Harapan Usai Nyoblos Pilpres 2019, Menlu Retno: Indonesia Semakin Hebat dan Maju

Oleh Teddy Tri Setio Berty pada 17 Apr 2019, 09:29 WIB
Usai mencoblos, Menlu Retno memasukan surat suara ke kotak yang telah ditentukan (Liputan6.com/Teddy Tri Setio Berty)

Liputan6.com, Depok - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menjadi orang pertama yang mencoblos Pilpres 2019 di TPS 153 Pesona Khayangan, Kota Depok, Jawa Barat pada Rabu, 17 April 2019 pagi.

Retno Marsudi tiba di lokasi pemungutan suara Pilpres 2019 pada pukul 07.00 WIB bersama sang suami Agus Marsudi dan putra keduanya Bagas Marsudi. Ketiganya juga kompak mengenakan baju berwarna putih.

Lewat momen lima tahun sekali ini Menlu Retno Marsudi menaruh harapan besar bagi bangsa Indonesia yang hari ini tengah merayakan pesta demokrasi.

“Harapan saya tentunya agar bangsa Indonesia tetap satu, tetap hebat dan juga maju,” tegasnya kepada Liputan6.com usai pencoblosan.

Kedatangan Menlu Retno Marsudi di TPS 153 Pesona Khayangan, Kota Depok, Jawa Barat tentunya menarik perhatian warga setempat.

Banyak dari mereka yang sengaja datang dan untuk bersilahturahmi sambil mengambil foto bersama.

Sebagai informasi, di kompleks Pesona Khayangan terdapat empat TPS Pilpres 2019. Mulai dari TPS 151, 152, 153 dan 154.

Menurut keterangan dari petugas TPS hasil penghitungan rekapitulasi suara diprediksi akan dilakukan pada siang hari hingga menjelang sore.

Diberikan Kesempatan Pertama

Menlu Retno mengaku sengaja datang pagi untuk memberikan hak suara Pilpres 2019. Tak disangka ia menjadi orang pertama yang mencoblos di TPS 153 dekat kediamannya.

"Pagi ini saya yang datang pertama dan mendapat kesempatan mencoblos terlebih dahulu. Saya dapat merasakan antusias masyarakat yang tinggal di Pesona Khayangan, kota Depok,” ujar Menlu Retno kepada Liputan6.com usai melakukan pencoblosan.

"Saya dan keluarga telah melakukan kewajiban sebagai warga negara Indonesia untuk memberikan hal suara saya," tambahnya.

2 of 2

5 Warna Surat Suara Pemilu 2019

Simulasi Pemilu 2019
Warga memasukkan jarinya ke dalam botol berisi tinta saat simulasi pemungutan dan pencoblosan surat suara Pemilu 2019 di Taman Suropati, Jakarta, Rabu (10/4). Simulasi dilakukan untuk meminimalisir kesalahan dan kekurangan saat pencoblosan pemilu pada 17 April nanti. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Ada lima warna surat suara Pemilu 2019. Sebab, pemilu serentak pada hari ini tak hanya memilih presiden dan wakil presiden, tapi juga anggota DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kota/Kabupaten, dan DPD.

Sebelum mencoblos, para pemilih sebaiknya terlebih dahulu mengetahui warna surat suara dalam Pemilu 2019.

Hal ini demi mempermudah para pemilih menggunakan hak pilih mereka di areal tempat pemungutan suara atau TPS.

Selain itu, para pemilih seyogianya memperhatikan pula jadwal dan aturan pencoblosan. Datang terlambat atau kesiangan ke TPS, misalnya, dapat menggugurkan hak pilih dalam Pemilu 2019.

  3 dari 3 halaman TPS Tempat Jokowi Mencoblos, Usung Tema Budaya Betawi  TPS 008 di pelataran kantor Lembaga Administrasi Negara di Gambir, Jakarta Pusat, tempat Jokowi akan mencoblos. (Liputan6.com/Lizsa Egeham)Calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo atau Jokowi akan menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu 2019, Rabu (17/4/2019) di TPS 008. Tempat pemungutan suara ini berlokasi di pelataran kantor Lembaga Administrasi Negara di Gambir, Jakarta Pusat.

Pantauan Liputan6.com, TPS Jokowi ini mengusung tema budaya Betawi. Pada pintu TPS terdapat dua ondel-ondel yang berada di sebelah kiri dan kanan.

Ketua KPPS 008 Hamdy Basjar mengatakan, pihaknya memang mengusung tema budaya Betawi untuk memikat pemilih datang ke TPS menghadiri pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

"Petugas KPPS, besok, temanya memakai baju batik Betawi istilah sederhananya batik lenong," kata Hamdy Basjar seperti dilansir Antara.

Dia menjelaskan, pakaian batik yang akan dikenakan itu berwarna biru dengan motif Monas, andong dan berbagai hal yang berhubungan dengan kebudayaan Betawi."Pengusungan tema Betawi ini untuk menampilkan identitas budaya lokal, karena kita berada di Jakarta," ucap Hamdy soal tema TPS Jokowi.   Re

Lanjutkan Membaca ↓