Raja Thailand Maha Vajiralongkorn Pemimpin Terkaya Dunia?

Oleh Siti Khotimah pada 04 Mei 2019, 16:46 WIB
Maha Vajiralongkorn Sah Jadi Raja Thailand

Liputan6.com, Bangkok - Raja Thailand Maha Vajiralongkorn yang baru saja dinobatkan sebagai pemimpin Negeri Gajah Putih disebut-sebut sebagai salah satu raja terkaya dunia oleh Business Insider pada 2018 lalu.

Sang ayah, Raja Bhumibol Adulyadej yang pernah memimpin Thailand sebelumnya, juga sempat disebut sebagai "penguasa kerajaan terkaya di dunia" pada 2011, oleh majalah Forbes. Saat itu, Bhumibol mengalahkan Sultan Brunei.

Berapa Kekayaan Vajiralongkorn?

Menurut Business Insider, Raja Thailand Vajiralongkorn memiliki kekayaan pribadi sekitar US$ 30 miliar (sekira Rp 426 triliun), mengutip The Straits Times pada Sabtu (4/5/2019).

Ia menempati peringkat kelima sebagai penguasa kaya raya, dengan Arab Saudi menempati urutan teratas dengan perkiraan US$ 1,7 triliun (sekira Rp 24.143 triliun).

2 of 3

Aset Raja Vajiralongkorn

Maha Vajiralongkorn Sah Jadi Raja Thailand
Maha Vajiralongkorn duduk bersama Ratu Suthida selama penobatan Raja baru Thailand di Istana Negara, Bangkok (4/5/2019). Prosesi serupa terjadi pada 1950 silam, saat Raja Bhumibol Adulyadej dinobatkan sebagai pemimpin Thailand saat itu. (Photo by Handout/Thai Royal Household Bureau/AFP)

Sebagian besar kekayaan Raja Vajiralongkorn disimpan di Crown Property Bureau yang memiliki hak atas 6.560 hektar tanah di Thailand, dengan 40.000 kontrak sewa nasional.

Pada 2017 lalu, Raja Vajiralongkorn mengumumkan status bebas pajak atas tanah tersebut.

Pada tahun yang sama sekretaris pribadi raja, Kepala Udara Marsekal Satitpong Sukvimol, diangkat sebagai ketua Crown Property Bureau yang sebelumnya dipegang oleh Menteri Keuangan.

Aset lain raja adalah saham perusahaan. Dalam sebuah pernyataan tahun lalu, Crown Property Bureau mengumumkan aset yang sebelumnya terdaftar di Crown Property akan berganti menjadi atas nama Raja.Aset yang dimaksud termasuk saham senilai sekitar US$ 9 miliar di perusahaan Siam Cement Group dan Siam Commercial Bank.

Sebagai informasi tambahan, Raja Vajiralongkorn memiliki 23 persen saham di Siam Commercial Bank, pemberi pinjaman terbesar kedua di Thailand, dan 33,3 persen di konglomerat industri terbesar di negara itu, Siam Cement Group.

Kedua perusahaan didirikan berdasarkan keputusan kerajaan pada tahun 1900-an.

Kekayaan lain sang raja adalah emas dan permata. Di antara permata kerajaan Thailand adalah Golden Jubilee Diamond 545,67 karat.

3 of 3

Resmi Jadi Raja

Maha Vajiralongkorn Sah Jadi Raja Thailand
Maha Vajiralongkorn mengenakan mahkota ketika dinobatkan sebagai Raja Thailand dengan gelar Rama X dari Dinasti Chakri di Istana Negara, Bangkok, Sabtu (4/5/2019). Upacara penobatan ini akan berlangsung hingga Senin, 6 Mei 2019. (Photo by Thai TV Pool /Thai Tv Pool/AFP)

Untuk diketahui, Maha Vajiralongkorn telah secara resmi dinobatkan sebagai Raja Thailand pada Sabtu 4 Mei 2019.

Sang raja baru Thailand tampak mengenakan mahkota berlapis emas seberat tujuh kilogram lebih. Upacara penobatan ini akan berlangsung hingga Senin, 6 Mei 2019.

Dalam penobatan, sang raja berumur 66 tahun itu juga mengenakan jubah emas berhiaskan berlian, mengutip Channel News Asia. Sejak hari ini, 4 Mei 2019 ia resmi menjadi raja kesepuluh dinasti Chakri.

Sebetulnya ia telah naik takhta sejak dua tahun lalu setelah meninggalnya sang ayah, raja Thailand sebelumnya, Bhumibol Adulyadej. Namun penobatan baru dapat dilaksanakan setelah masa berkabung usai.

Lanjutkan Membaca ↓