Dubes Inggris: Soal Pemilu 2019, Indonesia Pasti Bisa Memilih dengan Bijaksana

Oleh Teddy Tri Setio Berty pada 17 Apr 2019, 18:15 WIB
Duta Besar Inggris untuk RI Moazzam Malik mengatakan, Indonesia harus terus maju sehingga bisa jadi inspirasi dunia (Liputan6.com/Teddy Tri Setio Berty)

Liputan6.com, Jakarta - Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik mengaku turut dapat merasakan atmosfer pelaksanaan pemilihan umum (pemilu) serentak pada hari ini tak hanya memilih presiden dan wakil presiden, tapi juga anggota DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kota/Kabupaten, dan DPD.

Hal itu ia sampaikan dalam cuitan disertai foto di akun Twitter-nya @MoazzamTMalik pada Rabu, 17 April 2019.

"Berkeliling di TPS-TPS dekat rumahku di kampung. Ramai. Aman. Lancar," tulis Moazzam.

Tak hanya itu, Dubes Moazzam Malik sangat yakin dengan masa depan Indonesia. Mengingat kepercayaannya pada masyarakat di Tanah Air.

"Pasti Indonesia dapat memilih dengan bijaksana dan damai untuk masa depan yang baik," jelas Dubes Moazzam Malik.

 

* Ikuti Hitung Cepat atau Quick Count Hasil Pilpres 2019 dan Pemilu 2019 di sini

2 of 3

Puji Sistem Demokrasi RI pada Pilkada

Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Moazzam Malik
Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Moazzam Malik. (Liputan6.com/Afra Augesti)

Sebelumnya, Duta Besar Inggris untuk RI, Moazzam Malik pernah memuji sistem demokrasi di Indonesia sudah sangat baik. Hal ini ia sampaikan setelah melihat proses pemilihan umum kepala daerah yang berlangsung pada 27 Juni 2018.

Dubes Moazzam bahkan menyebut sistem pemilihan langsung yang dilakukan oleh rakyat ini sukses. Aspirasi rakyat pun tersampaikan dengan baik lewat cara seperti ini.

"Saya menilai sistem demokrasi di Indonesia sudah sangat baik. Rakyat dapat memilih pemimpinnya secara langsung bahkan serentak di sejumlah negara," ujar Dubes Moazzam saat ditemui usai acara peringatan ulang tahun Ratu Elizabeth II ke-92 di Hotel Fairmont Jakarta pada Kamis 28 Juni 2018 malam.

"Lewat keberhasilan ini kami berharap agar Indonesia dapat mempromosikan sistem demokrasi dan pemilihan kepala daerah secara langsung kepada Inggris terutama negara-negara di dunia," tambahnya.

3 of 3

Indonesia Harus Jadi Inspirasi Dunia

Dubes Inggris Moazzam Malik
Dubes Inggris Moazzam Malik saat berbuka puasa di cafe Batavia Museum Fatahilah, Jakarta, Minggu (18/6). (Liputan6.com/Gempur M Surya)

Pada kesempatan tersebut Dubes Moazzam juga menyampaikan bahwa Indonesia harus terus maju sehingga bisa jadi inspirasi dunia.

Meski demikian, Dubes Moazzam juga berharap agar demokrasi ini terus dijaga. Kepercayaan yang telah diberikan oleh masyarakat harus dijalani.

"Hak-hak minoritas harus dijaga dan harus melihat kinerja bukan personal," kata Moazzam.

Tak hanya bicara soal demokrasi di Indonesia, ia juga memuji pertumbuhan ekonomi Tanah Air.

"Angka kemiskinan menurun menjadi 10 persen dari 23 persen. Bahkan perekonomian Indonesia tumbuh hingga sembilan kali lipat," ujar Dubes Inggris tersebut.

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by