Sukses

Sah, Maha Vajiralongkorn Jadi Raja Thailand

Maha Vajiralangkorn resmi dinobatkan sebagai raja Thailand.

Liputan6.com, Bangkok - Maha Vajiralongkorn telah secara resmi dinobatkan sebagai Raja Thailand pada Sabtu 4 Mei 2019.

Sang raja baru Thailand tampak mengenakan mahkota berlapis emas seberat tujuh kilogram lebih. Upacara penobatan ini akan berlangsung hingga Senin, 6 Mei 2019.

Dalam penobatan, sang raja berumur 66 tahun itu juga mengenakan jubah emas berhiaskan berlian, mengutip Channel News Asia pada Sabtu (4/5/2019). Hari ini, 4 Mei 2019 ia resmi menjadi raja kesepuluh dinasti Chakri.

Sebetulnya ia telah naik takhta sejak dua tahun lalu setelah meninggalnya sang ayah, raja Thailand sebelumnya, Bhumibol Adulyadej. Namun penobatan baru dapat dilaksanakan setelah masa berkabung usai.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Prosesi

Upacara penobatan dimulai dengan Raja Vajiralongkorn mengenakan jubah putih. Salah satu sisi jubahnya terbuka meninggalkan bahunya telanjang. Wajah sang raja baru kemudian diseka dengan air suci yang telah dikumpulkan dari seluruh Thailand. Prosesi ini berlangsung di Grand Palace.

Pada pukul 10.09 pagi waktu setempat, publik diberikan pemandangan langka. Mereka dapat melihat ke aula kerajaan Thailand saat ritual kunci penobatan dimulai.

Dalam proses itu hadir kaum Hindu Brahma. Mereka menjadi saksi transformasi Maha Vajiralongkorn, Rama X, dari manusia menjadi sosok dewa.

Penobatan ini adalah momen bersejarah yang langka. Prosesi serupa terjadi pada 1950 silam, saat Raja Bhumibol Adulyadej dinobatkan sebagai pemimpin Thailand saat itu.

3 dari 3 halaman

Warga Antusias

Warga Thailand menyambut dengan antusias raja baru mereka.

"Saya senang memiliki kesempatan untuk menjadi bagian dari peristiwa ini," kata Jakarin Kerdchok (16) seorang siswa.

Tak hanya warga Thailand, para turis juga menyaksikan. Mereka tampak penasaran, yang berjajar di jalan-jalan, di antara ratusan petugas berseragam putih.

Untuk diketahui, Vajiralongkorn (66) kurang dikenal oleh publik Thailand. Ia diketahui telah menikah beberapa kali dan telah menceraikan ketiga istrinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini