Gempa Kuat Magnitudo 6 Guncang Bagian Timur India

Oleh Siti Khotimah pada 24 Apr 2019, 08:23 WIB
Gempa Bumi

Liputan6.com, New Delhi - Gempa bermagnitudo 6,0 melanda Negara Bagian Arunachal Pradesh, wilayah timur laut dari India. Getaran itu tercatat pada Rabu 24 April 2019, pukul 01.45 pagi waktu setempat atau 03.15 Waktu Indonesia Barat (WIB).

Titik pusat gempa dikategorikan dangkal, yakni berada pada kedalaman 30 kilometer, menurut data dari European-Mediterranean Seismological Centre (EMSC). Episentrum itu terletak 38 kilometer sebelah barat laut dari Kota Along atau 175 kilometer timur laut Kota Itanagar.

Arunachal Pradesh adalah negara bagian India yang berpenduduk paling sedikit, tapi menampung lebih dari 1,2 juta orang. Informasi tersebut diberikan oleh situs web pemerintah negara bagian, mengutip Channel News Asia pada Rabu (24/4/2019).

Kantor berita resmi pemerintah China Xinhua mengatakan gempa itu terasa di Tibet, yang bertetangga dengan negara bagian India.

Hingga berita ini terbit, masih belum diketahui dampak lindu yang dimaksud. USGS mengatakan adanya "kemungkinan rendah" gempa menimbulkan korban dan kerusakan.

Untuk diketahui, New Delhi dan Beijing selama beberapa dekade telah memperdebatkan kontrol Arunachal Pradesh - sengketa yang masih belum terselesaikan hingga sekarang.

India menganggap Arunachal Pradesh sebagai salah satu negara bagian timur lautnya, sementara China mengklaim sekitar 90.000 kilometer persegi wilayah itu.

Arunachal Pradesh juga berbatasan dengan Myanmar dan Bhutan.

Tag Terkait