Perolehan Suara Pilpres 2019 Jokowi - Prabowo Imbang di Tunisia

Oleh Tanti Yulianingsih pada 18 Apr 2019, 13:54 WIB
Diperbarui 20 Apr 2019, 13:13 WIB
Ilustrasi Pilpres

Liputan6.com, Tunis - Panitia Pemilihan Luar Negeri bersama dengan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri telah selesai melaksanakan proses penghitungan surat suara pada Rabu 17 April 2019. Proses tersebut merupakan hasil dari pemungutan suara Pilpres 2019 yang dilaksanakan pada Minggu 14 April.

Pada pemilihan tahun ini seluruh warga negara Indonesia di Tunisia yang tercatat berjumlah 142 sudah menggunakan hak pilihnya melalui dua metode TPS dan Pos. Itu artinya 100% pemilih yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap dan Daftar Pemilih Tambahan PPLN Tunis telah melakukan pencoblosan.

Menurut informasi dari KBRI Tunis yang diterima Kamis (18/3/2019),  pemungutan di TPS sejumlah 139 pemilih dan melalui Pos sejumlah 3 pemilih. Di samping itu terdapat 11 pemilih TPS yang telah memperoleh formulir A5 untuk pindah memilih diluar Tunisia.

Sementara itu pada Rabu 17 April, PPLN Tunis telah melakukan proses penghitungan surat suara pemilu presiden dan wakil presiden serta DPR RI dapil DKI Jakarta II dengan hasil akhir berimbang. Pada pemilu presiden dan wakil presiden pasangan calon 01 memperoleh 66 suara, dan pasangan calon 02 juga dengan perolehan serupa.

Sementara pada pemilu anggota DPR, Partai Keadilan Sejahtera memperoleh suara terbanyak dengan 41 suara, disusul oleh Partai Kebangkitan Bangsa dan PDI Perjuangan masing-masing memperoleh 24 suara dan 11 suara.

Selain itu terdapat 2 surat suara dinyatakan tidak sah untuk pemilu presiden dan wakil presiden. Dan 5 surat suara tidak sah untuk pemilu DPR.

 

* Ikuti Hitung Cepat atau Quick Count Hasil Pilpres 2019 dan Pemilu 2019 di sini

2 of 3

Jokowi Unggul di London

Banner Infografis Elektabilitas Jokowi Vs Prabowo Jelang Pilpres 2019
Banner Infografis Elektabilitas Jokowi Vs Prabowo Jelang Pilpres 2019. (Liputan6.com/Triyasni)

Di tempat lain, pasangan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin unggul dalam pemilihan presiden (Pilpres 2019) di London. Hal itu disampaikan PPLN London dan Panwaslu Luar Negeri setelah melakukan penghitungan suara.

Pelaksanaan penghitungan suara dilakukan untuk TPS 1, 2 dan 3 beserta penghitungan dari surat suara yang dikirim lewat pos.

Menurut keterangan pers yang diterima Liputan6.com dari KBRI London, pelaksanaan penghitungan rekapitulasi Pilpres 2019 dilakukan secara serentak sejak pukul 09.00 BST bertempat di KBRI London - Lower Ground, Ruangan Pre-function room, Lantai 4 dan Ruangan Auditorium.

Penghitungan suara dihadiri oleh para saksi dari masing-masing pasangan calon presiden/wakil presiden dan sebagian anggota partai politik.

Partai politik yang hadir di antaranya adalah saksi dari PDIP, PAN, Gerindra, PKS, PSI, PPP, Demokrat, Nasdem.

Proses penghitungan suara Pilpres 2019 dilakukan secara terbuka dan dihadiri oleh sebagian masyarakat Indonesia serta disiarkan secara langsung melalui media sosial pada laman Facebook.

Pemilih yang terdaftar di dalam DPTLN berjumlah 7.599 pemilih yang terdiri dari 1.849 pemilih di TPS dan 5.750 pemilih melalui pos.

Surat suara yang dihitung terdiri dari 897 pemilih DPTLN, 174 pemilih DPTbLN, dan 672 DPKLN.

 

3 of 3

Prabowo Unggul di PPLN Suriah

Banner Infografis Elektabilitas Jokowi Vs Prabowo
Banner Infografis Elektabilitas Jokowi Vs Prabowo. (Liputan6.com/Triyasni)

Sementara itu, Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Damaskus menyampaikan bahwa pasangan Capres dan Cawapres Nomor Urut 02 Prabowo Subianto - Sandiaga Uno memenangkan perolehan suara pemilu di Suriah. Demikian berdasarkan rilis Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Damaskus yang diterima di Jakarta, Rabu 17 April 2019.

Pasangan Prabowo - Sandi unggul dengan total perolehan suara Pilpres 2019 sebanyak 83 suara, sementara pasangan Capres-Cawapres Nomor Urut 01 Joko Widodo - Ma'ruf Amin memperoleh 48 suara, demikian seperti dilansir dari Antara, Rabu (17/4/2019).

PPLN Damaskus melakukan pemungutan suara Pemilu 2019 dengan dua metode, yaitu mencoblos langsung di tempat pemungutan suara (TPS) dan Kotak Suara keliling (KSK).

Untuk perolehan suara dari metode coblos langsung di TPS 001 Damaskus, Prabowo-Sandi mendapatkan 50 suara sedangkan Jokowi-Ma'ruf mendapatkan 28 suara. Selain itu, ada 5 surat suara tidak sah di TPS tersebut.

Sementara berdasarkan perolehan suara dari KSK di Kota Allepo, pasangan nomor urut 01 memperoleh 17 suara dan pasangan nomor urut 02 memperoleh 30 suara, dan ada 2 surat suara tidak sah.

Selanjutnya, untuk perolehan suara dari KSK di Kota Lattakia, masing-masing pasangan capres-cawapres mendapatkan 3 suara.

Sebelumnya, para warga negara Indonesia (WNI) di Suriah mengikuti pelaksanaan pemungutan suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di TPS 001 Damaskus pada 13 April, yang berlangsung dengan tertib dan lancar.

Lanjutkan Membaca ↓