Sukses

Jokowi - Ma'ruf Menang Penghitungan Suara Pemilu di Toronto

Paslon nomor urut satu, Joko Widodo dan Ma'ruf Amin, meraih perolehan suara tertinggi dalam penghitungan pemilu oleh PPLN Toronto, Kanada.

Liputan6.com, Toronto - Pasangan capres dan cawapres nomor urut satu, Joko Widodo dan Ma'ruf Amin, menguasai hasil penghitungan suara dalam pemilu yang digelar oleh Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Toronto, Kanada.

Jokowi-Ma'ruf memimpin dengan 1.549 suara (86,8 persen), sedangkan paslon nomor urut dua, Prabowo-Sandi, memperoleh 214 suara, demikian sebagaimana siaran pers yang diterima Liputan6.com pada Jumat (19/4/2019).

PPLN Toronto mengadakan pemilu pada 13 April lalu, bertempat di gedung Konsulat Jenderal RI setempat. Terdapat 1.784 suara, hasil dari rekapitulasi pemilihan via TPSLN dan jasa pos, yang berpartisipasi dalam pesta demokrasi tersebut.

Sebanyak 21 suara (1,2 persen) di antaranya dinyatakan tidak sah.

Penghitungan hasil pemilu dilakukan bersama oleh PPLN Toronto dan KPPSLN, serta disaksikan langsung oleh Panwaslu dan WNI yang bermukim di kota terbesar di Kanada tersebut.

Agenda penghitungan tersebut berlangsung pada Rabu, 17 April 2019, antara pukul 09.00 hingga 22.00 waktu Toronto.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

PSI Mendominasi

Sementara untuk pemilu anggota DPR RI, PPLN Toronto mencatat dominasi oleh Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang meraih 724 suara.

Berada secara berurutan di belakangnya, empat partai lain yang meraih suara terbanyak adalah PDI Perjuangan (589 suara), PKS (111 suara), Gerindra (62 suara), dan Nasdem (61 suara).

Jumlah surat suara yang terkumpul untuk pemilu DPR RI, baik via TPSLN atau jasa pos, dilaporkan mencapai 1.761 suara, namun 55 di antaranya dinyatakan tidak sah.

Keseluruhan proses penghitungan suara pemilu presiden dan DPR RI oleh PPLN Toronto disiarkan langsung via Facebook dan Instagram.

3 dari 3 halaman

Berjalan Aman dan Lancar

Konsul Jenderal RI untuk wilayah Toronto, Leonard F Hutabarat, turut hadir memantau pelaksanaan penghitungan suara, yang dia klaim berjalan aman dan lancar.

"Semua berjalan lancar. Saya harap seluruh masyarakat Indonesia, khususnya yang tinggal di Toronto dan sekitarnya, bersabar menunggu hasil penghitungan resmi dari KPU," ujarnya.

Konjen RI di Toronto juga mengapresiasi kinerja dan kerja keras PPLN dan KPPSLN setempat, beserta Panwaslu dan para saksi, yang telah mengawal dengan baik proses penghitungan suara hari Rabu lalu.

"Dua jempol untuk semua yang terlibat," pungkas Leonard.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini