Burger Raksasa hingga Libur 10 Hari, Ini 3 Hal Unik Menyambut Kaisar Baru Jepang

Oleh Teddy Tri Setio Berty pada 01 Mei 2019, 19:45 WIB
Diperbarui 03 Mei 2019, 16:13 WIB
Burger Raksasa

Liputan6.com, Tokyo - Suka cita menyambut kaisar yang baru setelah Akihito memutuskan untuk turun takhta sangat terasa di Negeri Sakura.

Kaisar baru Jepang Naruhito secara resmi menjadi pemimpin takhta Krisantemum pada Rabu 1 Mei 2019 waktu setempat. Tepat sehari setelah sang ayah menjadi kaisar pertama yang turun takhta dalam dua abad.

Sejumlah hal dirayakan oleh warga Jepang untuk menyambut hari bahagia tersebut. Ada yang meluncurkan makanan berukuran raksasa dengan harga super mahal hingga libur nasional selama 10 hari.

Seperti dikutip dari berbagai sumber, Rabu (1/5/2019), berikut 3 hal unik yang dilakukan untuk menyambut kaisar dan era baru di Jepang:

2 of 4

1. Burger Raksasa

Putri Masako
Putri Masako bersama Pangeran Naruhito bersiap untuk kunjungan ke Brasil, 16 Maret 2018. (TOSHIFUMI KITAMURA / POOL / AFP/Asnida Riani)

Untuk menyambut kaisar yang baru, sebuah restoran di Tokyo, Jepang meluncurkan sebuah menu baru. Menu tersebut adalah burger daging sapi wagyu seukuran bola yang digunakan untuk pertandingan sepak bola.

Wajar jika harga satu burger dipatok senilai 100.000 yen (atau setara Rp 12,7 juta) satu porsi. Sebab, selain dibuat dari daging berkualitas baik, burger ini juga dibuat dengan campuran emas.

Dikutip dari laman Straits Times, menu makanan ini dinamai Golden Giant Burger. Dijual pada hari ini untuk menandai pembukaan era Reiwa.

3 of 4

2. Libur 10 Hari

Putra Mahkota Naruhito
Putra Mahkota Naruhito (sumber: nippon)

10-day Golden Week holiday atau hari libur selama 10 hari juga dilakukan guna menyambut kaisar yang baru.

Dikutip dari laman Japan Today, banyak orang yang memilih untuk menikmati masa liburan dengan keluarga. Jalan tol pun padat dengan kendaraan.

Namun, tak semua mereka bahagia. Sebagian bahkan merasa bingung harus berbuat apa. Sehingga hanya memilih tinggal di dalam rumah.

Jumlah wisatawan dari Jepang yang melakukan perjalanan di dalam negeri dan luar negeri diperkirakan akan mencapai rekor tertinggi.

Agen perjalanan JTB Corp mengatakan 24,67 juta orang akan melakukan perjalanan antara 25 April dan 5 Mei, naik 1,2 persen dari periode yang sama tahun lalu, dengan 24,01 juta untuk perjalanan domestik dan 662.000 pergi ke luar negeri, keduanya merupakan rekor tertinggi.

 

4 of 4

3. Kuil Kyoto Menampilkan Patung Buddha Langka

Putra Mahkota Naruhito
Putra Mahkota Naruhito (sumber: nippon)

Para pengunjung ramai-ramai memenuhi kuil Chorakuji pada 1 Mei 2019 untuk merasakan kesempatan langka, yaitu melihat patung dewa Buddha yang hanya ditunjukkan pada kenaikan seorang kaisar baru.

Pengunjung memanjatkan doa ketika patung Juntei Kannon terlihat di Bangsal Higashiyama. Patung dewa setinggi 40 sentimeter untuk kebijaksanaan dan harmoni itu berdiri di atas bunga lotus yang dijaga oleh dua naga, demikian dikutip dari laman asahi.com.

Kehadiran patung Buddha ini menandai kenaikan Putra Mahkota Naruhito sebagai kaisar baru setelah Akihito turun takhta.

Lanjutkan Membaca ↓