Sukses

Ada 2 Ancaman Bom, Sri Lanka Tunda Sementara Misa Minggu

Gereja merencanakan untuk memulai Misa Minggu lagi untuk pertama kalinya sejak serangan teror 21 April 2019. Tapi hal itu kembali ditunda untuk sementara.

Liputan6.com, Kolombo - Gereja Katolik di Sri Lanka telah membatalkan rencana untuk melanjutkan Misa Minggu pada 28 April 2019. Langkah itu dilakukan setelah menerima informasi ancaman spesifik serangan bom baru, terhadap setidaknya dua tempat ibadah, kata seorang jurubicara.

Pada Kamis 2 Mei 2019, juru bicara pihak gereja Katolik mengatakan pada AFP bahwa Uskup Agung Kolombo, Kardinal Malcolm Ranjith, rencananya ingin melanjutkan misa reguler mulai 5 Mei. Kendati demikian, setelah mengetahui informasi baru itu, ia terpaksa memutuskan menunda ibadah tersebut tanpa batas waktu.

"Atas saran pasukan keamanan, kami telah memutuskan untuk tidak menggelar misa hari Minggu di gereja mana pun. Ada ancaman khusus terhadap dua lokasi," kata juru bicara itu seperti dikutip dari Channel News Asia, Kamis (2/5/2019).

Pihak gereja di Sri Lanka telah merencanakan untuk memulai kembali pelayanan publiknya pada Minggu 28 April, untuk pertama kalinya sejak serangan Minggu Paskah 21 April.

Minggu lalu kardinal mengadakan misa pribadi yang disiarkan langsung di televisi, setelah membatalkan semua layanan publik.

Pada Selasa 30 April, ia mengatakan telah memantau dengan saksama penyelidikan serangan bom bunuh diri 21 April terhadap tiga gereja dan tiga hotel mewah. Ia ingin memastikan situasi sudah aman sebelum kembali menggelar layanan reguler.

Layanan itu dibatalkan sehari setelah semua partai politik membatalkan unjuk rasa May Day di tengah kekhawatiran ledakan bom.

Kardinal berharap bisa memulai layanan misa reguler di beberapa gereja mulai hari Minggu dan kemudian berkembang tergantung pada situasinya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Petugas Bersenjata Bersiaga

Sejauh ini penjaga bersenjata telah ditempatkan di luar gereja di seluruh negeri sejak serangan pada Minggu Paskah. Kardinal pun diberikan pengawalan dan kontingen keamanan yang besar.

Namun, ia mengembalikan limusin anti peluru yang diberikan oleh pemerintah dan sebagai gantinya bepergian dengan mobil biasa.

"Saya tidak takut. Saya tidak perlu kendaraan anti-peluru untuk pergi. Tuhan adalah pelindung saya," katanya. "Tapi aku ingin keamanan untuk rakyatku, dan untuk negara."

Ranjith mengatakan dia prihatin dengan kemajuan operasi keamanan terhadap para jihadis di balik serangan satu hari, yang terburuk terhadap warga sipil dalam sejarah negara itu.

Pihak gereja juga menyerukan hukum yang lebih keras untuk berurusan dengan para pelaku.

Polisi mengatakan mereka telah menangkap lebih dari 150 tersangka sejak serangan itu, dan memburu enam militan.

"Dua tersangka telah terbunuh sementara empat lainnya ditahan," kata polisi.

3 dari 3 halaman

Korban Menjadi 257 Orang

Presiden Maithripala Sirisena mengumumkan pada hari Jumat bahwa pihak berwenang yakin ada 140 militan yang terinspirasi ISIS di Sri Lanka. Dia juga memerintahkan pasukan keamanan untuk melacak mereka.

Serangan bom pada Minggu Paskah disalahkan  pada kelompok Jamaah Thowheeth Nasional (NTJ) yang pemimpinnya termasuk di antara pelaku bom bunuh diri. Kelompok itu telah berjanji sumpah setia kepada ISIS.

Korban tewas dari serangan dilaporkan telah meningkat menjadi 257, pihak berwenang mengatakan Kamis 2 Mei pagi, memperingatkan bahwa jumlah akhir bisa saja meningkat.

Paling tidak 40 orang yang tewas adalah orang asing, dengan beberapa turis dilaporkan hilang.

Menurut hitungan terakhir, 496 yang terluka dirawat di rumah sakit. 47 di antaranya masih dirawat dan 12 dari mereka dalam perawatan intensif.

Pemerintah telah menurunkan jumlah korban dari 350 orang pekan lalu, menyalahkan penghitungan ganda jasad yang tak utuh akibat enam ledakan bom.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.