Hasil Suara Pilpres 2019, Prabowo Unggul di PPLN Suriah

Oleh Liputan6.com pada 17 Apr 2019, 19:26 WIB
Banner Infografis Elektabilitas Jokowi Vs Prabowo

Liputan6.com, Damaskus - Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Damaskus menyampaikan bahwa pasangan Capres dan Cawapres Nomor Urut 02 Prabowo Subianto - Sandiaga Uno memenangkan perolehan suara pemilu di Suriah. Demikian berdasarkan rilis Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Damaskus yang diterima di Jakarta, Rabu (17/4/2019).

Pasangan Prabowo-Sandi unggul dengan total perolehan suara Pilpres 2019 sebanyak 83 suara, sementara pasangan Capres-Cawapres Nomor Urut 01 Joko Widodo - Ma'ruf Amin memperoleh 48 suara, demikian seperti dilansir dari Antara, Rabu (17/4/2019).

PPLN Damaskus melakukan pemungutan suara Pemilu 2019 dengan dua metode, yaitu mencoblos langsung di tempat pemungutan suara (TPS) dan Kotak Suara keliling (KSK).

Untuk perolehan suara dari metode coblos langsung di TPS 001 Damaskus, Prabowo-Sandi mendapatkan 50 suara sedangkan Jokowi-Ma'ruf mendapatkan 28 suara. Selain itu, ada 5 surat suara tidak sah di TPS tersebut.

Sementara berdasarkan perolehan suara dari KSK di Kota Allepo, pasangan nomor urut 01 memperoleh 17 suara dan pasangan nomor urut 02 memperoleh 30 suara, dan ada 2 surat suara tidak sah.

Selanjutnya, untuk perolehan suara dari KSK di Kota Lattakia, masing-masing pasangan capres-cawapres mendapatkan 3 suara.

Sebelumnya, para warga negara Indonesia (WNI) di Suriah mengikuti pelaksanaan pemungutan suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di TPS 001 Damaskus pada 13 April, yang berlangsung dengan tertib dan lancar.

 

* Ikuti Hitung Cepat atau Quick Count Hasil Pilpres 2019 dan Pemilu 2019 di sini

2 of 3

Jokowi Unggul di TPSLN 01 KBRI Beirut

Jokowi-Ma'ruf Tunjukkan Kartu Sakti Andalan di Debat Kelima Pilpres
Capres nomor urut 01 Joko Widodo dan Cawapres Ma'ruf Amin menunjukkan kartu andalan saat Debat Pilpres 2019 kelima di Jakarta, Sabtu (13/4). Debat kelima merupakan debat terakhir dalam masa kampanye dan mengambil tema Ekonomi, Kesejahteraan Sosial, Keuangan dan Investasi. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Sementara di Beirut, Lebanon, penghitungan suara berjalan dengan baik dan lancar dengan perolehan suara untuk pasangan Capres 01 sebanyak 110 suara dan pasangan Capres 02 sebanyak 61 suara. Demikian menurut pernyataan tertulis dari PPLN Beirut yang diterima Liputan6.com, Rabu (17/4/2019) pukul 16.45 WIB.

Dengan perolehan suara tidak sah sebanyak 5 suara.

Sementara itu, untuk Pileg, tiga partai dengan perolehan suara terbanyak adalah PDI-P 39 suara, PPP 34 suara dan PKS 29 suara.

Selain disaksikan oleh Duta Besar RI dan perwakilan WNI di Lebanon, proses penghitungan suara juga disiarkan secara live melalui akun Facebook KBRI Beirut.

Sebagaimana diinformasikan sebelumnya, Pemilu di TPS 01 KBRI Beirut pada Minggu 14 April 2019 berjalan dengan baik dan lancar, tanpa kendala yang berarti.

Jumlah pemilih dalam DPT di TPS KBRI Beirut sebanyak 188 orang, namun 10 orang telah meminta surat pindah memilih. Selain itu terdapat 6 orang pemilih tambahan (menggunakan formulir A5) dan 19 orang pemilih khusus (DPK).

Jumlah surat suara yang tepakai adalah sebanyak 176 surat suara atau 92 persen dari keseluruhan surat suara yang berjumlah 192 surat suara.

3 of 3

Jokowi - Ma'ruf Unggul di TPS KBRI Beijing

Banner Infografis Debat Pamungkas Jokowi-Ma'ruf Vs Prabowo-Sandiaga
Banner Infografis Debat Pamungkas Jokowi-Ma'ruf Vs Prabowo-Sandiaga. (Liputan6.com/Abdillah)

Pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Joko Widodo-Ma'ruf Amin juga mengungguli perolehan suara Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di dua Tempat Pemungutan Suara (TPS) Kedutaan Besar RI di Beijing, China. Dalam penghitungan surat suara yang dilakukan di halaman KBRI Beijing, hari Rabu, pasangan nomor urut 01 itu mengumpulkan 370 suara di TPS 01.

Sedangkan pasangan nomor urut 02 hanya 50 suara. Dengan surat suara tidak sah sebanyak tiga lembar.

Sementara itu, seperti dikutip dari Antara, Rabu (17/4/2019), di TPS 02 Jokowi-Ma'ruf meraih 418 suara sedangkan rivalnya Prabowo-Sandi dengan 54 suara. Surat suara tidak sah enam lembar.

Pemungutan suara di kedua TPS tersebut telah berlangsung pada Minggu 14 April. Sampai saat ini penghitungan masih terus berlangsung untuk surat suara DPR-RI.

Selain pemungutan suara di TPS, warga negara Indonesia di China juga dapat mencoblos surat suara yang dikirimkan melalui pos surat. Penghitungan surat suara pos surat akan dilakukan di tempat yang sama setelah metode TPS rampung.

Lanjutkan Membaca ↓