Jokowi-Ma'ruf Raup 1.114 Suara di Amerika Serikat, Prabowo-Sandi 352

Oleh Afra Augesti pada 20 Apr 2019, 12:34 WIB
Rekapitulasi Surat Suara di Washington D.C.

Liputan6.com, Washington DC - Penghitungan surat suara untuk pemilu luar negeri Indoensia di Amerika Serikat telah selesai. Rekapitulasi sudah mulai dilaksanakan pada Rabu, 17 April 2019 di gedung Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Washington, D.C.

Proses penghitungan surat suara dilakukan hampir 9 jam, yakni mulai pukul 13.40 hingga 22.30 waktu setempat dan disaksikan langsung atau pun live streaming oleh WNI di sana.

Hasil akhir menunjukkan bahwa calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01, Jokowi-Ma'ruf Amin memperoleh 1.114 suara (684 dari tempat pemungutan suara atau TPS dan 430 dari pos).

Sedangkan pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto- Sandiaga Uno meraup 352 suara (236 dari TPS dan 116 dari pos). Sementara itu, total surat suara tidak sah sebanyak 70 buah.

Untuk partai yang mendominasi di Washington D.C. adalah PDIP dan PSI, yang masing-masing mendapatkan 366 suara dan 359 suara. Demikian seperti bunyi keterangan resmi dari KBRI Washington, D.C. yang diterima oleh Liputan6.com pada Sabtu (20/4/2019).

Dubes Indonesia untuk Amerika Serikat, Mahendra Siregar, dalam sambutannya menyampaikan rasa bangganya karena pemilu Indonesia di Washington, D.C. dapat berjalan dengan baik.

"Selain merupakan bukti semakin matangnya proses demokrasi Indonesia, kesuksesan pemilu kali ini juga menandakan kuatnya kombinasi antara demokrasi dengan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia, yaitu persatuan dalam kebhinekaan, persaudaraan, dan gotong royong," ujar Dubes Mahendra.

"Kita patut bangga karena menjadi bagian dari proses transformasi yang luar biasa ini. Kini Indonesia menjadi negara demokrasi presidensial terbesar di dunia. Bahkan kita sekarang menjadi tolok ukur keberhasilan proses demokrasi. Tidak saja di antara sesama negara berkembang, namun juga dengan negara-negara maju," lanjutnya.

2 of 2

Apresiasi

Rekapitulasi Surat Suara di Washington D.C.
Rekapitulasi Surat Suara di Washington D.C., Amerika Serikat. (KBRI Washington D.C.)

Mahendra Siregar juga menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN), Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri (KPPSLN), Panitia pengawas pemilu (Panwaslu) luar negeri, para saksi, serta seluruh WNI di Washington, D.C. dan sekitarnya atas kerja keras dan partisipasi aktif mereka dalam mensukseskan gelaran Pesta Demokrasi ini.

"Capaian penting pada hari ini tidak terlepas dari kerja keras, dedikasi, serta pengorbanan waktu dan pikiran semua yang terlibat dalam pemilu ini. Oleh karena itu, saya mengucapkan banyak terima kasih," tutur Dubes Mahendra.

Ketua PPLN Washington, D.C., Andang Purnama, menyampaikan rasa terimakasihnya kepada KBRI Washington, D.C. atas komitmen, kontribusi dan fasilitasi yang telah diberikan.

"Kesuksesan dan kelancaran pemilu ini adalah bukti sinergi yang sangat baik antara KBRI Washington, D.C. dengan PPLN beserta seluruh elemen penyelenggara pemilu serta masyarakat Indonesia pada umumnya," ujar Andang.

Proses penghitungan surat suara pos dan TPS dilakukan di ruangan berbeda secara paralel.

Lanjutkan Membaca ↓