25-4-2015: Gempa Bumi 20 Detik di Nepal, Nyaris 9.000 Orang Tewas

Oleh Tanti Yulianingsih pada 25 Apr 2019, 06:00 WIB
Gempa Bumi

Liputan6.com, Kathmandu - Tanah Nepal berguncang keras pada 25 April 2015 pukul 11.56 waktu setempat. Gempa bumi bermagnitudo 7,8 memorak-porandakan wilayah timur-tenggara Lamjung.

Menurut Daily Mail edisi 26 April 2015, gempa bumi Nepal 2015 yang juga disebut gempa bumi Himalaya terjadi dengan episentrum sekitar 29 km dari timur-tenggara Lamjung, Nepal. Pusat lindu tercatat pada kedalaman sekitar 15 km (9,3 mi).

Peristiwa tersebut merupakan gempa bumi paling kuat yang mengguncang Nepal sejak gempa bumi Nepal - Bihar 1934.

Setidaknya 8.947 orang dilaporkan tewas akibat dari gempa bumi yang dikabarkan mengguncang Nepal dan beberapa wilayah utara India, Tiongkok, dan Bangladesh. Sejumlah bangunan kuno berusia berabad-abad yang masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO di Lembah Kathmandu hancur, termasuk beberapa bangunan di Kathmandu Durbar Square atau Alun-Alun Kathmandu Durbar dan menara Dharahara di Kathmandu.

Gempa itu dilaporkan berlangsung sekitar dua puluh detik. Awalnya dilaporkan bermagnitudo 7,5 oleh United States Geological Survey (USGS) sebelum di revisi menjadi magnitudo 7,8.

China Earthquake Networks Center (CENC) melaporkan gempa bermagnitudo 8,1.

Sementara itu, India Meteorological Department (IMD) menyebut ada dua gempa kuat di Nepal pada pukul 06.11 UTC dan 06.45 UTC.

Lindu pertama terukur dengan magnitudo 7,8 dan berpusat 80 km barat laut Kathmandu, ibu kota Nepal. Gempa kedua cukup kuat berkekuatan magnitudo 6,6. Terjadi di 65 km timur Kathmandu dengan kedalaman 10 km.

Lebih dari lima puluh lindu susulan bermagnitudo 4,5 atau lebih pasca-gempa bumi utama berkekuatan magnitudo 7,8 dan 6,6.

2 of 3

Intensitas Getaran

Gempa Bumi
Ilustrasi Gempa Bumi (iStockphoto)

Menurut "Did You Fel It?" (DYFI?) di situs website USGS, intensitas getaran di Kathmandu mencapai IX MMI (Keras).

Getaran terasa hingga negara tetangga di antaranya negara bagian India seperti Bihar, Uttar Pradesh, Assam, West Bengal, Sikkim, Jharkhand, Uttarakhand, Gujarat hingga ibu kota India yaitu New Delhi dan selatan Karnataka. Banyak bangunan runtuh di Bihar, retakan kecil pada tembok rumah di laporkan di Odisha.

Gempa kecil juga dilaporkan terasa di Kochi, selatan negara bagian Kerala. Intensitas getaran di Patna mencapai V MMI (Sedang).

Intensitas getaran IV MMI (Ringan) di Dhaka, Bangladesh. Gempa juga di rasakan di barat daya Tiongkok mulai dari Tibet hingga Chengdu, yang berjarak 1.900 km dari episentrum. Getaran juga terasa di Pakistan dan Bhutan.

3 of 3

Gempa Bumi Susulan

Gempa Bumi
Ilustrasi Gempa Bumi (iStockphoto)

Gempa bumi susulan besar bermagnitudo 6,7 dilaporkan terjadi sehari setelahnya pada 26 April 2015, di lokasi sama pada pukul 12.55 NST (07.09 UTC). 17 km selatan Kodari, Nepal.

Gempa bumi susulan menyebabkan longsoran salju baru di gunung Everest dan dirasakan banyak tempat di utara India seperti Kolkata, Siliguri, Jalpaiguri dan Assam. Gempa bumi susulan menyebabkan tanah longsor di Jalan Raya Koshi yang memblokir sebagian jalan di antara Bhedetara dan Mulghat.

Gempa susulan juga melanda Tibet dengan kekuatan magnitudo 5,9 pada 25 April 2015 pukul 15.02 NST. Puluhan rumah di Tibet mengalami kerusakan. 20 orang tewas dan 58 orang cedera.

Lanjutkan Membaca ↓