Sukses

Presiden Prancis Janjikan Notre Dame Baru yang Lebih Indah Usai Kebakaran

Presiden Prancis mengatakan bagian Katedral Notre-Dame yang terbakar akan dibangun kembali "bahkan lebih indah".

Liputan6.com, Paris - Presiden Prancis Emmanuel Macron mengatakan, katedral Notre Dame yang terbakar pada Senin 15 April 2019 lalu akan dibangun kembali "bahkan lebih indah" - dan ia ingin pekerjaan itu selesai dalam lima tahun.

Dalam pidato yang disiarkan televisi pada Selasa 16 April malam, Presiden Macron menyarankan agar rekonstruksi Notre Dame dibangun kembali pada saat Paris menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas pada 2024.

"Kami akan membangun kembali Notre Dame bahkan lebih indah dan saya ingin itu selesai dalam lima tahun, kita bisa melakukannya," kata Macron, yang telah berjanji untuk meluncurkan skema penggalangan dana internasional untuk rekonstruksi.

"Semua ada di tangan kita untuk mengubah bencana ini menjadi kesempatan untuk berkumpul ... untuk menemukan utas proyek nasional kita."

Namun terlepas dari janji Macron, para ahli mengatakan rekonstruksi itu bisa memakan waktu puluhan tahun.

Eric Fischer, kepala yayasan yang bertugas memulihkan katedral Strasbourg yang berusia 1.000 tahun, mengatakan kepada AFP bahwa Notre Dame mungkin membutuhkan "dekade" untuk kembali utuh.

Frédéric Létoffé, kepala kelompok perusahaan untuk Restorasi Monumen Bersejarah (Restoration of Historic Monuments), menempatkan skala waktu antara 10 dan 15 tahun, memperingatkan pekerjaan besar akan diperlukan untuk mengamankan situs sebelum restorasi dapat dimulai.

Kebakaran besar kemarin lusa menghancurkan gedung Gotik berusia 850 tahun, meluluhlantakkan sebagian besar atapnya dan menyebabkan menara gereja runtuh.

Katedral itu berhasil dipadamkan hanya beberapa menit dari kehancuran total, kata para pejabat.

Lima puluh orang akan menyelidiki penyebab kebakaran Notre Dame. Jaksa penuntut umum Paris, Rémy Heitz mengatakan belum ada indikasi jelas apakah kebakaran merupakan hal yang disengaja dan bahwa kejadian itu sedang ditangani sebagai kecelakaan.

Total 800 juta euro (Rp 12,7 triliun) telah dijanjikan oleh sejumlah perusahaan dan taipan bisnis untuk membantu membangun kembali situs Warisan Dunia Unesco tersebut.

 

* Ikuti Hitung Cepat atau Quick Count Hasil Pilpres 2019 dan Pemilu 2019 di sini

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kerusakan yang Diketahui

Kebakaran - yang diketahui terjadi pada 16.43 GMT pada hari Senin dan sepenuhnya padam hampir 15 jam kemudian - menghancurkan sebagian besar atap katedral dan menyebabkan runtuhnya puncak menara ikoniknya.

Para ahli belum diizinkan ke lokasi untuk menilai kerusakan dan petugas pemadam kebakaran telah mengirim pesawat tak berawak untuk mensurvei skala kerusakan.

Foto tampak menunjukkan bahwa setidaknya satu dari jendela mawar terkenal telah selamat, tetapi ada kekhawatiran kerusakan pada beberapa jendela kaca patri lainnya. Organ abad ke-18 belum dibakar tetapi tidak jelas apakah itu rusak.

Masih terlalu dini untuk memperkirakan biaya kerusakan, kata Fondation du Patrimoine, kelompok warisan nirlaba independen.

Wakil Menteri Dalam Negeri Prancis Laurent Nuñez mengatakan struktur Notre Dame dalam kondisi "keseluruhan" yang baik tetapi "beberapa kerentanan" telah diidentifikasi di dalam brankas batu dan sisa langit-langit.

Struktur utama, termasuk dua menara lonceng, disimpan dalam jendela waktu 15 hingga 30 menit oleh tim yang terdiri dari 400 petugas pemadam kebakaran, katanya.

Dalam pidatonya, Presiden Macron memuji-muji petugas pemadam kebakaran, mengatakan mereka mengambil "risiko ekstrem" untuk mengatasi kobaran api.

3 dari 3 halaman

Tindak Lanjut Usai Kebakaran

Para penyelidik yang berusaha menentukan penyebab kebakaran telah mulai menanyai pekerja dari lima perusahaan yang terlibat dalam renovasi besar-besaran yang sedang berlangsung di katedral. Para pejabat percaya bahwa pekerjaan itu dapat dikaitkan dengan bencana.

"Tidak ada yang menunjukkan ini adalah tindakan yang disengaja," kata jaksa penuntut umum Rémy Heitz, menambahkan bahwa ia berharap menjadi kasus "panjang dan kompleks".

Tawaran bantuan untuk membangun kembali katedral telah datang dari beberapa pemimpin dunia, kelompok dan individu, termasuk:

Miliarder François-Henri Pinault, ketua dan CEO grup Kering yang memiliki merek fashion Gucci dan Yves Saint Laurent, yang menjanjikan € 100 juta

Keluarga Bernard Arnault dan perusahaan mereka LVMH, kerajaan bisnis yang meliputi Louis Vuitton dan Sephora, yang menjanjikan € 200 juta

Raksasa kosmetik Prancis, L'Oreal dan keluarga pendiri Bettencourt berjanji akan memberikan € 200 juta sementara raksasa minyak Total menjanjikan 100 juta euro.

Menteri Kebudayaan Franck Riester mengatakan beberapa karya seni dan benda-benda keagamaan yang diselamatkan akan dikirim ke museum Louvre di mana benda-benda itu disimpan dan akhirnya dipulihkan.

Mereka termasuk apa yang dikatakan sebagai mahkota duri yang dikenakan oleh Yesus sebelum penyaliban dan tunik Raja Louis IX yang dikatakan telah dikenakan ketika ia membawa mahkota ke Paris.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini