Sukses

Gempa Magnitudo 6,1 Guncang Taiwan, Terbesar dalam 10 Tahun Terakhir

Taiwan diguncang gempa besar dalam 10 tahun terakhir yang bermagnitudo 6,1 pada Kamis siang. Sejumlah bangunan bergoyang akibat lindu tersebut.

Liputan6.com, Taipei - Gempa berkekuatan magnitudo 6,1 mengguncang Taiwan pada Kamis 18 April 2019, sekitar pukul 13.01 pagi waktu setempat.

Biro cuaca Taiwan mengatakan bahwa gempa berpusat pada kedalaman 19 kilometer Kota Hualien di pesisir timur. Guncangannya juga dilaporkan terasa hingga ibu kota Taipei, dan menggoyangkan beberapa bangunan bertingkat di sana.

Dikutip dari Volcanodiscovery.com pada Kamis (18/4/2019), sejauh ini, tidak ada laporan langsung tentang dampak kerusakan ataupun korban jiwa.

Seorang saksi mengatakan: "Ada satu guncangan besar yang membuat kami bergerak, saya berada di lantai 2 saat itu, dan tidak bisa membayangkan jika berada di tempat yang lebih tinggi. Goyangan gempa terasa hingga sekitar 30 detik."

Warga lainnya mengabarkan di media sosial, bahwa besarnya gempa membuat dia dan temannya terjatuh saat berolahraga di taman.

"Rasanya seperti diguncang gempa magnitudo 7. Saya tidak pernah merasakan gempa ketika berdiri di taman," ujar saksi terkait di Facebook.

Beberapa warganet lokal juga menyebut bahwa gempa pagi tadi sebagai yang terkuat selama satu dekade terakhir.

 

* Ikuti Hitung Cepat atau Quick Count Hasil Pilpres 2019 dan Pemilu 2019 di sini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sempat Terjadi Gempa Susulan

Beberapa waktu setelahnya, muncul laporan gempa susulan berkekuatan magnitudo 4,1.

Beberapa media lokal menyiarkan siaran tentang dampak kerusakan bangunan akibat gempa terkait, meski tidak sampai fatal.

"Meski tidak sampai menghancurkan bangunan, namun gempa kuat selama 30 detik itu mampu menjatuhkan barang-barang di sini," ujar salah seorang saksi, seperti dikutip dari Express.co.uk.

Gempa besar dengan bermagnitudo 7,6 pernah melanda wilayah tengah Taiwan pada September 1999, di mana menewaskan sedikitnya 2.297 orang dan melukai hampir 9.000 lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • taiwan