Fakta dan Kontroversi Raja Baru Thailand

Oleh Siti Khotimah pada 04 Mei 2019, 09:30 WIB
Raja Vajiralongkorn dari Thailand (AFP)

Liputan6.com, Bangkok - Maha Vajiralongkorn akan dinobatkan sebagai raja baru Thailand pada hari ini, Sabtu 4 Mei 2019. Adapun rangkaian acara penobatan akan berlangsung selama tiga hari hingga Senin.

Raja Thailand Maha Vajiralongkorn sering menjadi perhatian publik baik lokal maupun internasional. Mengingat, ia adalah figur yang akan memimpin Negeri Gajah selama bertahun-tahun mendatang.

Berikut adalah fakta dan kontroversi yang dimiliki oleh raja baru Thailand Maha Vajiralongkorn, dikutip dari laman Time pada Sabtu (4/5/2019).

2 of 7

1. Lebih Sering di Luar Negeri

Raja Thailand Maha Vajiralongkorn dan mantan istrinya
Raja Thailand Maha Vajiralongkorn dan mantan istrinya (Standard.co.uk)

Raja Thailand Maha Vajiralongkorn lebih sering menghabiskan waktunya di luar negeri. Ia memiliki rumah sangat mewah di Munich.

Pria berusia 66 tahun itu juga pernah menimba ilmu di Inggris dan Australia.

Sang raja baru juga terkenal menjalani kehidupan yang sangat pribadi dan jarang tampil di muka publik.

3 of 7

2. Jadi Tentara hingga Pilot

Raja Thailand
Raja Thailand, Maha Vajiralongkorn, dan Ratu Suthida menjalani prosesi pernikahan di Bangkok, Thailand. (THAI ROYAL HOUSEHOLD BUREAU / AFP)

Maha Vajiralongkorn memiliki banyak talenta.

Seusai belajar di Inggris dan Australia, ia bertugas sebagai perwira karier di militer Thailand. Di lembaga itu ia sering melakukan pelatihan dengan pasukan Barat.

Tak hanya berkutat dengan tugas militer, ia juga memiliki hasrat untuk menerbangkan pesawat. Ia sempat menjadi pilot, mengemudikan kapal terbang jenis Boeing 737-nya di Bavaria, Jerman.

Pria dengan banyak keahlian ini berakhir menjadi raja Thailand secara resmi sejak Sabtu, 4 Mei 2019.

4 of 7

3. Kontroversi

Putri Kerajaan Thailand
Raja Thailand Maha Vajiralongkorn bersama anggota keluarga kerajaan lainnya mengikuti prosesi kremasi almarhum Raja Bhumibol Adulyadej di Bangkok, Thailand (26/10). (AP Photo/Kittinun Rodsupan)

Sang raja baru juga memiliki kontroversi. Pada 2016, ia diketahui berjalan melalui pusat perbelanjaan Jerman mengenakan crop top dan memperlihatkan tatonya. Hal itu diketahui dari sebuah video yang muncul di Facebook.

Rekaman itu diketahui telah diambil oleh seorang warga Thailand. Namun kemudian, pihak Facebook didesak untuk memblokir video agar tidak dilihat oleh warga Negeri Gajah Putih.

5 of 7

4. Anjingnya Bergelar Marsekal

Ilustrasi anjing pelacak (AFP)
Ilustrasi anjing pelacak (AFP)

Sang raja baru sepertinya sosok penyayang binatang. Ia memiliki anjing bernama Foo-Foo.

Sang anjing kemudian diberi gelar sebagai Marsekal Angkatan Udara.

6 of 7

5. Bercerai Tiga Kali

Raja Thailand Maha Vajiralongkorn
Raja Thailand Maha Vajiralongkorn (Bureau of the Royal Household Thailand via AP)

Hubungan pribadi Raja Thailand Maha Vajiralongkorn sering menjadi perbincangan publik.

Ia diketahui telah bercerai tiga kali. Pada 2014, beberapa anggota keluarga dari mantan istrinya yang terakhir, Srirasmi Suwadee, dipenjara akibat tuduhan karena tuduhan penghinaan terhadap kerajaan, penyalahgunaan hubungan dengan kerajaan, pencurian serta penyuapan.

7 of 7

6. Permaisuri Baru

Raja Thailand Vajiralongkorn dan Ratu Suthida
Raja Thailand Vajiralongkorn dan Ratu Suthida (Sumber: New Straits Times)

Awal pekan ini, lembaran resmi kerajaan memberitahukan bahwa Vajiralongkorn sekarang menikah secara resmi dengan mantan pramugari Thai Airways.

Suthida Vajiralongkorn Na Ayudhya, sang istri,diketahui bertemu dengan raja pada penerbangan beberapa tahun yang lalu. Vajiralongkorn kemudian menunjuknya sebagai wakil pengawal kerajaan.

Pada Desember 2016, Suthida dipromosikan menjadi jenderal di pasukan Kerajaan Thailand. Ia juga mendapatkan sejumlah penghargaan kerajaan.

Menurut laporan media, wanita berusia 40 tahun itu pernah mengenyam pendidikan di sebuah universitas swasta di Bangkok. Saat itu, ia belajar ilmu komunikasi.

Lanjutkan Membaca ↓