Organisasi Kerjasama Islam Puji Penyelenggaraan Pemilu Indonesia

Oleh Rizki Akbar Hasan pada 19 Apr 2019, 10:05 WIB
Simulasi Pemilu 2019

Liputan6.com, Jakarta - Organisasi Kerjasama Islam (OKI) memuji pelaksanaan Pemilu 2019 di Indonesia, menyebut penyelenggaraan itu dilakukan secara terbuka, damai dan tertib.

OKI mengirimkan Misi Pemantau Pemilihan (EOM) ke Indonesia untuk mengawasi Pemilu pada 17 April 2019.

Mereka mencatat 'dengan puas' bahwa "pemilihan dilakukan secara terbuka, damai dan tertib sesuai dengan hukum pemilu Indonesia serta dengan norma-norma yang diterima secara internasional," demikian seperti dikutip dari situs resmi OKI, OIC-OCI.org pada Jumat (19/4/2019).

"Sekretaris Jenderal OKI H. E. Dr. Yousef Al-Othaimeen memberi selamat kepada rakyat dan Pemerintah Indonesia atas keberhasilan pelaksanaan pemilu dan memuji rasa kedewasaan dan tanggung jawab besar yang ditunjukkan oleh rakyat Indonesia melalui pemilihan ini," lanjut pernyataan itu.

Lebih lanjut, OKI menyatakan sepenuhnya yakin bahwa keberhasilan Pemilu 2019 akan berkontribusi lebih lanjut untuk memperkuat praktik-praktik dan lembaga-lembaga demokratis untuk pembangunan dan kemakmuran negara dan rakyatnya.

2 of 3

Ucapan Selamat Pemerintah AS atas Pelaksanaan Pemilu RI 2019

Simulasi Pemilu 2019
Ilustrasi Pemilu 2019. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Pemerintah Amerika Serikat (AS), melalui juru bicara Kementerian Luar Negeri setempat, Morgan Ortagus, menyampaikan ucapan selamat kepada Indonesia atas terlaksananya pemilu presiden dan legislatif pada 17 April kemarin.

Disiarkan via situs resmi Kedutaan Besar AS untuk Indonesia, ucapan selamat itu menyoroti tentang keberhasilan Indonesia dalam mengadakan pemilu simultan pertama, antara pemilihan presiden dan legislatif, pada Kamis (18/4/2019).

"Kampanye penuh semangat dan partisipasi yang kuat oleh publik, masyarakat sipil, dan media Indonesia menggarisbawahi kekuatan dan dinamika demokrasi Indonesia," puji Ortagus dalam siaran resmi terkait.

Ditambahkan olehnya, bahwa Amerika Serikat dan Indonesia telah lama berbagi prinsip serupa dalam hal demokrasi, keberagaman, dan semangat menjunjung nilai kebersaman, yang menurutnya adalah dasar kemitraan strategis bilateral kedua negara.

Selain menyinggung soal pemilu, Ortagus juga kembali menyoroti tentang peringatan 70 tahun hubungan diplomatik antara AS dan Indonesia.

Amerika Serikat berharap dapat terus meningkatkan kerja sama dengan para pejabat Indonesia dalam hal keterlibatan ekonomi, hubungan keamanan yang kuat, dan berbagi prioritas kebijakan global.

3 of 3

Dubes Jepang untuk RI Puji Pemilu 2019

Simulasi Pemilu 2019
Ilustrasi Pemilu 2019. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Perjalanan Pemilu 2019 ini juga menjadi perhatian sejumlah tokoh negara sahabat. Salah satunya Dubes Jepang untuk Indonesia, Duta Besar Jepang untuk Indonesia Masafumi Ishii.

"Saya menilai bahwa Pemilu 2019 yang dilaksanakan kemarin telah berlangsung dengan nyaman dan aman secara umum. Saya meyakini bahwa hal itu menunjukkan kematangan berdemokrasi Indonesia," ujar Dubes Ishii dalam keterangan tertulisnya yang Liputan6.com terima Kamis (18/4/2019).

"Saya mengetahui bahwa KPU akan mengumumkan hasil resmi Pemilu 2019 beberapa waktu ke depan, maka tidak patut bagi saya untuk memberi komentar terkait hasil Pemilu 2019 sekarang," imbuhnya. Menurut Dubes Iishii, apapun hasilnya, sebagai mitra strategis, Indonesia merupakan salah satu negara penting bagi Jepang.

"Oleh karena itu, saya akan berupaya semaksimal mungkin untuk memperkokoh hubungan kerjasama antara kedua negara kita ke depan."

Lanjutkan Membaca ↓