Jokowi Raih Suara 82,04% di Swedia, Prabowo 13,34%

Oleh Afra Augesti pada 18 Apr 2019, 19:04 WIB
Pemilu di Swedia

Liputan6.com, Stockholm - Pasangan calon (01) presiden dan wakilnya dengan nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin, unggul di pemilu luar negeri Swedia dan Latvia, dengan perolehan suara 658. Sedangkan penantangnya, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno, mengantongi 107 suara. 

Anggota Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN), Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri (KPPSLN), saksi, dan WNI yang berdomisili di Stockholm, telah berkumpul sejak jam 07.00 waktu setempat di KBRI Stockholm, di mana kegiatan penghitungan suara berlangsung.

Menurut keterangan resmi yang diterima oleh Liputan6.com pada Kamis, (18/4/2019), Duta Besar Indonesia untuk Swedia merangkap Latvia, Bagas Hapsoro, turut hadir untuk mengawal penghitungan surat suara hingga rekapitulasi rampung.

Proses rekapitulasi surat suara di Swedia. (KBRI Stockholm)

"Hari ini adalah momentum sejarah baru, untuk pemilihan pemimpin Indonesia hingga 5 tahun ke depan. Alhamdulilah seluruh proses dapat dilalui dengan lancar dan baik," tutur Dubes Bagas pada penutupan kegiatan penghitungan dan rekapitulasi pemungutan suara.

Selain memilih presiden dan wakil presiden, di Swedia juga muncul partai pemenang, yaitu PSI dengan perolehan suara sebanyak 271. Posisi kedua ditempati oleh PDI-P dengan 218 suara, PKS di tempat ketiga dengan 59 suara.

Golkar, Nasdem, dan Gerindra berada di tempat keempat hingga keenam dengan masing-masing memperoleh berturut-turut 33, 25, dan 20 suara. Sisa suara terbagi kepada 10 partai lain, dengan perolehan masing-masing dibawah 20 suara.

2 of 2

Kata PPLN Stockholm

Pemilu di Stockholm
Proses rekapitulasi surat suara di Swedia. (KBRI Stockholm)

Merujuk kepada peraturan perundang-undangan terkait tahapan pemilu serentak tahun 2019, PPLN Stockholm bersama dengan KPPSLN pos dan tempat pemungutan suara (TPS), telah melangsungkan rapat penghitungan suara pada 17 April 2019, dimulai pukul 08.00 sampai 24.00 waktu setempat.

Penghitungan suara metode pos dipimpin langsung oleh Ketua PPLN Stockholm, Monica Utari Mariana, sedangkan TPS diimami oleh Ketua KPPSLN TPS, Erossia Yonathan.

Rapat penghitungan suara dilaksanakan di kantor KBRI Stockholm dan dihadiri oleh saksi peserta pemilu, pejabat atau staf KBRI Stockholm, serta warga masyarakat.

"Setelah berakhirnya proses penghitungan suara pos dan TPS dengan aman dan lancar, kegiatan dilanjutkan dengan rapat rekapitulasi penghitungan suara untuk pemilu serentak di wilayah Kerajaan Swedia dan Republik Latvia, yang dipimpin langsung oleh Ketua PPLN Stockholm," demikian bunyi pernyataan tertulis dari PPLN Stockholm yang diterima Liputan6.com pada Kamis (18/4/2019).

Rapat tersebut dimulai pukul 00.00 sampai 02.00 waktu Stockholm dengan dihadiri oleh saksi peserta pemilu, dubes RI untuk Stockholm beserta jajaran, serta warga masyarakat.

Hasil rekapitulasi penghitungan suara untuk pemilihan presiden dan wakil presiden adalah Joko Widodo dan Ma'ruf Amin mendapatkan 658 suara (82,04%), Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno mengantongi 107 suara (13,34%).  Surat suara tidak sah 37 (4,61%).

Lanjutkan Membaca ↓