Sukses

5 Bahan Makanan Ini Bisa Picu Kemunculan Kanker?

Tak hanya kanker, sejumlah penyakit lain seperti obesitas konon juga disebabkan oleh sejumlah bahan makanan yang tersedia di supermarket.

Liputan6.com, Jakarta - Selama ini manusia kerap dipermudah dengan segala bahan masakan yang super praktis. Semua kebutuhan dapur yang sangat instan telah tersedia di supermarket.

Namun, ada konsekuensi di balik itu semua. Sejumlah bahan makanan yang tersedia di supermarket rupanya dapat memicu kanker pada tubuh.

Tak hanya kanker, sejumlah penyakit lain seperti obesitas konon juga disebabkan oleh sejumlah bahan makanan yang tersedia di supermarket.

Seperti dikutip dari laman News.com.au, Jumat (12/4/2019), berikut 5 bahan makanan yang dapat memicu kanker:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Daging Olahan

Selama ini sebagian kita akrab dengan makanan yang diproses dari daging olahan. Sebut saja sosis, nugget, bakso hingga ham adalah jenis-jenis daging olahan yang tersedia di supermarket.

Namun, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa makanan yang berasal dari daging olahan dapat meningkatkan risiko kanker usus hingga 18 persen.

Daging olahan terbukti meningkatkan kemungkinan kanker perut dan usus karena mengandung nitrat yang terbukti bersifat karsinogenik.

 

3 dari 6 halaman

2. Sayuran Berpestisida

Laporan lain juga menyebut bahwa pestisida dapat meningkatkan risiko kanker. Uni eropa mengatakan bahwa sayuran yang berpestisida harus dibersihkan sehingga tidak termakan.

Oleh karenanya, butuh filter dan pengawasan yang kuat agar sayuran-sayuran yang ada di supermarket dapat terhindar dan bebas dari pestisida.

 

4 dari 6 halaman

3. Gula

Tidak ada bukti ilmiah untuk mendukung klaim bahwa gula secara langsung meningkatkan risiko kanker pada tubuh Anda.

Tetapi, dengan mengonsumsi gula secara berlebihan dapat menyebabkan penyakit karena sesuatu hal yang manis dapat menyebabkan obesitas.

Jika sudah seperti ini, risiko kanker juga bisa menyerang Anda.

 

5 dari 6 halaman

4. Minuman Alkohol

Meskipun tidak sebanyak karsinogen pada rokok, alkohol menjadi penyebab kanker di Australia sekitar 2,8 persen.

Oleh sebabnya, minum alkohol secara berlebihan dapat menyebabkan risiko berbahaya pada tubuh Anda, terutama kanker. Hal ini akan menyerang siapa saja baik wanita atau pria.

 

6 dari 6 halaman

5. Pemanis Buatan

Ada begitu banyak makanan hingga jajanan di supermarket yang mengandung pemanis buatan. Ditambah lagi dengan tampilan warna yang menarik selera membuat siapa saja akan memakannya.

Sejumlah penyakit bisa menyerang tubuh Anda apabila terlalu sering mengonsumsi pemanis buatan. Oleh sebabnya, hindari mengonsumsi zat ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini