Harapan Dubes Korea Selatan Usai Pemilu 2019 Indonesia

Oleh Teddy Tri Setio Berty pada 18 Apr 2019, 12:23 WIB
Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia, Kim Chang-beom setelah memberi paparan mengenai bentuk kerjasama Inter-Korea (Lipuatn6.com/Happy Ferdian)

Liputan6.com, Jakarta - Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia Kim Chang-beom mengucapkan selamat kepada bangsa Indonesia yang telah sukses menyelenggarakan pemilihan umum (Pilpres 2019).

Seperti keterangan pers yang diterima Liputan6.com dari Kedutaan Besar Korsel di Indonesia, Dubes Chang-beom juga menyampaikan bahwa ini adalah salah satu pemilu terbesar di dunia.

"Saya ingin mengucapkan selamat kepada masyarakat Indonesia karena telah berhasil menyelenggarakan pemilihan langsung terbesar di dunia dalam satu hari," ujar Dubes Kim Chang-beom melalui pernyataan tertulisnya yang Liputan6.com muat Kamis (18/4/2019).

Ia juga menilai jika Pilpres 2019 kali ini jauh lebih baik dibanding sebelum-sebelumnya. "Pemilihan kali ini relatif lebih tenang dan lebih teratur dibandingkan dengan yang terakhir," jelas Chang-beom.

"Sepanjang kampanye, kandidat dan partai politik berusaha untuk mencerminkan sebanyak mungkin tuntutan dan aspirasi pemilih mellenial yang semakin menjadi pusat dinamika politik di Indonesia."

Dalam pernyataannya, Dubes Chang-beom juga menaruh harapan agar Indonesia semakin maju di masa mendatang.

"Saya berharap hasil Pilpres 2019 ini akan menawarkan kesempatan besar lainnya untuk menjadi ujung tombak pembangunan Indonesia di masa depan dan untuk memperkuat persatuan Indonesia," tegas Chang-beom.

"Saya juga berharap dapat melihat peningkatan kemitraan antara Indonesia dan Korea," tambahnya.

 

* Ikuti Hitung Cepat atau Quick Count Hasil Pilpres 2019 dan Pemilu 2019 di sini

2 of 3

Proses Penghitungan Suara Pilpres 2019 RI di Korea Selatan

Ilustrasi Pilpres
Ilustrasi Pilpres (Liputan6.com/Trie yas)

Proses penghitungan suara Pilpres 2019 di Luar Negeri dilakukan serentak dengan di Tanah Air. Panitia pemilihan luar negeri (PPLN) Korea Selatan juga menggelarnya pada 17 April 2019 siang waktu setempat.

Melalui akun Facebook PPLN Seoul, @pplnseoul2019, yang dikutip Rabu (17/4/2019), diinformasikan bahwa mereka telah menggelar proses penghitungan surat suara Pilpres 2019.

Selain itu, diinformasikan bahwa calon Pemilih (Capil) Pos yang surat suaranya masih berstatus RTS (Return to Senders/kembali lagi ke PPLN Seoul).

"Pastikan membawa dokumen yang masih berlaku (E-KTP/Paspor)," demikian info dari pihak PPLN melalui unggahan di Facebook.

PPLN juga menginformasikan bahwa dilakukan penghitungan suara serentak, mulai pukul 15.00 waktu setempat tanggal 17 April bertempat di Lantai II, R. Pertemuan KBRI Seoul.

3 of 3

Hasil Hitung Cepat Versi Lembaga Survei

Ilustrasi Pilpres
Ilustrasi Pilpres (Liputan6.com/Trie yas)

Warga Indonesia di Tanah Air telah menggunakan hak suara pada Pilpres 2019, Rabu (17/4/2019), untuk menentukan nasib negara ini dengan memilih pemimpin Indonesia selama lima tahun ke depan melalui pemilihan umum.

Hasil hitung cepat Charta Politika pada pukul 12.00 WIB hari ini, total suara yang masuk sementara 99,20 persen, dengan rincian sebagai berikut:

Nomor Urut 01 Joko Widodo - Ma'ruf Amin: 54,32 Persen

Nomor Urut 02 Prabowo Subianto - Sandiaga Uno: 45,68 Persen

Lanjutkan Membaca ↓