Suara Pemilu 2019 Jokowi Unggul di London, Prabowo Tertinggal Jauh

Oleh Teddy Tri Setio Berty pada 18 Apr 2019, 11:32 WIB
Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo-Sandiaga Uno

Liputan6.com, London - Pasangan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin unggul dalam pemilihan presiden (Pilpres 2019) di London. Hal itu disampaikan PPLN London dan Panwaslu Luar Negeri setelah melakukan penghitungan suara.

Pelaksanaan penghitungan suara dilakukan untuk TPS 1, 2 dan 3 beserta penghitungan dari surat suara yang dikirim lewat pos.

Menurut keterangan pers yang diterima Liputan6.com dari KBRI London, pelaksanaan penghitungan rekapitulasi Pilpres 2019 dilakukan secara serentak sejak pukul 09.00 BST bertempat di KBRI London - Lower Ground, Ruangan Pre-function room, Lantai 4 dan Ruangan Auditorium.

Penghitungan suara dihadiri oleh para saksi dari masing-masing pasangan calon presiden/wakil presiden dan sebagian anggota partai politik.

Partai politik yang hadir di antaranya adalah saksi dari PDIP, PAN, Gerindra, PKS, PSI, PPP, Demokrat, Nasdem.

Proses penghitungan suara Pilpres 2019 dilakukan secara terbuka dan dihadiri oleh sebagian masyarakat Indonesia serta disiarkan secara langsung melalui media sosial pada laman Facebook.

Pemilih yang terdaftar di dalam DPTLN berjumlah 7.599 pemilih yang terdiri dari 1.849 pemilih di TPS dan 5.750 pemilih melalui pos.

Surat suara yang dihitung terdiri dari 897 pemilih DPTLN, 174 pemilih DPTbLN, dan 672 DPKLN.

 

* Ikuti Hitung Cepat atau Quick Count Hasil Pilpres 2019 dan Pemilu 2019 di sini

2 of 3

Hasil Penghitungan Suara

Keakraban Jokowi dan Prabowo Usai Debat Kedua Pilpres
Capres nomor urut 01 Joko Widodo (kiri) dan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto (kanan) bersalaman usai debat kedua Pilpres 2019 di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Hasil penghitungan suara sementara untuk Presiden dan Wakil Presiden di 3 TPS dan Pos adalah sebagai berikut: pasangan 01 memperoleh 2.966 suara (73,82%), pasangan 02 memperoleh 942 suara (23,44%). Surat suara yang dinyatakan tidak sah berjumlah 110 (2,73%).

Surat suara melalui pos masih akan diterima PPLN tanggal 17 April 2019 sampai pukul 24.00 untuk menerima surat suara dari pemilih yang mengantarkan surat suaranya secara langsung ke KBRI London.

Sampai dengan diterbitkannya siaran pers ini, proses penghitungan suara untuk anggota legislatif melalui metode pos masih berlangsung di KBRI London.

3 of 3

Harapan Dubes Inggris Soal Pemilu 2019

Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Moazzam Malik
Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Moazzam Malik. (Liputan6.com/Afra Augesti)

Sebelumnya, diplomat asal Inggris telah menyampaikan pujiannya atas proses demokrasi di Indonesia. Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik mengaku turut dapat merasakan atmosfer pelaksanaan pemilihan umum (pemilu) serentak pada hari ini tak hanya memilih presiden dan wakil presiden, tapi juga anggota DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kota/Kabupaten, dan DPD.

Hal itu ia sampaikan dalam cuitan disertai foto di akun Twitter-nya @MoazzamTMalik pada Rabu, 17 April 2019.

"Berkeliling di TPS-TPS dekat rumahku di kampung. Ramai. Aman. Lancar," tulis Moazzam.

Tak hanya itu, Dubes Moazzam Malik sangat yakin dengan masa depan Indonesia. Mengingat kepercayaannya pada masyarakat di Tanah Air.

"Pasti Indonesia dapat memilih dengan bijaksana dan damai untuk masa depan yang baik," jelas Dubes Moazzam Malik.

Lanjutkan Membaca ↓