Sukses

Sekjen PBB Desak Pertempuran di Libya Dihentikan

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengutuk keras peningkatan militer di dekat Tripoli dan menyerukan penghentian segera pertempuran di Libya.

Liputan6.com, New York - Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres pada hari Senin mengutuk keras peningkatan militer di dekat Tripoli dan menyerukan penghentian segera pertempuran di Libya.

Seruan tersebut menyusul serangan udara oleh pasukan Jenderal Khalifa Haftar di bandara Mitiga di timur ibukota.

Guterres "mendesak penghentian segera semua operasi militer untuk mengurangi situasi dan mencegah konflik habis-habisan," kata sebuah pernyataan PBB, dikutip dari Eyewitness News, Selasa (9/4/2019).

Dia "sangat mengutuk eskalasi militer dan pertempuran yang sedang berlangsung di dalam dan sekitar Tripoli, termasuk serangan udara hari ini oleh pesawat Angkatan Darat Nasional Libya (LNA) terhadap bandara Mitiga."

Serangan udara menutup satu-satunya bandara Tripoli yang berfungsi saat pertempuran berkobar di sekitar ibukota dan ribuan orang melarikan diri.

LNA yang dipimpin Haftar mengklaim serangan udara Senin terhadap bandara, dengan seorang juru bicara mengatakan serangan itu menargetkan pesawat militer MiG-23 dan sebuah helikopter.

Haftar melancarkan serangan ke Tripoli minggu lalu tepat ketika Guterres berada di Libya untuk mendorong kesepakatan politik dalam menyelenggarakan pemilihan umum.

Pemerintah persatuan yang didukung PBB mengendalikan ibukota, tetapi otoritasnya tidak diakui oleh pemerintahan paralel di timur negara itu.

Ketika pertempuran meningkat selama akhir pekan, PBB menyerukan jeda kemanusiaan untuk memungkinkan warga sipil yang terjebak dalam kekerasan untuk melarikan diri, tetapi permohonan itu tidak didengar.

Libya telah diguncang oleh perebutan kekuasaan dengan kekerasan antara sejumlah kelompok bersenjata sejak penggulingan diktator Muammar Gaddafi pada tahun 2011.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

AS Imbau Jenderal Haftar Setop Serangan

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengeluarkan pernyataan menyerukan Haftar untuk menghentikan serangan.

"Kami telah menjelaskan bahwa kami menentang serangan militer oleh pasukan Khalifa Haftar dan mendesak penghentian segera operasi militer ini terhadap ibukota Libya," katanya dalam sebuah pernyataan, Minggu 7 April 2019, seperti dikutip dari CNN.

Mengatakan bahwa "tidak ada solusi militer untuk konflik Libya," Pompeo meminta para pemimpin Libya dan mitra internasional lainnya untuk kembali ke negosiasi yang dimediasi PBB.

Misi PBB untuk Libya (UNSMIL) menyerukan "gencatan senjata kemanusiaan" dari jam 4 malam sampai 6 sore waktu setempat di selatan kota, mendesak pasukan saingan untuk menghentikan pertempuran sehingga ambulans dapat dengan aman mengevakuasi warga sipil yang terluka dalam bentrokan.

3 dari 3 halaman

Siapa Lawan Siapa?

Libya telah dilanda kerusuhan sejak penggulingan Kolonel Gaddafi. Lusinan milisi beroperasi di negara ini.

Baru-baru ini mereka telah bersekutu dengan GNA yang didukung PBB, yang berbasis di Tripoli, atau LNA pimpinan Jenderal Haftar, seorang anti-Islamis yang memiliki dukungan dari Mesir dan Uni Emirat Arab, serta kuat di Libya timur.

Jenderal Haftar membantu Kolonel Gaddafi merebut kekuasaan pada tahun 1969 sebelum jatuh bersamanya dan pergi ke pengasingan di Amerika Serikat. Dia kembali pada tahun 2011 setelah pemberontakan melawan Gaddafi dimulai dan menjadi komandan pemberontak.

Pemerintah persatuan dibentuk pada perundingan pada tahun 2015, tetapi Jenderal Haftar telah berjuang untuk menegaskan kontrol nasional.

Di sisi lain, Perdana Menteri Fayez al-Serraj menyampaikan pidato di TV pada hari Sabtu, mengatakan ia akan mempertahankan ibukota.

Serraj mengatakan dia telah menawarkan konsesi kepada Jenderal Haftar untuk menghindari pertumpahan darah, namun kemudian "ditusuk dari belakang".

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini