Lawan Polusi dan Macet, London Larang Mobil Tua Beremisi Tinggi

Oleh Rizki Akbar Hasan pada 08 Apr 2019, 16:37 WIB
Diperbarui 08 Apr 2019, 17:16 WIB
Ilustrasi Bendera Inggris

Liputan6.com, London - Zona Emisi Ultra Rendah (ULEZ) telah mulai berlaku di pusat kota London, mendesak pengemudi kendaraan tua dan beremisi tinggi untuk tidak memasuki jalan-jalan tertentu. Pelanggar, akan dikenai denda.

Otoritas transportasi London (TfL) berharap langkah ini akan mengurangi jumlah mobil yang berpolusi di ibukota, dan memperkirakan sekitar 40.000 kendaraan akan terpengaruh setiap hari, demikian seperti dikutip dari BBC, Senin, (8/4/2019).

Walikota London Sadiq Khan mengatakan, "penting bagi kita untuk membuat kemajuan" dalam mengatasi udara beracun ibu kota.

Jemima Hartshorn, pendiri kampanye udara bersih Mums for Lungs, mengatakan: "ULEZ adalah langkah maju yang fantastis untuk melawan udara kotor London."

Kendaraan yang tidak patuh karena tetap masuk ke ULEZ harus membayar denda 12,50 pound sterling (Rp 231.283), di samping denda tentang regulasi kemacetan.

Kendaraan dapat diperiksa menggunakan pemeriksa online TfL tetapi secara umum, mereka yang dianggap pelanggar adalah:

  1. Sepeda motor yang tidak memenuhi standar Euro 3 (kendaraan pra-2007)
  2. Mobil bensin dan van yang tidak memenuhi standar Euro 4 (kendaraan sebelum 2006)
  3. Mobil diesel dan van yang tidak memenuhi standar Euro 6 (kendaraan sebelum 2015)
  4. Bus, bus atap terbuka (Coaches), dan truk harus memenuhi atau melampaui standar Euro 6, jika tidak, mereka wajib membayar 100 pound sterling sehari.

Siapa pun yang tidak membayar denda akan menghadapi tambahan sanksi senilai £ 160 meskipun pelanggaran pertama hanya dapat menghasilkan surat peringatan.

ULEZ akan diperluas untuk mencakup seluruh area antara jalan lingkar Utara dan Selatan London pada tahun 2021.

2 dari 3 halaman

Mengurangi Emisi dari Kendaraan

(kredit: TfL)
(kredit: TfL)

TfL memperkirakan skema awal akan menyebabkan pengurangan emisi beracun dari transportasi jalan sekitar 45% dalam dua tahun.

Walikota Sadiq Khan mengatakan, polusi udara London adalah "darurat kesehatan masyarakat" dan "warga London-lah yang palin menderita dari kualitas udara terburuk".

Angka-angka dari Balai Kota menunjukkan bahwa lebih dari 60% dari semua kendaraan yang mengemudi melalui zona denda pada bulan Maret sudah mematuhi batasan baru.

Hampir 27.000 kendaraan yang tidak patuh telah diambil dari jalan dalam dua bulan terakhir, mengakibatkan jumlah total mobil yang memasuki pusat kota London turun 11%, kata TfL.

 

3 dari 3 halaman

Kata Masyarakat

Ilustrasi mobil listrik. (AP)
Ilustrasi mobil listrik. (AP)

Federasi Usaha Kecil London (FSB) mengatakan banyak perusahaan kecil "sangat khawatir tentang masa depan bisnis mereka" sebagai akibat dari "beban biaya tambahan".

Beberapa pengemudi juga berbicara tentang kemarahan mereka bahwa pemerintah sebelumnya merekomendasikan membeli mobil diesel yang sekarang menjadi sasaran khusus oleh regulasi baru itu.

Go Ultra Low, kampanye kendaraan listrik yang didukung oleh pemerintah, mengatakan: "Tidak pernah ada waktu yang lebih baik bagi pengemudi untuk mempertimbangkan beralih ke listrik.

"Pengecualian biaya ULEZ dan kemacetan untuk mobil listrik berarti beralih tidak hanya menghemat uang, tetapi juga membantu membuat perbedaan pada kualitas udara lokal."

Lanjutkan Membaca ↓