Sukses

Jokowi - Ma'ruf Ungguli Perolehan Suara Pilpres 2019 di TPS KBRI Beijing

Berikut ini rekap suara Pilpres 2019 dari TPSLN di Beijing, China selengkapnya.

Liputan6.com, Beijing - Pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Joko Widodo-Ma'ruf Amin mengungguli perolehan suara Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di dua Tempat Pemungutan Suara (TPS) Kedutaan Besar RI di Beijing, China. Dalam penghitungan surat suara yang dilakukan di halaman KBRI Beijing, hari Rabu, pasangan nomor urut 01 itu mengumpulkan 370 suara di TPS 01.

Sedangkan pasangan nomor urut 02 hanya 50 suara. Dengan surat suara tidak sah sebanyak tiga lembar.

Sementara itu, seperti dikutip dari Antara, Rabu (17/4/2019), di TPS 02 Jokowi-Ma'ruf meraih 418 suara sedangkan rivalnya Prabowo-Sandi dengan 54 suara. Surat suara tidak sah enam lembar.

Pemungutan suara di kedua TPS tersebut telah berlangsung pada Minggu 14 April. Sampai saat ini penghitungan masih terus berlangsung untuk surat suara DPR-RI.

Selain pemungutan suara di TPS, warga negara Indonesia di China juga dapat mencoblos surat suara yang dikirimkan melalui pos surat. Penghitungan surat suara pos surat akan dilakukan di tempat yang sama setelah metode TPS rampung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dilakukan di Tiga Tempat

Penghitungan surat suara Pemilu 2019 di tiga kantor perwakilan pemerintah RI di China, pada Rabu 17 April 2019, digelar secara terbuka untuk masyarakat umum yang berstatus sebagai warga negara Indonesia.

Untuk waktu pelaksanaannya, masing-masing kantor perwakilan RI berbeda. Panitia Pemilu Luar Negeri (PPLN) Beijing memulai penghitungan surat suara pasangan calon Presiden-Wakil Presiden dan calon DPR-RI pada pukul 14.00 waktu setempat (13.00 WIB).

Di halaman Kedutaan Besar RI di Beijing telah didirikan dua tenda tempat penghitungan surat suara yang bisa disaksikan langsung oleh masyarakat, Antara melaporkan, dikutip pada Rabu (17/4/2019).

Demikian pula dengan PPLN Shanghai yang akan menggelar penghitungan surat suara di Konsulat Jenderal RI setempat pada pukul 14.00 sesuai dengan surat edaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Berbeda dengan PPLN Guangzhou yang akan memulai penghitungan suara pada pukul 09.00 waktu setempat di KJRI Guangzhou.

"Kami lebih awal karena sebagian teman-teman di PPLN dan KPPSLN tidak libur kuliah," kata Ketua PPLN Guangzhou Galant Al Barok.

Meskipun di Indonesia pada Rabu ini dinyatakan sebagai hari libur karena Pemilu 2019, kantor-kantor perwakilan RI, baik pemerintah maupun swasta, di China tetap buka seperti biasa.

 

3 dari 3 halaman

Metode Pemilu 2019

Pemungutan suara di China dilakukan dalam tiga metode pilihan, yakni mendatangi tempat pemungutan suara (TPS), kotak suara keliling (KSK), dan pengiriman surat suara melalui pos.

Pemungutan suara di TPS telah dilangsungkan pada Minggu 14 April, KSK dilakukan dalam rentang 8-14 April 2019, dan pos dikirimkan sejak 17 Maret 2019.

Pemungutan suara di TPS di tiga kantor perwakilan pemerintah RI telah menghasilkan tingkat partisipasi di atas 90 persen.

Jumlah Daftar Pemilih Tetap di PPLN Beijing sebanyak 2.065 orang, PPLN Shanghai (2.988), dan PPLN Guangzhou (2.682).

Pelaksanaan pemilu di daratan Tiongkok tersebut berlangsung aman, lancar, dan tertib. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini