Darah Biru hingga Aktris, Ini Sosok 3 Mantan Istri Raja Thailand

Oleh Siti Khotimah pada 04 Mei 2019, 12:51 WIB
Raja Vajiralongkorn dari Thailand (AFP)

Liputan6.com, Bangkok - Maha Vajiralongkorn akan dinobatkan sebagai raja baru Thailand pada hari ini, Sabtu 4 Mei 2019. Upacara akan berlangsung selama tiga hari hingga Senin, 6 Mei 2019.

Vajiralongkorn sering menjadi pusat perhatian. Ia adalah figur multi-talenta yang sempat menjadi perwira karier militer hingga menjadi pilot untuk pesawat Boeingnya.

Meski demikian, sang raja baru Thailand juga sering kali disorot terkait hubungan pribadinya. Sebagaimana diketahui, ia telah menikah empat kali. Tiga istri pertamanya telah diceraikan karena alasan tertentu.

Berikut adalah ketiga mantan istri Raja Thailand Maha Vajiralongkorn, mengutip laman The Weekly Times pada Sabtu (4/5/2019).

2 of 4

1. Wanita Darah Biru

Raja Thailand Maha Vajiralongkorn
Raja Thailand Maha Vajiralongkorn (Bureau of the Royal Household Thailand via AP)

Kisah cinta sang raja baru Thailand bermula pada awal 1970an. Saat itu ia menikahi istri pertamanya yang juga masih sepupunya sendiri.

Wanita berdarah biru yang dimaksud bernama Soamsawali Kitiyakara, keponakan Ratu Sirikit. Pernikahan Vajiralongkorn dan Soamsawali berawal dari perjodohan.

Sayangnya, pernikahan keduanya tidak mulus. Selama pernikahan, Vajiralongkorn terlibat dalam skandal perselingkuhan dengan seorang aktris.

Bahtera pernikahan Maha Vajiralongkorn kdengan Soamsawali kemudian kandas pada 1993. Meski demikian, Soamsawali tetap menjadi bagian dari kerajaan.

3 of 4

2. Aktris

Putri Kerajaan Thailand
Raja Thailand Maha Vajiralongkorn bersama anggota keluarga kerajaan lainnya mengikuti prosesi kremasi almarhum Raja Bhumibol Adulyadej di Bangkok, Thailand (26/10). (AP Photo/Kittinun Rodsupan)

Saat masih berstatus sebagai suami Soamsawali, Vajiralongkorn telah membina hubungan dengan Sujarinee Vivacharawongse yang merupakan seorang aktris. Nama panggung perempuan cantik itu adalah Yuvadhida Suratsawadee dan sering berjuluk Benz.

Menurut Weekly Times, Maha Vajiralongkorn saat itu bahkan telah menjadi ayah dari lima anak di luar pernikahan.

Namun kemudian sang raja menikahi Sujarinee sebagai istri kedua pada 1994. Saat itu, Putri Soamsawali dipindahkan ke tugas yang lebih kecil di dalam keluarga kerajaan.

Kisah pernikahan Vajiralongkorn dan Sujarinee tak berakhir lama. Pada 1996, sekitar tiga tahun setelah menikah, keduanya bercerai.

4 of 4

3. Wanita Cantik

Status Bangsawan Istri Putra Mahkota Thailand Dicabut
Pencabutan satus itu diajukan sendiri oleh Srirasmi secara tertulis, kepada Raja Thailand Bhumibol Adulyadej.

Usai bercerai dengan Sujarinee, Maha Vajiralongkorn menikahi Srirasmi Suwadee pada 2001. Srirasmi adalah perempuan cantik yang telah menjadi pelayan pangeran sejak berumur 22 tahun.

Wanita kelahiran 9 Desember 1971 itu sempat mengenyam pendidikan di salah satu universitas negeri di Bangkok.

Pernikahannya dengan Vajiralongkorn bertahan cukup lama yakni hingga 2014. Keduanya sering terlihat bersama, bahkan dalam sebuah pesta ulang tahun anjing milik sang raja baru. Dalam pesta itu, Srirasmi disebut-sebut tampil telanjang.

Tak lama setelah perceraian, Srirasmi dilaporkan mengundurkan diri dari keluarga kerajaan Thailand dan kembali sebagai rakyat jelata.

Beberapa minggu sebelum perceraian, terjadi serangkaian penangkapan terhadap kerabat dekat Srirasmi. Mereka diduga terlibat korupsi, tampaknya mengisyaratkan bahwa perpisahan akan segera terjadi.

Pamannya, mantan kepala Biro Investigasi Pusat di Pongpat Chayapan, didakwa dengan korupsi termasuk dugaan pemerasan dan penyelundupan minyak, mengutip The Diplomat.

Sementara itu, tiga saudara lelakinya, Natthapol, Sitthisak, dan Narong, serta saudara perempuannya Sudathip juga dituduh mencemarkan nama baik monarki Thailand. Akibatnya, Vajiralongkorn meminta agar pemerintah menghapus nama keluarga yang diberikan kerajaan kepada keluarga istrinya, yakni Akkrapongpreecha.

Raja Bhumibol Adulyadej dilaporkan telah menawarkan 200 juta baht (sekira Rp 89 miliar) untuk mengkompensasi perceraian.

Sementara itu, Srirasmi harus meninggalkan anak satu-satunya, Pangeran Dipankorn Rasmichoti kepada Maha Vajiralongkorn.

Pangeran Dipankorn itu telah berangkat dari Bangkok pada 12 Desember 2014 ke Munich, dan akan bersekolah di sana. Saat ini, pangeran turut diasuh oleh Suthida Vajiralongkorn yang merupakan permaisuri raja Thailand, secara resmi menikah pada 2 Mei 2019.

Lanjutkan Membaca ↓