia.

Liputan6.com, Bangkok - Raja Thailand Maha Vajiralongkorn yang baru saja dinobatkan sebagai pemimpin Negeri Gajah Putih disebut-sebut sebagai salah satu raja terkaya dunia oleh Business Insider pada 2018 lalu.

Sang ayah, Raja Bhumibol Adulyadej yang pernah memimpin Thailand sebelumnya, juga sempat disebut sebagai "penguasa kerajaan terkaya di dunia" pada 2011, oleh majalah Forbes. Saat itu, Bhumibol mengalahkan Sultan Brunei.

Berapa Kekayaan Vajiralongkorn?

Menurut Business Insider, Raja Thailand Vajiralongkorn memiliki kekayaan pribadi sekitar US$ 30 miliar (sekira Rp 426 triliun), mengutip The Straits Times pada Sabtu (4/5/2019).

Ia menempati peringkat kelima sebagai penguasa kaya raya, dengan Arab Saudi menempati urutan teratas dengan perkiraan US$ 1,7 triliun (sekira Rp 24.143 triliun).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Aset Raja Vajiralongkorn

Sebagian besar kekayaan Raja Vajiralongkorn disimpan di Crown Property Bureau yang memiliki hak atas 6.560 hektar tanah di Thailand, dengan 40.000 kontrak sewa nasional.

Pada 2017 lalu, Raja Vajiralongkorn mengumumkan status bebas pajak atas tanah tersebut.

Pada tahun yang sama sekretaris pribadi raja, Kepala Udara Marsekal Satitpong Sukvimol, diangkat sebagai ketua Crown Property Bureau yang sebelumnya dipegang oleh Menteri Keuangan.

Aset lain raja adalah saham perusahaan. Dalam sebuah pernyataan tahun lalu, Crown Property Bureau mengumumkan aset yang sebelumnya terdaftar di Crown Property akan berganti menjadi atas nama Raja.Aset yang dimaksud termasuk saham senilai sekitar US$ 9 miliar di perusahaan Siam Cement Group dan Siam Commercial Bank.

Sebagai informasi tambahan, Raja Vajiralongkorn memiliki 23 persen saham di Siam Commercial Bank, pemberi pinjaman terbesar kedua di Thailand, dan 33,3 persen di konglomerat industri terbesar di negara itu, Siam Cement Group.

Kedua perusahaan didirikan berdasarkan keputusan kerajaan pada tahun 1900-an.

Kekayaan lain sang raja adalah emas dan permata. Di antara permata kerajaan Thailand adalah Golden Jubilee Diamond 545,67 karat.

3 dari 3 halaman

Resmi Jadi Raja

Untuk diketahui, Maha Vajiralongkorn telah secara resmi dinobatkan sebagai Raja Thailand pada Sabtu 4 Mei 2019.

Sang raja baru Thailand tampak mengenakan mahkota berlapis emas seberat tujuh kilogram lebih. Upacara penobatan ini akan berlangsung hingga Senin, 6 Mei 2019.

Dalam penobatan, sang raja berumur 66 tahun itu juga mengenakan jubah emas berhiaskan berlian, mengutip Channel News Asia. Sejak hari ini, 4 Mei 2019 ia resmi menjadi raja kesepuluh dinasti Chakri.

Sebetulnya ia telah naik takhta sejak dua tahun lalu setelah meninggalnya sang ayah, raja Thailand sebelumnya, Bhumibol Adulyadej. Namun penobatan baru dapat dilaksanakan setelah masa berkabung usai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.